Kamis, 14 Januari 2021

HAJI DAN UMROH Pembelajaran DARING Bahasa Arab Kelas 11- MIA/IIS

 

 


HAJI DAN UMROH

SAYA HILANG DI MAKKAH

BARIS

TARJAMAH

1

Saya pergi ke makkah yang mulia untuk pertama kali di tahun 2006 untuk melaksanakan umroh. Setelah saya selesai dari

2

(melalukan ) umroh,saya duduk di pojok masjid lalu membaca Al-quran. Tanpa sadar aku terisah dari

3

Para jamaah haji yang lain dalam satu rombongan. Dan ketika saya kembali ke hotel,tidak saya temukan pintu

4

Untuk keluar. Sungguh aku telah hilang di makkah, hingga seorang tentara membantuku dan menunjukkanku jalan ke hotel. Inilah dia

5

Penglaman yang mencekam / menyedihkan  dalam hidupku


WUKUF DI AROFAH

Ayah

Bersiaplah !, bus telah mulai melaju ke Arafah

Anak

Aku rindu wukuf di Arofah, Aku ingat sabda Rosul SAW, “ haji ( akan syah ) dengan wukuf di arafah

Ayah

Seluruh orang islam akan berkumpul hari ini di arafah

Anak

Betapa indah pemandangan mereka, mereka mengenakan baju ihram yang putih,tidak ada perbedaan antara si kaya dan si miskin

Ayah

Mereka datang dari berbagai penjuru untuk melakukakan rukun islam yang ke lima ini

Anak

Apa yang akan kita lakukan setelah wukuf di arafah hari ini, wahai ayah ?

Ayah

Setelah tenggelam matahari kita akan kembali ke Mina, dan kita akan istirahat di muzdalifah

Anak

Kita akan kumpulkan kerikil kerikil untul melempar jamarat

Ayah

Benar, setelah itu kita akan berkorban, lalu menuju makkah untuk thowaf ifadhah, atas izin Allah

Anak

Kapan hari raya ( idul adha ) hai ayah?

Ayah

Besok tanggal 10 dzulhijah, idul kurban untuk seluruh umat islam

Anak

Selamat hari raya, atas izin Allah

edited by

Ahmad Turmudzi Zhein

Guru Bahasa Arab MA. Alhidayah Kendal



 


 

 

26 komentar:

  1. Risalatun Najwa
    Rika Agustina
    Dian Sukma A
    Wulandari
    Afrilia Yulfa u
    11IPA

    BalasHapus
  2. ABhirama garda nagara hakh
    11 IPA

    BalasHapus
  3. Amalia shofiyatun
    Dita ardiana
    Kusniawati
    11 ips

    BalasHapus
  4. NAMA: Afrilia Dwi Utami
    KELAS: 11 IPS

    BalasHapus
  5. NAMA:ANIZA MEGA PUTRI AULIA
    KELAS:11 IPS

    BalasHapus