TRY OUT MANDIRI KE SATU
MADRASAH ALIYAH ALHIDAYAH KENDAL
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
KODE :17
Mata pelajaran : Hadist Hari, tanggal : Senin,
2 Desember 2012
Kelas : Keagamaan Waktu : 120 menit
Pilihlah jawaban yang paling benar
pada pilihan A, B, C, D atau E !
1.
Hadis
mutawaquf fiih adalah …
A. dua hadis maqbul yang berlawanan dan
tidak bisa dijama’ ditarjih dan di nasakhkan
B. dua hadis maqbul yang berlawanan yang
bisa dijama’
C. hadis yang berlawanan dengan Al-Qur’an
D. hadis yang diriwayatkan oleh Imam
Bukhari dan Imam Muslim
E.
hadis
yang tidak diketahui maknanya
2.
Yang
tidak termasuk penyebab munculnya
hadits maudlu, adalah ....
A.
Untuk menyesatkan manusia dari jalan yang lurus
B.
Karena hendak mengacaukan agama
C.
Karena digunakan untuk mencari penghidupan
D.
Untuk menegakkan ajaran agama
E.
Karena si rowi malu pada kebenaran
3.
Periwayatan denganmemakailafadhنَاوَلَنِى
الشيخ هذا الكتاب
Adalahperiwayatan
yang di dapatdengan …
A. as sama’
B. al qira’ah ‘alasysyaikh
C. al wijadah
D. al munawalah
E.
al
washiyah
4.
Yang dimaksud menerima hadits dengan cara As-Sama’
ialah ...
A.
metode menulis di hadapan guru
B.
metode membaca di hadapan guru
C.
mendengar bacaan hadits dari guru
D.
metode pemberian dari guru
E.
mendengar bacaan hadits dari murid
5.
Yang dimaksud Nazil dalam ilmu hadits adalah ….
A.
Rawinya sama
B.
Rawi yang dalam sanadnya banyak berbanding dengan sanad lain
C.
Rawi yang dalam sanadnya lebih banyak
D.
Rawi yang dalam sanadnya sedikit berbanding dengan sanad lain
E.
Rawi yang ada belum mencapai derajat dhabit
6.
Pengertian Ilmu Hadits Dirayah adalah :
A.
Ilmu yang mempelajari Hadits
Riwayah dan Mustalah
B. Ilmu yang
mempelajari hadis Riwayah dan sanad
C. Ilmu yang
mempelajari apa yang bersumber dari sanad
D. Ilmu yang
mempelajari sanad, matan dan cara menerima dan menyampaikan hadis, sifat-sifat
Perawi dan lainnya.
E.
Ilmu yang mempelajari apa yang bersumber dari Nabi
saw. baik perkataan, perbuatan, taqrir maupun sifatnya.
7.
Penyusun pertama Ilmu Hadis Riwayah ialah ...
A.
Imam Bukhori
B.
Imam Muslim
C.
Muhammad Hasan bin Abdirrahman Arramahumzi
D.
Imam Muhammad bin Syihab Azzuhri
E.
Imam Malik bin Anas
8.
Ilmu
yang menerangkan makna kalimat yang terdapat dalam matan hadits yang sukar
diketahui maknanya dan jarang terpakai oleh umum adalah …
A. Ilmu Rijaal Al-Hadis
B. Ilmu Fannil Mubhamat
C. Ilmu ‘Ilali Al-Hadis
D. Ilmu Gharib al-Hadis
E. Ilmu Musthalah al-Hadis
9.
Bentuk
tahamul jumlahnya ada delapan, yang paling lemah adalah …
A. at-Tahammulu bi al-qiraah ala syekh
B. at-Tahammulu bi al wasiat
C. at-Tahammulu bi al-wijadah
D. at-Tahammulu bi al munawalah
E.
at-Tahammulu
bi al-mukatabah
10. Di antara kelebihan ShahihMuslim dibanding ShahihBukhari adalah ...
A. Shahih Muslim bersambung sanadnya
B. Shahih Muslim terdapat semua jenis hadits
C. Shahih Muslim terbukukan
D. Shahih Muslim terdapat istimbath fiqh
E.
Shahih Muslim lebih sistimatis
11. Hadits Hasan ada dua macam, yaitu ...
A.
Hasan li nafsihi dan Hasan li
ghairihi
B. Hasan li ghairihi
dan Hasan bi nafsihi
C. Hasan li dzatihi dan
Hasan li ghairihi
D. Hasan bi nafsihi dan
Hasan bi ghairi nafsihi
E.
Hasan Shohih dan Shohih Hasan
12. Seorang syaikh
memberi ijin kepada muridnya untuk meriwayatkan hadis darinya, atau
meriwayatkan kitabnya tanpa mendengar riwayat itu darinya, Ini adalah bentuk
tahamul …
A. Al wijadah
B. Al ijazah
C. Al munawalah
D. Al qiraah 'ala syaikh
E.
As
sima'
A.
Abdullah bin Amru bin Ash
B.
Abdullah bin Umar
13. Ilmu el jarh wa el
ta’diel adalah ilmu yang membahas
tentang keadaan perawi dari sisi …
A. adilnya
B. jarhnya
C. diterima
riwayatnya
D. diterima dan ditolak riwayatnya
E.
ditolak
riwayatnya
14. Devinisi Hadits
Ahad ialah …
A.
hadits yang diriwayatkan oleh sejumlah orang yang tidak
sepakat bohong
B.
hadits yang diriwayatkan oleh sejumlah orang yang
jumlahnya tidak memungkinkan terjadinya kebohongan.
C. hadits yang diriwayatkan oleh tiga rowi
atau lebih dan tidak sampai pada batas mutawatir
D.
hadits yang diriwayatkanolehsejumlahrowi yang kurangdari
3 orang
E.
hadits
yang diriwayatkantidakmemenuhisyarat-syaratmutawatir
15. Al Muwatha’ merupakan kitab yang paling tua yang sampai ke tangan kita. Kitab
ini ditulis oleh….
A.
Imam Ahmad
B.
Imam Abu Dawud
C.
Imam Malik bin Anas
D.
Imam Bukhari
E.
Imam Ibnu Majah
16. Yang
membedakan antara Al-Qur’an dan hadits Qudsi adalah:…
A.
Al-Qur’an diriwayatkan dg makna sedang Hadis Qudsi tidak
B.
Lafadz
al-Qur’an bukan mu’jizat,sedang Hadits Qudsi mu’jizat
C.
Al-Qur’an
makna dan lafadnya dari Allah SWT,
sedang Hadits Qudsi lafadnya dari Rasulullah.
D.
Al-Qur’an
tdk selalu mutawatir,sedang Hadits Qudsi Mutawatir
E.
Al-Qur’an dibaca di awal sholat, sedang Hadits Qudsi
di akhir
17. Nama lengkap Imam An Nasai adalah ...
A.
Abu Daud Sulaiman ibn al
Asy’as ibn Basyir ibn Syidad ibn Amran al Azdi As Sijistani
B.
Abu Abdirrahman Muhammad
bin Syu’aib
C.
Ahmad ibn Syu’aib ibn Ali
ibn Bahr ibn Sinan
D.
Abu Sulaiman Daud ibn al
Asy’as ibn Basyir ibn Syidad ibn Amran al Azdi As Sijistani
E.
Abu Daud Abdirrahman
Muhammad bin Syu’aib
18. Diantara
syarat-syarat meriwayatkan hadits bil ma’na, ialah ...
A.
rawi harus bisa mentakwil hadits
B.
rawi harus mengerti tentang lafadz dan maksudnya
C.
rawi harus jujur
D.
rawi harus hafal sanadnya
E.
rawi harus faham maksud gurunya
19. Hadis Gharib mutlak adalah …
A. apabila gharabahnya (kesendirianya )
terdapat pada akhir sanad
B. apabila gharabahnya (kesendirianya )
terdapat pada pertengahan sanad
C. apabila gharabahnya (kesendirianya )
terdapat pada awal dan akhir sanad
D. apabila gharabahnya (kesendirianya )
terdapat pada awal dan pertengahan sanad
E.
apabila
gharabahnya (kesendirianya ) terdapat pada awal sanad
20. Karya
Imam Muslim yang paling populer adalah ...
A. Kitab al
Musnad al Shahih
B. Kitab al
Jami’ al Shahih
C. Kitab al
Sunan al Shahih
D. Kitab al
Hadits al Shahih
E.
Kitab al Sunnah al Shahihah
21. Abdullah bin Umar adalah salah seorang Al Aabadillah
Al Arba’ah sebagai sahabat yang terkenal pemberi fatwa, yang tidak termasuk
Al Aabadillah Al Arba’ah adalah ...
C.
Abdullah bin Abbas
D.
Abdullah bin Az Zubair
E.
Abdullah bin al-Hakam
22. Di bawah ini yang merupakan criteria
hadis maqbul, adalah …
A. memiliki sanad yang terputus
B. perawi hadis pernah berdusta
C. matan hadis bertentangan dengan ijma’
D. rawi hadis dipertanyakan ketsiqahannya
E.
hadis
yang telah sempurna syarat-syarat penerimaannya
23. Nama lain hadis masyhur adalah hadis …
24. Nama lengkap Imam Abu Daud adalah ...
A.
Ahmad ibn Syu’aib ibn Ali
ibn Bahr ibn Sinan
B.
Abu Abdirrahman Muhammad bin
Syu’aib
C.
Abu Sulaiman Daud ibn al
Asy’as ibn Basyir ibn Syidad ibn Amran al Azdi As Sijistani
D.
Abu Daud Sulaiman ibn al
Asy’as ibn Basyir ibn Syidad ibn Amran al Azdi As Sijistani
E.
Abu Daud Abdirrahman
Muhammad bin Syu’aib
25. Kitab yang
berisi hadis-hadis yang urutannya disusun sesuai dengan urutan rawi yang paling
atas (thabaqat shahabat) disebut kitab …
A.
Al-Musnad
B.
Al-Jami’
C.
Al-Musannaf
D.
Al-Mustadrak
E.
Al-Mustakhraj
26. Salah satu
kutubus sittah yang sering disebut oleh para ulama’ hadis sebagai al-Mujtaba
min as-Sunan adalah kitab …
A. Shahih Bukhari
B. Shahih Muslim
C. Sunan Abu Dawud
D. Sunan Ibnu
Majah
E.
Sunan Nasa’i
27. Obyek pembahasan ilmu hadits diroyah adalah …
A. sanad, matan dan rawi hadis
B. sanad dan matan hadis
C. matan dan rijalul hadits
D. sanad dan rijalul hadits
E.
rijalul hadits dan rawi
28.
Kitab-kitab hadis yang disusun berdasarkan musnad-musnad sahabat,
guru-gurunya, negara atau lainnya, dan umumnya susunan nama-nama sahabat itu
berdasarkan urutan huruf hijaiyah. Kitab ini dinamakan kitab …
A. Al-Mu’jam
B. Al-Masanid
C. As-Sunan
D. Al-Mustakhraj
E.
Al-Mustadrakat
29. Gharib nisbi adalah …
A. apabila gharabahnya (kesendirianya ) terdapat pada salah
satu tingkatan sanad
selain tingkatan sanad yang pertama
B. apabila gharabahnya (kesendirianya ) terdapat pada awal
sanad
C. apabila gharabahnya (kesendirianya ) terdapat pada akhir
sanad
D. apabila gharabahnya (kesendirianya ) terdapat pada awal
dan akhir sanad
E.
apabila gharabahnya (kesendirianya ) terdapat pada pertengahan sanad
30. adis marfu’
menurut bahasa artinya adalah …
A.
yang terhenti
B.
yang putus
C.
yang disucikan
D.
yang dinisbatkan kepada sahabat
E.
yang diangkat
31. و من مات و ليس فيه عنقه بيعة مات
ميتة جاهلية
Hadis ini mengandung
kajian tentang kewajiban …
A. berbakti kepada orang tua
B. membentuk negara Islam
C. patuh kepada pemimpin
D. pemimpin yang adil
E.
bertanggung
jawab
32. قبل أن تَدعُوا فَلاَ
يُسْتَجَابَ arti potongan
hadis ini adalah …
A. sebelum kamu berdo’a dan tidak
dikabulkan
B. sebelum kamu berdo’a atas perbuatan
orang mungkar
C. sebelum kamu berdo’a untuk orang-orang
yang mungkar
D. sebelum kamu berdo’a atas perbuatan
mungkar kamu
E.
sebelum
kamu dido’akan orang ketika kamu sudah mati
33. فإن لم ... فبقلبه
A. يستطع
B. أستطع
C. نستطع
D. تستطع
E.
يستطيع
34. ومن عصاني فقد عصى الله Arti potongan hadis ini adalah ...
A.
barang siapa yang maksiat padaku (Muhammad) maka ia telah
bermaksiat pada Allah
B.
barang siapa yang maksiat padaKu maka ia telah bermaksiat pada
Allah.
C.
barang siapa yang maksiat pada pemimpin maka ia telah durhaka
padaku
D.
barang siapa yang maksiat pada pemimpin maka ia telah durhaka
padaKu
E.
barang siapa yang maksiat pada pemimpin maka ia telah durhaka
pada pemimpin
35.
فهو أجدر أن لا تزدروا نعمة الله kata yang bergaris bawah bermakna ...
A. memperhatikan
B. rela
C. mengabaikan
D. rakus
E.
bersyukur
36. Sarana untuk taat kepada Allah dapat
dilihat dari tiga aspek tali ketaatan, yaitu …
A. hablum minallah, hablum minannas, hablum
minalmakhluq
B. hablum minallah, hablum minannas, hablum
minalkhaliq
C. hablum minallah, hablum minannas, hablum
mimman
D. hablum minallah, hablum minannas, hablum
minalalamin
E.
hablum
minallah, hablum minannas, hablum minal ardi
37. و أَبْغَضَ الناسِ الى اللهِ و أَبْعَدَهُم
مِنهُ مَجْلِسًا إِمَامٌ جَائِرٌ
Kata yang bergaris
bawah artinya adalah …
A. bertanggung jawab
B. adil
C. berani karena benar
D. jujur
E.
dzalim
38. إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ ... Lanjutan potongan hadis
ini adalah ...
A. صبر
B. بكا
C. شكر
D. سر
E.
غضب
39. وَ إِنَّ اللهَ اِذَا أَحَبَّ
قَوْمًا ابْتَلاَهُمْ maksud potongan hadis ini adalah …
A. Allah selalu menguji siapa saja yang
dicintainya
B. kecintaan Allah ada kaum sesuai besarnya
pahala
C. Allah selalu memberi pahala kepada orang
yang dicintainya
D. Allah selalu mencintai orang yang
tertimpa bencana
E.
kecintaan
Allah tergantung dengan ujian yang diberikannya
40. Potongan hadis
di bawah ini yang mengandung makna bahwa setiap orang bertanggung jawab atas
kepemimpinannya adalah …
A.
فَالْإِمَامُرَاعٍوَمَسْئُولٌعَنْرَعِيَّتِهِ
B.
وَالْخَادِمُفِيمَالِسَيِّدِهِرَاعٍوَهُوَمَسْئُولٌعَنْرَعِيَّتِه
C.
وَالْمَرْأَةُفِيبَيْتِزَوْجِهَارَاعِيَةٌوَهِيَمَسْئُولَةٌعَنْرَعِيَّتِهَا
D.
وَالرَّجُلُفِيأَهْلِهِرَاعٍوَهُوَمَسْئُولٌعَنْرَعِيَّتِه
E.
كُلُّكُمْرَاعٍوَمَسْئُولٌعَنْرَعِيَّتِه
41. أَتَدْرِى
ما قَطَعْتَ له إِنّما قَطَعْتَ له المَاءَ العِدَّ
Arti kata yang bergaris
bawah adalah …
A. kamu tidak tahu
B. saya tidak tahu
C. apakah kamu tahu
D. saya tidak mengetahui kamu
E.
kamu
tidak mengetahui
42. إذَا رَاَوْا المنكر لا لا
يُغَيِّرُونَهُ اوشَكَ ان يَعُمّهُمْ اللهُ بِعِقَابِهِ
Ini adalah dalil yang
membuktikan bahwa .
A. Allah mengadzab orang mungkar di dunia
dan akherat
B. Allah mengadzab orang yang melakukan
kemungkaran
C. Allah mengadzab orang yang berda’wah
tanpa ilmu
D. Allah mengadzab orang yang meninggalkan
kemungkaran
E.
Allah
mengadzab orang yang tidak mau da’wah secara umum
43. Dibawah ini
potongan hadis yang mendasari bahwa membicarakan nikmat Allah itu bentuk syukur
dan meninggalkannya itu kufur adalah …
A.
انظروا الى من اسفل منكم
B.
و لا تنظروا الى من هو فوقكم
C.
التحدث بنعمة الله شكر و تركها كفر
D.
فهو اجدر ان لا تزدروا نعمة الله
E.
و من لم يشكر الناس لم يشكر الله
44.
عن رجل من
الصحابة قال : غزوت مع النبي صلى الله عليه وسلم فسمعته يقول : الناس شركاء في
ثلاثة : الكلأ والماء والنار( رواه أحمد وأبو داود )
Kata yang bergarisbawah bermakna ...
A. hutan
B. lahan
C. api
D. air laut
E.
gas alam
45.
انظروا الى من هو اسفل منكم Kandunganpotonganhadis
iniadalah ...
A. lihat
orang yang lebih tinggi darimu dalam urusan dunia
B. lihat
orang yang lebih rendah darimu dalam urusan dunia
C. lihat
orang yang lebih rendah darimu dalam urusan akhirat
D. lihat
kebahagian orang lain dalam urusan dunia
E.
lihat kesengsaraan orang lain dalam urusan
akhirat
46.
Di bawah ini potongan hadis yang mengandung arti memanfaatkan
kesempatan waktu kaya sebelum miskin adalah …
A.
غناك قبل فقرك
B.
حياتك قبل موتك
C.
صحّتك قبل سقمك
D.
شبابك قبل هرمك
E.
فراغك قبل شغلك
47. Perhatikan hadis berikut ini !
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : السمع والطاعة على المرء المسلم
فيما أحب وكره ما لم يؤمر بمعصية فإذا أمر بمعصية فلا سمع ولا طاعة( رواه البخاري )
Sikap
yang sesuai dengan matan hadis ini adalah …
A. Mengembangkan dan memerangi pemerintah.
B. Tidak ikut memberikan sumbangsih
pemikiran pada pemerintah.
C. Taat pada pemerintah dalam kebijakan
yang sesuai dengan hukum Allah.
D. Taat pada pemerintah dalam kebijakan
apapun.
E.
Taat
pada pemerintah dalam kebijakan yang sesuai dengan hukum Barat.
48. Porsi
perut seseorang untuk makanan adalah ...
A. sepertiga
B. dua
pertiga
C. seperdua
D. semakin
sedikit semakin baik
E.
semakin banyak semakin baik
49. Pengertian amar
ma’ruf adalah …
A.
memerintahkan kebaikan
B.
melarang untuk berbuat kejelekan
C.
memerintahkan agar beribadah kepada Allah
D.
melarang berbuat kemungkaran
E.
memerintahkan agar bertanggung jawab
50. إِنّ المُقْسِطِيْنَ عِند اللهِ على
مَنَابِرَ مِن نُورِ الذِيْنَ يَعْدِلُونَ فى حُكْمِهِمْ و اَهْلِيْهِم و مَا
وَلُوْا (رواه مسلم)
Menurut hadis di atas,
pemimpin yang baik adalah yang …
A. adil dalam hukum, keluarga, dan dalam
melaksanakan tugas
B. bertanggung jawab dan dipercaya untuk
mengemban tugas
C. mampu menempatkan antar urusan pribadi
dan golongan
D. bijaksana dalam member keputusan
pengadilan
E.
amanah
karena telah berperilaku adil dan dipercaya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar