Selasa, 26 Januari 2021

MAKANAN YANG HALAL . QS ANNAHL 66-69


MAKANAN YANG HALAL

MEMAHAMI SURAT AL-QURAN AN-NAHL AYAT : 66-69 

AN-NAHL AYAT : 66-69 

وَإِنَّ لَكُمْ فِى ٱلْأَنْعَٰمِ لَعِبْرَةً ۖ نُّسْقِيكُم مِّمَّا فِى بُطُونِهِۦ مِنۢ بَيْنِ فَرْثٍ وَدَمٍ لَّبَنًا خَالِصًا سَآئِغًا لِّلشَّٰرِبِينَ

            Tarjamah:"Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari pada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya." (QS. An-Nahl : 66) 

 وَمِن ثَمَرَٰتِ ٱلنَّخِيلِ وَٱلْأَعْنَٰبِ تَتَّخِذُونَ مِنْهُ سَكَرًا وَرِزْقًا حَسَنًا ۗ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَةً لِّقَوْمٍ يَعْقِلُونَ

Tarjamah:"Dan dari buah korma dan anggur, kamu buat minuman yang memabukkan dan rezeki yang baik. Sesunggguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang memikirkan." (QS. An-Nahl : 67) 

 وَأَوْحَىٰ رَبُّكَ إِلَى ٱلنَّحْلِ أَنِ ٱتَّخِذِى مِنَ ٱلْجِبَالِ بُيُوتًا وَمِنَ ٱلشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُونَ

Tarjamah : "Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia." (QS. An-Nahl : 68)

 ثُمَّ كُلِى مِن كُلِّ ٱلثَّمَرَٰتِ فَٱسْلُكِى سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا ۚ يَخْرُجُ مِنۢ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُّخْتَلِفٌ أَلْوَٰنُهُۥ فِيهِ شِفَآءٌ لِّلنَّاسِ ۗ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَةً لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Tarjamah :  "kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan." (QS. An-Nahl : 69) 

KOSA KATA

وَإِنَّ لَكُمْ

dan bagi kalian

وَأَوْحَىٰ

dan membisikan

فِى ٱلْأَنْعَٰمِ

dalam binatang ternak

رَبُّكَ

tuhanmu

لَعِبْرَةً

pelajaran

إِلَى ٱلنَّحْلِ

kepada lebah

نُّسْقِيكُم

kami meminumi kalian

أَنِ ٱتَّخِذِى

jadikan

مِّمَّا فِى بُطُونِهِۦ

dari perutnya

مِنَ ٱلْجِبَالِ

gunung-gunung

مِنۢ بَيْنِ

diantara

بُيُوتًا

rumah-rumah

فَرْثٍ

kotoran

وَمِنَ ٱلشَّجَرِ

dari pepohonan

وَدَمٍ

darah

وَمِمَّا يَعْرِشُونَ

yang mereka tempati

لَّبَنًا

susu

ثُمَّ كُلِى

lalu makanlah

خَالِصًا

bersih

مِن كُلِّ ٱلثَّمَرَٰتِ

dari buah-buahan

سَآئِغًا

mudah

فَٱسْلُكِى

tempuhlah

لِّلشَّٰرِبِينَ

bagi mereka yang minum

سُبُلَ رَبِّكِ

jalan-jalan tuhanmu

وَمِن ثَمَرَٰتِ

dan dari buah-buahan

ذُلُلًا ۚ

mudah

ٱلنَّخِيلِ

kurma

يَخْرُجُ

keluar

وَٱلْأَعْنَٰبِ

anggur

مِنۢ بُطُونِهَا

dari perutnya

تَتَّخِذُونَ مِنْهُ

kalian jadikan

شَرَابٌ

minuman

سَكَرًا

minuman memabukkan

مُّخْتَلِفٌ

bermacam-macam

وَرِزْقًا

dan rizki

أَلْوَٰنُهُۥ

warna

حَسَنًا

yang baik

فِيهِ شِفَآءٌ

didalamnya obat

إِنَّ فِى ذَٰلِكَ

sungguh dalam hal itu

لِّلنَّاسِ

untuk manusia

لْأايَةً

pertanda

إِنَّ فِى ذَٰلِكَ

sunnguh dalam hal itu

لِّقَوْمٍ

bagi kaum

لْأايَةً

pertanda

يَعْقِلُونَ

mereka berfikir

لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

bagi kaum yang berfikir


3. Ayo Memaknai Mufradat Penting dari QS an-Nahl (16) : 66, 68-69

• Kata An‘âm adalah bentuk jamak dari na‘m ( نعم) yang bentuk mufradnya bermakna “unta”, sedangkan bentuk jamaknya digunakan untuk pengertian “hewan-hewan berkaki empat”, seperti unta, sapi, dan kambing. Hewanhewanitu disebut dengan na‘m karena mendatangkan nikmat.

• Kata فرث (farts) terambil dari akar kata yang bermakna meremukkan.  Maksudnya, sisa-sisa makanan yang tidak dicerna lagi sebelum mejadi kotoran (tahi).

• Ungkapan kalimat من بين فرث ودم oleh ulama dalam arti susu murni لبنا خالصا /antara sisa makanan dan darah dipahami , yang berada diantara keduanya, karena binatang menyususui apabila telah mencernakan makanan makananya, maka apa yang menjadi susu berada pada pertengahan antara sisa makanan dan darah itu. Posisi yang menjadi darah berada di bagian atas dan posisi sisa makanan pada bagian bawah.

• Mufassir Thahir ibn Asyur manyatakan bahwa susu bukanlah darah dan juga bukan sisa makanan. Tidak dikatakan darah karena tidak terus menerus mengalir pada saluranya sebagaiman darah mengalir pada pembuluh darah, tidak dikatakan sisa makanan karena kenyataanya susu murni adalah baik dan mempunyai nilai manfaat sedang sisa makanan berupa kotoran.

• Kata  سائغا(saighan), pada mulanya berarti sesuatu yang mudah masukkedalam  kerongkongan. Kemudahan yang dimaksud disini adalah bentuknya berupa cairan, sehingga tidak perlu lagi di kunya dalam pengkonsumsianya. Juga karena lezat, bergizi yang terbebas dari segala bakteri.

Kata أوحى terambil dari kata wahy/wahyu, merupakan bentuk mashdar yang  berasal dari akar kata wâw, hâ’ dan yâ’. Makna awal dari kata wahy adalah “isyarat yang cepat”. wahy dengan berbagai derivasinya, dari sudut pengertian etimologisnya, diantaranya berarti ilham yang bersifat instinktif pada hewan, dalam hal ini diberikan anugerahkan kepada lebah/nahl, sehingga dengan mudah ia melakukan aktiftas secara cepat, terstruktur dan mengagumkan.

• Kata an nahl/النخل yakni lebah. Lebah merupakan sekelompok besar serangga yang dikenal karena suka hidup berkelompok. semua lebah masukdalam suku/familia Apidae (ordo Hymenoptera: serangga bersayap selaput).Di dunia terdapat kira-kira 20.000 spesies lebah dan dapat ditemukan di setiapbenua, kecuali Antartika. Sebagai serangga, ia mempunyai tiga pasang kaki dan dua pasang sayap. Lebah membuat sarangnya di atas bukit, di pohon kayu dan pada atap rumah. Sarangnya dibangun dari malam yang terdapat dalam badannya. Lebah memakan nektar bunga dan serbuk sari.

• Kata ya’risyun/   يعرشون terambil dari kata ‘arasya yang bermakna “membangun  dan meninggikan” yang menujukkan bahwa lebah membangun rumahnya tidak disemua bukit dan tidak pada semua pohon, tapi sebagian dari keduanya. Ini dimengerti dari rangkaian kata

• Kata ats tsamarat/ ثمرات adalah bentuk jama’ dari kata ats tsmarah yang  berarti buah. Dari kata itu, bukan berarti lebah memakan buah tetapi kembang- kembang sebelum menjadi buah (seperti majaz yang berlaku sehari-hari,  menanak nasi bukan berarti nasi dimasak, tetapi yang di tanak adalah beras untuk kemudian ketika telah masak menjadi nasi).

Kata dzululan/ ذللا adalah bentuk jama’ dari kata dzalul yakni suatu yang mudah ditelusuri. Kata ini mensifati kata subul/ سبلا yang berarti jalan-jalan.  Hal ini menisyaratkan bahwa jalan-jalan yang ditempuh lebah dari sarangnya menuju tempat menghisap sari kembang, sangat mudah untuk ditempuhnya. Kemudahan menempuh jalan, baik ketika pergi dalam menemukan sari kembang dan kembali adalah atas anugerah Allah Swt.

• Kalimat yakhruju min buthuniha/  يخرج من بطونهاkeluar dari perutnya, artinya  apa yang keluar dari perut lebah adalah beberapa zat yang diambil dari sari kembang yang mengandung unsur-unsur tertentu tergantung dari sari kembang yang dihisap dalam bentuk cairan halus yang umumnya berasa manis/madu.

• Kalimat fihi syifa’ linnas/ فيه شفاء للناسdidalamnya terdapat oba penyembuh  manusia. Artinya cairan manis/madu tersebut mempunyai manfaat sebagai obat dari segala macam penyakit. Demikian Rasulullah Saw., telah menyarankan sahabatnya untuk mengkonsumsi madu sebagai obat (penyembuh penyakit), kecuali pada beberapa penyakit yang diidap manusia yang kurang baik untuk menkonsumsi zat gula. Hal itu ditunjukkan dengan penggunaan kata linnas pada kalimat diatas. 

Kandungan QS an-Nahl (16) : 66

Adalah salah satu keistemewaan redaksi al-Qur`an bahwa kalimat pada struktur Surat an-Nahl ayat 66 sangat mudah dicerna untuk dijadikan ibrah bagi manusia terhadap keluasan ilmu Allah Swt., terutama bagi ilmuwan dewasa ini, yang mungkin oleh sementara penduduk Arab pada saat itu sulit untuk mencerna dengan analisis keilmuan. Sayyid Qutb berkata bahwa hakikat ilmiah yang diungkap oleh ayat di atas, yakni keluarnya susu antara sisi makanan dan darah, tidaklah diketahui oleh manusia. Tidak juga pada umat di masa turunnya apalagi menetapkanya dalam bentuk ketelitian ilmiah yang sedemikian sempurna. Tidaklah wajar bagi manusia yang menghormati akalnya untuk membantah atau menentang hal tersebut. Ayat ini merupakan hakekat ilmiah dari wahyu yang diturunkan kepada Muhammad Saw., ribuan tahun yang lalu. Jika tidak berasal dari Yang Maha Benar, tentu ayat ini akan bertentangan dengan temuan ilmiah dewasa ini. 

a. Binatang Ternak

Dan jika diperinci, maka terdapat ada empat macam kemanfaatan yang  diperoleh manusia dari binatang ternak itu :

1) Air susu yang sangat lezat untuk di minum dan mengandung unsur kesehatan, yang juga dapat dijadikan mentega dan keju dan lain-lain. 

2) Bulu dan kulitnya dapat dijadikan bahan pakaian.

3) Dagingnya dapat dimakan segera atau diawetkan dalam kaleng.

4) Dapat dijadikan alat tranportasi.

 

b. Manfaat Susu

Kolostrum adalah vitamin yang terkandung dalam susu mengandung faktor  pertumbuhan alami yang berfungsi untuk : meningkatkan sistem metabolisme  tubuh, mencegah penuaan dini, meningkatkan hormon pertumbuhan (HGH), membantu menghaluskan kulit dan menyehatkan kulit, menghindari osteoporosis, memperbaiki dan meningkatkan pertumbuhan jaringan tubuh dan berbagai manfaat lainnya. Kolostrum mengandung mineral, anti oksidan, enzim, asam amino dan vitamin A, B12 dan E. 

Kandungan QS an-Nahl (16) : 68-69 

Kandungan dan Manfaat Madu Madu memiliki banyak kandungan zat gizi seperti karbohidrat, protein , asam amino, vitamin, mineral, dekstrin, pigmen tumbuhan dan komponen Aromatik. Hasil penelitian ahli Gizi dan pangan, kalau madu banyak mengandung karbohidrat jika di bandingkan dengan produk ternak seperti susu, telur , daging, keju atau mentega. Hasil penelitian oleh peneliti dari Departement of Biological Sciences, University of Waikoto, Selandia Baru. Peter C Molan mengatakan kalau Madu terbukti mengandung zat antibiotik yang aktif melawan serangan berbagai kuman patogen penyebab penyakit. Antioksidan fenolat dalam madu memiliki daya aktif tinggi serta bisa meningkatkan perlawanan tubuh terhadap tekanan oksidasi (oxidative stress) Beberapa khasiat madu adalah dapat mengatasi infeksi dari berbagai patogen yang dapat dicegah dan disembuhkan dengan minum madu secara teratur diantaranya : Infeksi saluran pernafasan atas (ISPA), batuk, demam, penyakit luka tukak lambung, infeksi saluran pencernaan, penyakit kulit.

Edited by :

Ahmad Turmudzi Zhein
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar