Sabtu, 08 Maret 2014

Soal UN Hadits Keagamaan Kode : 20


TRY OUT MANDIRI KE SATU
MADRASAH ALIYAH ALHIDAYAH KENDAL
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
KODE : 20
Mata pelajaran          : Hadis                                                Hari, tanggal  : Senin, 2 Desember 2012
Kelas                          : Keagamaan                                      Waktu             : 120 menit

Pilihlah jawaban yang paling benar pada pilihan A, B, C, D atau E !
1.         
عن رجل من الصحابة قال : غزوت مع النبي صلى الله عليه وسلم فسمعته يقول : الناس شركاء في ثلاثة : الكلأ والماء والنار( رواه أحمد وأبو داود )

Kata yang bergarisbawah bermakna ...
A.       hutan
B.       lahan
C.       air laut
D.       gas alam
E.        api
2.        انظروا الى من هو اسفل منكم   Kandunganpotonganhadis iniadalah ...
A.       lihat orang yang lebih tinggi darimu dalam urusan dunia
B.       lihat orang yang lebih rendah darimu dalam urusan akhirat
C.       lihat kebahagian orang lain dalam urusan dunia
D.       lihat orang yang lebih rendah darimu dalam urusan dunia
E.        lihat kesengsaraan orang lain dalam urusan akhirat
3.        Di bawah ini potongan hadis yang mengandung arti memanfaatkan kesempatan waktu kaya sebelum miskin adalah …
A.       غناك قبل فقرك  
B.        حياتك قبل موتك
C.       صحّتك قبل سقمك
D.       شبابك قبل هرمك
E.        فراغك قبل شغلك
4.        Perhatikan hadis berikut ini !
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : السمع والطاعة على المرء المسلم فيما أحب وكره ما لم يؤمر بمعصية فإذا أمر بمعصية فلا سمع ولا طاعة( رواه البخاري )
Sikap yang sesuai dengan matan hadis ini adalah …
A.       Mengembangkan dan memerangi pemerintah.
B.       Tidak ikut memberikan sumbangsih pemikiran pada pemerintah.
C.       Taat pada pemerintah dalam kebijakan apapun.
D.       Taat pada pemerintah dalam kebijakan yang sesuai dengan hukum Barat.
E.        Taat pada pemerintah dalam kebijakan yang sesuai dengan hukum Allah.

5.        Porsi perut seseorang untuk makanan adalah ...
A.       dua pertiga
B.       seperdua
C.       sepertiga
D.       semakin sedikit semakin baik
E.        semakin banyak semakin baik
6.        و من مات و ليس فيه عنقه بيعة مات ميتة جاهلية       
Hadis ini mengandung kajian tentang kewajiban …
A.       berbakti kepada orang tua
B.       membentuk negara Islam
C.       pemimpin yang adil
D.       bertanggung jawab
E.        patuh kepada pemimpin
7.        قبل أن تَدعُوا فَلاَ يُسْتَجَابَ             arti potongan hadis ini adalah …
A.       sebelum kamu berdo’a atas perbuatan orang mungkar
B.       sebelum kamu berdo’a untuk orang-orang yang mungkar
C.       sebelum kamu berdo’a dan tidak dikabulkan
D.       sebelum kamu berdo’a atas perbuatan mungkar kamu
E.        sebelum kamu dido’akan orang ketika kamu sudah mati
8.        Hadis mutawaquf fiih adalah …
A.       dua hadis maqbul yang berlawanan yang bisa dijama’
B.       hadis yang berlawanan dengan Al-Qur’an
C.       dua hadis maqbul yang berlawanan dan tidak bisa dijama’ ditarjih dan di nasakhkan
D.       hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim
E.        hadis yang tidak diketahui maknanya
9.        Nama lengkap Imam Abu Daud adalah ...
A.       Abu Daud Sulaiman ibn al Asy’as ibn Basyir ibn Syidad ibn Amran al Azdi As Sijistani
B.       Ahmad ibn Syu’aib ibn Ali ibn Bahr ibn Sinan
C.       Abu Abdirrahman Muhammad bin Syu’aib
D.       Abu Sulaiman Daud ibn al Asy’as ibn Basyir ibn Syidad ibn Amran al Azdi As Sijistani
E.        Abu Daud Abdirrahman Muhammad bin Syu’aib
10.    Sarana untuk taat kepada Allah dapat dilihat dari tiga aspek tali ketaatan, yaitu …
A.       hablum minallah, hablum minannas, hablum minalalamin
B.       hablum minallah, hablum minannas, hablum minalmakhluq
C.       hablum minallah, hablum minannas, hablum minalkhaliq
D.       hablum minallah, hablum minannas, hablum mimman
E.        hablum minallah, hablum minannas, hablum minal ardi
11.      و أَبْغَضَ الناسِ الى اللهِ و أَبْعَدَهُم مِنهُ مَجْلِسًا إِمَامٌ جَائِرٌ
Kata yang bergaris bawah artinya adalah …
A.       bertanggung jawab
B.       adil
C.       berani karena benar
D.       jujur
E.        dzalim
12.    إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ ...     Lanjutan potongan hadis ini adalah ...
A.       صبر
B.       بكا
C.       سر
D.       غضب
E.        شكر
13.    Obyek pembahasan ilmu hadits diroyah adalah …
A.       sanad dan matan hadis
B.       matan dan rijalul hadits
C.       sanad, matan dan rawi hadis
D.       sanad dan rijalul hadits
E.        rijalul hadits dan rawi
14.    Kitab-kitab hadis yang disusun berdasarkan musnad-musnad sahabat, guru-gurunya, negara atau lainnya, dan umumnya susunan nama-nama sahabat itu berdasarkan urutan huruf hijaiyah. Kitab ini dinamakan kitab …
A.       Al-Mu’jam
B.       Al-Masanid
C.       As-Sunan
D.       Al-Mustakhraj
E.        Al-Mustadrakat
15.    Gharib nisbi adalah …
A.       apabila gharabahnya (kesendirianya ) terdapat pada salah satu tingkatan sanad selain tingkatan sanad yang pertama
B.       apabila gharabahnya (kesendirianya ) terdapat pada awal sanad
C.       apabila gharabahnya (kesendirianya ) terdapat pada akhir sanad
D.       apabila gharabahnya (kesendirianya ) terdapat pada awal dan akhir sanad
E.        apabila gharabahnya (kesendirianya ) terdapat pada pertengahan sanad
16.    Pengertian Ilmu Hadits Dirayah adalah :
A.       Ilmu yang mempelajari sanad, matan dan cara menerima dan menyampaikan hadis, sifat-sifat Perawi dan lainnya.
B.       Ilmu yang mempelajari Hadits Riwayah dan Mustalah
C.       Ilmu yang mempelajari hadis Riwayah dan sanad
D.       Ilmu yang mempelajari apa yang bersumber dari sanad
E.        Ilmu yang mempelajari apa yang bersumber dari Nabi saw. baik perkataan, perbuatan, taqrir maupun sifatnya.
17.    Penyusun pertama Ilmu Hadis Riwayah ialah ...
A.       Imam Muhammad bin Syihab Azzuhri
B.       Imam Bukhori
C.       Imam Muslim
D.       Muhammad Hasan bin Abdirrahman Arramahumzi
E.        Imam Malik bin Anas
18.    Ilmu yang menerangkan makna kalimat yang terdapat dalam matan hadits yang sukar diketahui maknanya dan jarang terpakai oleh umum adalah …
A.    Ilmu Gharib al-Hadis
B.     Ilmu Rijaal Al-Hadis
C.     Ilmu Fannil Mubhamat
D.    Ilmu ‘Ilali  Al-Hadis
E.     Ilmu Musthalah al-Hadis
19.    Yang tidak termasuk penyebab munculnya hadits maudlu, adalah ....
A.       Untuk menegakkan ajaran agama
B.       Untuk menyesatkan manusia dari jalan yang lurus
C.       Karena hendak mengacaukan agama
D.       Karena digunakan untuk mencari penghidupan
E.        Karena si rowi malu pada kebenaran
20.    Bentuk tahamul jumlahnya ada delapan, yang paling lemah adalah …
A.       at-Tahammulu bi al-qiraah ala syekh
B.       at-Tahammulu bi al wasiat
C.       at-Tahammulu bi al munawalah
D.       at-Tahammulu bi al-mukatabah
E.        at-Tahammulu bi al-wijadah
21.    Seorang syaikh memberi ijin kepada muridnya untuk meriwayatkan hadis darinya, atau meriwayatkan kitabnya tanpa mendengar riwayat itu darinya, Ini adalah bentuk tahamul …
A.       Al wijadah
B.       Al munawalah
C.       Al qiraah 'ala syaikh
D.       Al ijazah
E.        As sima'
22.    Periwayatan denganmemakailafadhنَاوَلَنِى الشيخ هذا الكتاب   
Adalahperiwayatan yang di dapatdengan …
A.       al munawalah
B.       as sama’
C.       al qira’ah ‘alasysyaikh
D.       al wijadah
E.        al washiyah
23.    Yang dimaksud menerima hadits dengan cara As-Sama’ ialah ...
A.       metode menulis di hadapan guru
B.       metode membaca di hadapan guru
C.       metode pemberian dari guru
D.       mendengar bacaan hadits dari murid
E.        mendengar bacaan hadits dari guru
24.    Yang dimaksud Nazil dalam ilmu hadits adalah ….
A.       Rawinya sama
B.       Rawi yang dalam sanadnya lebih banyak
C.       Rawi yang dalam sanadnya sedikit berbanding dengan sanad lain
D.       Rawi yang dalam sanadnya banyak berbanding dengan sanad lain
E.        Rawi yang ada belum mencapai derajat dhabit
25.    Di bawah ini yang merupakan criteria hadis maqbul, adalah …
A.       memiliki sanad yang terputus
B.       hadis yang telah sempurna syarat-syarat penerimaannya
C.       perawi hadis pernah berdusta
D.       matan hadis bertentangan dengan ijma’
E.        rawi hadis dipertanyakan ketsiqahannya
26.    Di antara kelebihan ShahihMuslim dibanding ShahihBukhari adalah ...
A.       Shahih Muslim bersambung sanadnya
B.       Shahih Muslim lebih sistimatis
C.       Shahih Muslim terdapat semua jenis hadits
D.       Shahih Muslim terbukukan
E.        Shahih Muslim terdapat istimbath fiqh
27.    Hadits Hasan ada dua macam, yaitu ...
A.       Hasan li nafsihi dan Hasan li ghairihi
B.       Hasan li ghairihi dan Hasan bi nafsihi
C.       Hasan bi nafsihi dan Hasan bi ghairi  nafsihi
D.       Hasan Shohih dan Shohih Hasan
E.        Hasan li dzatihi dan Hasan li ghairihi
28.    Dibawah ini potongan hadis yang mendasari bahwa membicarakan nikmat Allah itu bentuk syukur dan meninggalkannya itu kufur adalah …
A.       انظروا الى من اسفل منكم
B.       و لا تنظروا الى من هو فوقكم
C.       فهو اجدر ان لا تزدروا نعمة الله
D.       و من لم يشكر الناس لم يشكر الله
E.        التحدث بنعمة الله شكر و تركها كفر
29.    Nama lain hadis masyhur adalah hadis …
A.       Gharib nisbi
B.       Mutawatir
C.       Aziz
D.       Gharib muthlaq
E.        Mustafidz
30.    Kitab yang berisi hadis-hadis yang urutannya disusun sesuai dengan urutan rawi yang paling atas (thabaqat shahabat) disebut kitab …
A.       Al-Jami’
B.       Al-Musannaf
C.       Al-Musnad
D.       Al-Mustadrak
E.        Al-Mustakhraj
31.    Salah satu kutubus sittah yang sering disebut oleh para ulama’ hadis sebagai al-Mujtaba min as-Sunan adalah kitab …
A.       Sunan Ibnu Majah
B.       Shahih Bukhari
C.       Shahih Muslim
D.       Sunan Abu Dawud
E.        Sunan Nasa’i
32.    adis marfu’ menurut bahasa artinya adalah …
A.       yang terhenti
B.       yang diangkat
C.       yang putus
D.       yang disucikan
E.        yang dinisbatkan kepada sahabat
33.    وَ إِنَّ اللهَ اِذَا أَحَبَّ قَوْمًا ابْتَلاَهُمْ      maksud potongan hadis ini adalah …
A.       kecintaan Allah ada kaum sesuai besarnya pahala
B.       Allah selalu memberi pahala kepada orang yang dicintainya
C.       Allah selalu menguji siapa saja yang dicintainya
D.       Allah selalu mencintai orang yang tertimpa bencana
E.        kecintaan Allah tergantung dengan ujian yang diberikannya
34.    Potongan hadis di bawah ini yang mengandung makna bahwa setiap orang bertanggung jawab atas kepemimpinannya adalah …
A.       فَالْإِمَامُرَاعٍوَمَسْئُولٌعَنْرَعِيَّتِهِ
B.       كُلُّكُمْرَاعٍوَمَسْئُولٌعَنْرَعِيَّتِه
C.       وَالْخَادِمُفِيمَالِسَيِّدِهِرَاعٍوَهُوَمَسْئُولٌعَنْرَعِيَّتِه
D.       وَالْمَرْأَةُفِيبَيْتِزَوْجِهَارَاعِيَةٌوَهِيَمَسْئُولَةٌعَنْرَعِيَّتِهَا
E.        وَالرَّجُلُفِيأَهْلِهِرَاعٍوَهُوَمَسْئُولٌعَنْرَعِيَّتِه
35.    أَتَدْرِى ما قَطَعْتَ له إِنّما قَطَعْتَ له المَاءَ العِدَّ   
Arti kata yang bergaris bawah adalah …
A.       kamu tidak tahu
B.       saya tidak tahu
C.       saya tidak mengetahui kamu
D.       kamu tidak mengetahui
E.        apakah kamu tahu
36.    إذَا رَاَوْا المنكر لا لا يُغَيِّرُونَهُ اوشَكَ ان يَعُمّهُمْ اللهُ بِعِقَابِهِ 
Ini adalah dalil yang membuktikan bahwa .
A.       Allah mengadzab orang mungkar di dunia dan akherat
B.       Allah mengadzab orang yang tidak mau da’wah secara umum
C.       Allah mengadzab orang yang melakukan kemungkaran
D.       Allah mengadzab orang yang berda’wah tanpa ilmu
E.        Allah mengadzab orang yang meninggalkan kemungkaran
37.    Pengertian amar ma’ruf adalah …
A.    melarang untuk berbuat kejelekan
B.     memerintahkan agar beribadah kepada Allah
C.     memerintahkan kebaikan
D.    melarang berbuat kemungkaran
E.     memerintahkan agar bertanggung jawab
38.    إِنّ المُقْسِطِيْنَ عِند اللهِ على مَنَابِرَ مِن نُورِ الذِيْنَ يَعْدِلُونَ فى حُكْمِهِمْ و اَهْلِيْهِم و مَا وَلُوْا (رواه مسلم)
Menurut hadis di atas, pemimpin yang baik adalah yang …
A.       bertanggung jawab dan dipercaya untuk mengemban tugas
B.       mampu menempatkan antar urusan pribadi dan golongan
C.       adil dalam hukum, keluarga, dan dalam melaksanakan tugas
D.       bijaksana dalam member keputusan pengadilan
E.        amanah karena telah berperilaku adil dan dipercaya
39.     فإن لم ... فبقلبه
A.       يستطيع
B.       أستطع
C.       يستطع
D.       تستطع
E.        نستطع
40.    ومن عصاني فقد عصى الله Arti potongan hadis ini adalah ...
A.       barang siapa yang  maksiat padaKu maka ia telah bermaksiat pada Allah.
B.       barang siapa yang  maksiat pada pemimpin maka ia telah durhaka padaku
C.       barang siapa yang  maksiat padaku (Muhammad) maka ia telah bermaksiat pada Allah
D.       barang siapa yang  maksiat pada pemimpin maka ia telah durhaka padaKu
E.        barang siapa yang  maksiat pada pemimpin maka ia telah durhaka pada pemimpin
41.    فهو أجدر أن لا تزدروا نعمة الله  kata yang bergaris bawah bermakna ...
A.       memperhatikan
B.       bersyukur
C.       rela
D.       mengabaikan
E.        rakus
42.    Nama lengkap Imam An Nasai adalah ...
A.       Abu Daud Sulaiman ibn al Asy’as ibn Basyir ibn Syidad ibn Amran al Azdi As Sijistani
B.       Ahmad ibn Syu’aib ibn Ali ibn Bahr ibn Sinan
C.       Abu Sulaiman Daud ibn al Asy’as ibn Basyir ibn Syidad ibn Amran al Azdi As Sijistani
D.       Abu Abdirrahman Muhammad bin Syu’aib
E.        Abu Daud Abdirrahman Muhammad bin Syu’aib
43.    Abdullah bin Umar adalah salah seorang Al Aabadillah Al Arba’ah sebagai sahabat yang terkenal pemberi fatwa, yang tidak termasuk Al Aabadillah Al Arba’ah adalah ...
A.       Abdullah bin Abbas
B.       Abdullah bin Az Zubair
C.       Abdullah bin Amru bin Ash
D.       Abdullah bin Umar
E.        Abdullah bin al-Hakam
44.    Diantara syarat-syarat meriwayatkan hadits bil ma’na, ialah ...
A.       rawi harus bisa mentakwil hadits
B.       rawi harus jujur
C.       rawi harus hafal sanadnya
D.       rawi harus mengerti tentang lafadz dan maksudnya
E.        rawi harus faham maksud gurunya
45.    Hadis Gharib mutlak adalah …
A.       apabila gharabahnya (kesendirianya ) terdapat pada akhir sanad
B.       apabila gharabahnya (kesendirianya ) terdapat pada awal sanad
C.       apabila gharabahnya (kesendirianya ) terdapat pada pertengahan sanad
D.       apabila gharabahnya (kesendirianya ) terdapat pada awal dan akhir sanad
E.        apabila gharabahnya (kesendirianya ) terdapat pada awal dan pertengahan sanad
46.    Karya Imam Muslim yang paling populer adalah ...
A.       Kitab al Musnad al Shahih
B.       Kitab al Sunan al Shahih
C.       Kitab al Hadits al Shahih
D.       Kitab al Jami’ al Shahih
E.        Kitab al Sunnah al Shahihah
47.    Ilmu el jarh wa el ta’diel  adalah ilmu yang membahas tentang keadaan perawi dari sisi …
A.       diterima dan ditolak riwayatnya
B.       adilnya
C.       jarhnya
D.       diterima  riwayatnya
E.        ditolak riwayatnya
48.    Devinisi Hadits Ahad ialah …
A.       hadits yang diriwayatkan oleh sejumlah orang yang tidak sepakat bohong
B.       hadits yang diriwayatkan oleh sejumlah orang yang jumlahnya tidak memungkinkan terjadinya kebohongan.
C.       hadits yang diriwayatkan oleh sejumlah rowi yang kurangdari 3 orang
D.       hadits yang diriwayatkan tidak memenuhi syarat-syarat mutawatir
E.        hadits yang diriwayatkan oleh tiga rowi atau lebih dan tidak sampai pada batas mutawatir
49.    Yang membedakan antara Al-Qur’an dan hadits Qudsi adalah:…
A.       Al-Qur’an diriwayatkan dg makna sedang Hadis Qudsi tidak
B.        Lafadz al-Qur’an bukan mu’jizat,sedang Hadits Qudsi mu’jizat
C.        Al-Qur’an tdk selalu mutawatir,sedang Hadits Qudsi Mutawatir
D.       Al-Qur’an dibaca di awal sholat, sedang Hadits Qudsi di akhir
E.        Al-Qur’an makna dan lafadnya dari Allah SWT,  sedang Hadits Qudsi lafadnya dari Rasulullah.
50.    Al Muwatha’ merupakan kitab yang paling tua yang sampai ke tangan kita. Kitab ini ditulis oleh….
A.    Imam Ahmad
B.     Imam Abu Dawud
C.     Imam Bukhari
D.    Imam Ibnu Majah
E.     Imam Malik bin Anas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar