TRY OUT MANDIRI KE SATU
MADRASAH ALIYAH ALHIDAYAH KENDAL
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
KODE : 19
Kelas : Keagamaan Waktu : 120 menit
Pilihlah jawaban yang paling benar
pada pilihan A, B, C, D atau E !
1.
Di bawah ini potongan hadis yang mengandung arti memanfaatkan
kesempatan waktu kaya sebelum miskin adalah …
A.
حياتك قبل موتك
B.
غناك قبل فقرك
C.
صحّتك قبل سقمك
D.
شبابك قبل هرمك
E.
فراغك قبل شغلك
2.
Perhatikan
hadis berikut ini !
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : السمع والطاعة على المرء المسلم
فيما أحب وكره ما لم يؤمر بمعصية فإذا أمر بمعصية فلا سمع ولا طاعة( رواه البخاري )
Sikap
yang sesuai dengan matan hadis ini adalah …
A. Taat pada pemerintah dalam kebijakan
yang sesuai dengan hukum Allah.
B. Mengembangkan dan memerangi pemerintah.
C. Tidak ikut memberikan sumbangsih
pemikiran pada pemerintah.
D. Taat pada pemerintah dalam kebijakan
apapun.
E.
Taat
pada pemerintah dalam kebijakan yang sesuai dengan hukum Barat.
3.
Potongan hadis di bawah ini yang mengandung makna bahwa setiap
orang bertanggung jawab atas kepemimpinannya adalah …
A.
فَالْإِمَامُرَاعٍوَمَسْئُولٌعَنْرَعِيَّتِهِ
B.
وَالْخَادِمُفِيمَالِسَيِّدِهِرَاعٍوَهُوَمَسْئُولٌعَنْرَعِيَّتِه
C.
كُلُّكُمْرَاعٍوَمَسْئُولٌعَنْرَعِيَّتِه
D.
وَالْمَرْأَةُفِيبَيْتِزَوْجِهَارَاعِيَةٌوَهِيَمَسْئُولَةٌعَنْرَعِيَّتِهَا
E.
وَالرَّجُلُفِيأَهْلِهِرَاعٍوَهُوَمَسْئُولٌعَنْرَعِيَّتِه
4.
Porsi perut seseorang untuk makanan adalah ...
A. dua
pertiga
B. seperdua
C. semakin
sedikit semakin baik
D. sepertiga
E.
semakin banyak semakin baik
5.
و
من مات و ليس فيه عنقه بيعة مات ميتة جاهلية
Hadis ini mengandung
kajian tentang kewajiban …
A. patuh kepada pemimpin
B. berbakti kepada orang tua
C. membentuk negara Islam
D. pemimpin yang adil
E.
bertanggung
jawab
6.
قبل
أن تَدعُوا فَلاَ يُسْتَجَابَ arti potongan hadis ini adalah …
A. sebelum kamu berdo’a atas perbuatan
orang mungkar
B. sebelum kamu berdo’a untuk orang-orang
yang mungkar
C. sebelum kamu berdo’a atas perbuatan
mungkar kamu
D. sebelum kamu berdo’a dan tidak
dikabulkan
E.
sebelum
kamu dido’akan orang ketika kamu sudah mati
7.
وَ
إِنَّ اللهَ اِذَا أَحَبَّ قَوْمًا ابْتَلاَهُمْ maksud potongan hadis
ini adalah …
A. kecintaan Allah ada kaum sesuai besarnya
pahala
B. Allah selalu memberi pahala kepada orang
yang dicintainya
C. Allah selalu mencintai orang yang
tertimpa bencana
D. Allah selalu menguji siapa saja yang
dicintainya
E.
kecintaan
Allah tergantung dengan ujian yang diberikannya
8.
Yang dimaksud Nazil dalam ilmu hadits adalah ….
A.
Rawinya sama
B.
Rawi yang dalam sanadnya lebih banyak
C.
Rawi yang dalam sanadnya sedikit berbanding dengan sanad lain
D.
Rawi yang ada belum mencapai derajat dhabit
E.
Rawi yang dalam sanadnya banyak berbanding dengan sanad lain
9.
Nama lengkap Imam An
Nasai adalah ...
A.
Abu Daud Sulaiman ibn al
Asy’as ibn Basyir ibn Syidad ibn Amran al Azdi As Sijistani
B.
Ahmad ibn Syu’aib ibn Ali
ibn Bahr ibn Sinan
C.
Abu Sulaiman Daud ibn al
Asy’as ibn Basyir ibn Syidad ibn Amran al Azdi As Sijistani
D.
Abu Daud Abdirrahman
Muhammad bin Syu’aib
E.
Abu Abdirrahman Muhammad
bin Syu’aib
10. Diantara
syarat-syarat meriwayatkan hadits bil ma’na, ialah ...
A.
rawi harus bisa mentakwil hadits
B.
rawi harus jujur
C.
rawi harus hafal sanadnya
D.
rawi harus faham maksud gurunya
E.
rawi harus mengerti tentang lafadz dan maksudnya
11.
عن رجل من
الصحابة قال : غزوت مع النبي صلى الله عليه وسلم فسمعته يقول : الناس شركاء في
ثلاثة : الكلأ والماء والنار( رواه أحمد وأبو داود )
Kata yang bergarisbawah bermakna ...
A. api
B. hutan
C. lahan
D. air laut
E.
gas alam
12. Sarana untuk taat kepada Allah dapat
dilihat dari tiga aspek tali ketaatan, yaitu …
A. hablum minallah, hablum minannas, hablum
minalmakhluq
B. hablum minallah, hablum minannas, hablum
minalalamin
C. hablum minallah, hablum minannas, hablum
minalkhaliq
D. hablum minallah, hablum minannas, hablum
mimman
E.
hablum
minallah, hablum minannas, hablum minal ardi
13. و أَبْغَضَ الناسِ الى اللهِ و أَبْعَدَهُم
مِنهُ مَجْلِسًا إِمَامٌ جَائِرٌ
Kata yang bergaris
bawah artinya adalah …
A. bertanggung jawab
B. adil
C. dzalim
D. berani karena benar
E.
jujur
14. إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ ... Lanjutan potongan hadis
ini adalah ...
A. شكر
B. صبر
C. بكا
D. سر
E.
غضب
15. Hadis Gharib mutlak adalah …
A. apabila gharabahnya (kesendirianya )
terdapat pada akhir sanad
B. apabila gharabahnya (kesendirianya )
terdapat pada pertengahan sanad
C. apabila gharabahnya (kesendirianya )
terdapat pada awal sanad
D. apabila gharabahnya (kesendirianya )
terdapat pada awal dan akhir sanad
E.
apabila
gharabahnya (kesendirianya ) terdapat pada awal dan pertengahan sanad
16. Karya
Imam Muslim yang paling populer adalah ...
A. Kitab al
Musnad al Shahih
B. Kitab al
Sunan al Shahih
C. Kitab al
Hadits al Shahih
D. Kitab al
Sunnah al Shahihah
E.
Kitab al Jami’ al Shahih
17. أَتَدْرِى
ما قَطَعْتَ له إِنّما قَطَعْتَ له المَاءَ العِدَّ
Arti kata yang bergaris
bawah adalah …
A. apakah kamu tahu
B. kamu tidak tahu
C. saya tidak tahu
D. saya tidak mengetahui kamu
E.
kamu
tidak mengetahui
18. Abdullah bin Umar adalah salah seorang Al Aabadillah
Al Arba’ah sebagai sahabat yang terkenal pemberi fatwa, yang tidak termasuk
Al Aabadillah Al Arba’ah adalah ...
A.
Abdullah bin al-Hakam
B.
Abdullah bin Abbas
C.
Abdullah bin Az Zubair
D.
Abdullah bin Amru bin Ash
E.
Abdullah bin Umar
19. Ilmu el jarh wa el
ta’diel adalah ilmu yang membahas
tentang keadaan perawi dari sisi …
A. adilnya
B. diterima dan ditolak riwayatnya
C. jarhnya
D. diterima
riwayatnya
E.
ditolak
riwayatnya
20. Devinisi Hadits
Ahad ialah …
A. hadits yang diriwayatkan oleh tiga rowi
atau lebih dan tidak sampai pada batas mutawatir
B.
hadits yang diriwayatkan oleh sejumlah orang yang tidak
sepakat bohong
C.
hadits yang diriwayatkan oleh sejumlah orang yang
jumlahnya tidak memungkinkan terjadinya kebohongan.
D.
hadits yang diriwayatkanolehsejumlahrowi yang kurangdari
3 orang
E.
hadits
yang diriwayatkantidakmemenuhisyarat-syaratmutawatir
21. Al Muwatha’ merupakan kitab yang paling tua yang sampai ke tangan kita. Kitab
ini ditulis oleh….
A.
Imam Malik bin Anas
B.
Imam Ahmad
C.
Imam Abu Dawud
D.
Imam Bukhari
E.
Imam Ibnu Majah
22. Yang
membedakan antara Al-Qur’an dan hadits Qudsi adalah:…
A.
Al-Qur’an
makna dan lafadnya dari Allah SWT,
sedang Hadits Qudsi lafadnya dari Rasulullah.
B.
Al-Qur’an diriwayatkan dg makna sedang Hadis Qudsi tidak
C.
Lafadz
al-Qur’an bukan mu’jizat,sedang Hadits Qudsi mu’jizat
D.
Al-Qur’an
tdk selalu mutawatir,sedang Hadits Qudsi Mutawatir
E.
Al-Qur’an dibaca di awal sholat, sedang Hadits Qudsi
di akhir
23. Di bawah ini yang merupakan criteria
hadis maqbul, adalah …
A. memiliki sanad yang terputus
B. perawi hadis pernah berdusta
C. hadis yang telah sempurna syarat-syarat
penerimaannya
D. matan hadis bertentangan dengan ijma’
E.
rawi
hadis dipertanyakan ketsiqahannya
24. Obyek pembahasan ilmu hadits diroyah adalah …
A. sanad dan matan hadis
B. matan dan rijalul hadits
C. sanad dan rijalul hadits
D. sanad, matan dan rawi hadis
E.
rijalul hadits dan rawi
25.
Kitab-kitab hadis yang disusun berdasarkan musnad-musnad sahabat,
guru-gurunya, negara atau lainnya, dan umumnya susunan nama-nama sahabat itu
berdasarkan urutan huruf hijaiyah. Kitab ini dinamakan kitab …
A. Al-Mu’jam
B. Al-Masanid
C. As-Sunan
D. Al-Mustakhraj
E.
Al-Mustadrakat
26. Gharib nisbi adalah …
A. apabila gharabahnya (kesendirianya ) terdapat pada awal
sanad
B. apabila gharabahnya (kesendirianya ) terdapat pada salah
satu tingkatan sanad
selain tingkatan sanad yang pertama
C. apabila gharabahnya (kesendirianya ) terdapat pada akhir
sanad
D. apabila gharabahnya (kesendirianya ) terdapat pada awal
dan akhir sanad
E.
apabila gharabahnya (kesendirianya ) terdapat pada pertengahan sanad
27. Di antara kelebihan ShahihMuslim dibanding ShahihBukhari adalah ...
A. Shahih Muslim bersambung sanadnya
B. Shahih Muslim terdapat semua jenis hadits
C. Shahih Muslim lebih sistimatis
D. Shahih Muslim terbukukan
E.
Shahih Muslim terdapat istimbath fiqh
28. Hadits Hasan ada dua macam, yaitu ...
A. Hasan li dzatihi dan
Hasan li ghairihi
B.
Hasan li nafsihi dan Hasan li
ghairihi
C. Hasan li ghairihi
dan Hasan bi nafsihi
D. Hasan bi nafsihi dan
Hasan bi ghairi nafsihi
E.
Hasan Shohih dan Shohih Hasan
29. Nama lain hadis masyhur adalah hadis …
30. Nama lengkap Imam Abu Daud adalah ...
A.
Ahmad ibn Syu’aib ibn Ali
ibn Bahr ibn Sinan
B.
Abu Daud Sulaiman ibn al
Asy’as ibn Basyir ibn Syidad ibn Amran al Azdi As Sijistani
C.
Abu Abdirrahman Muhammad
bin Syu’aib
D.
Abu Sulaiman Daud ibn al
Asy’as ibn Basyir ibn Syidad ibn Amran al Azdi As Sijistani
E.
Abu Daud Abdirrahman
Muhammad bin Syu’aib
31. Kitab yang
berisi hadis-hadis yang urutannya disusun sesuai dengan urutan rawi yang paling
atas (thabaqat shahabat) disebut kitab …
A.
Al-Jami’
B.
Al-Musannaf
C.
Al-Mustadrak
D.
Al-Musnad
E.
Al-Mustakhraj
32. Salah satu
kutubus sittah yang sering disebut oleh para ulama’ hadis sebagai al-Mujtaba
min as-Sunan adalah kitab …
A. Shahih Bukhari
B. Shahih Muslim
C. Sunan Ibnu
Majah
D. Sunan Abu Dawud
E.
Sunan Nasa’i
33. adis marfu’
menurut bahasa artinya adalah …
A.
yang terhenti
B.
yang putus
C.
yang diangkat
D.
yang disucikan
E.
yang dinisbatkan kepada sahabat
34.
انظروا الى من هو اسفل منكم Kandunganpotonganhadis
iniadalah ...
A. lihat
orang yang lebih tinggi darimu dalam urusan dunia
B. lihat
orang yang lebih rendah darimu dalam urusan akhirat
C. lihat kebahagian
orang lain dalam urusan dunia
D. lihat
kesengsaraan orang lain dalam urusan akhirat
E.
lihat orang yang lebih rendah darimu dalam
urusan dunia
35. إذَا رَاَوْا المنكر لا لا
يُغَيِّرُونَهُ اوشَكَ ان يَعُمّهُمْ اللهُ بِعِقَابِهِ
Ini adalah dalil yang membuktikan
bahwa .
A. Allah mengadzab orang mungkar di dunia
dan akherat
B. Allah mengadzab orang yang melakukan
kemungkaran
C. Allah mengadzab orang yang tidak mau
da’wah secara umum
D. Allah mengadzab orang yang berda’wah
tanpa ilmu
E.
Allah
mengadzab orang yang meninggalkan kemungkaran
36. Dibawah ini
potongan hadis yang mendasari bahwa membicarakan nikmat Allah itu bentuk syukur
dan meninggalkannya itu kufur adalah …
A.
التحدث بنعمة الله شكر و تركها كفر
B.
انظروا الى من اسفل منكم
C.
و لا تنظروا الى من هو فوقكم
D.
فهو اجدر ان لا تزدروا نعمة الله
E.
و من لم يشكر الناس لم يشكر الله
37. Pengertian amar
ma’ruf adalah …
A.
melarang untuk berbuat kejelekan
B.
memerintahkan agar beribadah kepada Allah
C.
melarang berbuat kemungkaran
D.
memerintahkan kebaikan
E.
memerintahkan agar bertanggung jawab
38. إِنّ المُقْسِطِيْنَ عِند اللهِ على
مَنَابِرَ مِن نُورِ الذِيْنَ يَعْدِلُونَ فى حُكْمِهِمْ و اَهْلِيْهِم و مَا
وَلُوْا (رواه مسلم)
Menurut hadis di atas,
pemimpin yang baik adalah yang …
A. bertanggung jawab dan dipercaya untuk
mengemban tugas
B. mampu menempatkan antar urusan pribadi
dan golongan
C. bijaksana dalam member keputusan
pengadilan
D. adil dalam hukum, keluarga, dan dalam
melaksanakan tugas
E.
amanah
karena telah berperilaku adil dan dipercaya
39. فإن لم ... فبقلبه
A. يستطيع
B. يستطع
C. نستطع
D. تستطع
E.
يستطع
40. ومن عصاني فقد عصى الله Arti potongan hadis ini adalah ...
A.
barang siapa yang maksiat padaKu maka ia telah bermaksiat pada
Allah.
B.
barang siapa yang maksiat pada pemimpin maka ia telah durhaka
padaku
C.
barang siapa yang maksiat pada pemimpin maka ia telah durhaka
padaKu
D.
barang siapa yang maksiat padaku (Muhammad) maka ia telah
bermaksiat pada Allah
E.
barang siapa yang maksiat pada pemimpin maka ia telah durhaka
pada pemimpin
41.
فهو أجدر أن لا تزدروا نعمة الله kata yang bergaris bawah bermakna ...
A. memperhatikan
B. rela
C. bersyukur
D. mengabaikan
E.
rakus
42. Pengertian Ilmu
Hadits Dirayah adalah :
A.
Ilmu yang mempelajari Hadits
Riwayah dan Mustalah
B. Ilmu yang
mempelajari sanad, matan dan cara menerima dan menyampaikan hadis, sifat-sifat
Perawi dan lainnya.
C. Ilmu yang
mempelajari hadis Riwayah dan sanad
D. Ilmu yang
mempelajari apa yang bersumber dari sanad
E.
Ilmu yang mempelajari apa yang bersumber dari Nabi
saw. baik perkataan, perbuatan, taqrir maupun sifatnya.
43. Penyusun pertama
Ilmu Hadis Riwayah ialah ...
A.
Imam Bukhori
B.
Imam Muhammad bin Syihab Azzuhri
C.
Imam Muslim
D.
Muhammad Hasan bin Abdirrahman Arramahumzi
E.
Imam Malik bin Anas
44. Ilmu yang menerangkan makna kalimat yang
terdapat dalam matan hadits yang sukar diketahui maknanya dan jarang terpakai
oleh umum adalah …
A. Ilmu Rijaal Al-Hadis
B. Ilmu Gharib al-Hadis
C. Ilmu Fannil Mubhamat
D. Ilmu ‘Ilali Al-Hadis
E. Ilmu Musthalah al-Hadis
45. Bentuk tahamul jumlahnya ada delapan,
yang paling lemah adalah …
A. at-Tahammulu bi al-wijadah
B. at-Tahammulu bi al-qiraah ala syekh
C. at-Tahammulu bi al wasiat
D. at-Tahammulu bi al munawalah
E.
at-Tahammulu
bi al-mukatabah
46. Seorang syaikh
memberi ijin kepada muridnya untuk meriwayatkan hadis darinya, atau
meriwayatkan kitabnya tanpa mendengar riwayat itu darinya, Ini adalah bentuk
tahamul …
A. Al wijadah
B. Al munawalah
C. Al qiraah 'ala syaikh
D. As sima'
E.
Al
ijazah
47. Hadis mutawaquf fiih adalah …
A. dua hadis maqbul yang berlawanan yang
bisa dijama’
B. hadis yang berlawanan dengan Al-Qur’an
C. hadis yang diriwayatkan oleh Imam
Bukhari dan Imam Muslim
D. dua hadis maqbul yang berlawanan dan
tidak bisa dijama’ ditarjih dan di nasakhkan
E.
hadis
yang tidak diketahui maknanya
48. Periwayatan denganmemakailafadh نَاوَلَنِى
الشيخ هذا الكتاب
Adalah
periwayatan yang di dapat dengan …
A. as sama’
B. al munawalah
C. al qira’ah ‘alasysyaikh
D. al wijadah
E.
al
washiyah
49. Yang dimaksud
menerima hadits dengan cara As-Sama’ ialah ...
A.
mendengar bacaan hadits dari guru
B.
metode menulis di hadapan guru
C.
metode membaca di hadapan guru
D.
metode pemberian dari guru
E.
mendengar bacaan hadits dari murid
50. Yang tidak termasuk penyebab munculnya hadits maudlu, adalah ....
A.
Untuk menyesatkan manusia dari jalan yang lurus
B.
Untuk menegakkan ajaran agama
C.
Karena hendak mengacaukan agama
D.
Karena digunakan untuk mencari penghidupan
E.
Karena si rowi malu pada kebenaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar