Kamis, 22 Juli 2021

PENGERTIAN AL-QURAN

 

PENGERTIAN ALQURAN

1. Pengertian al-Qur`an secara etimologi 

Secara etimologi, para ulama mempunyai beberapa pendapat yang berbeda tentang  pengertian al-Qur`an. Perbedaan tersebut terletak pada adanya ulama yang menyebutkan al-Qur`an dengan hamzah (  (القرأن ataukah tidak ((   القرن   dan apakah al-Qur`an itu musytaq  (ism yang dibentuk dari sebuah kata dan memiliki makna yang berbeda dari kata pembentuknya) atau bukan musytaq.

a. Ulama yang menyebutkan al-Qur`an dengan Hamzah terbagi ke dalam dua pendapat:

1)  Ada yang berpendapat bahwa al-Qur`an adalah “kata bentukan” dari qara’a قرأ artinya “membaca”, seperti kata rujhan dan gufran. Al-Lihyani (w. 215 H) adalah di antara yang berpendapat demikian, berdasarkan firman Allah Swt.:

إِنَّ عَلَيْنَا جَمْعَهُۥ وَقُرْءَانَهُۥ فَإِذَا قَرَأْنَٰهُ فَٱتَّبِعْ قُرْءَانَهُۥ 

Artinya: Sesungguhnya atas tanggungan kamilah mengumpulkannya (di dadamu) dan (membuatmu pandai) membacanya. Apabila Kami telah selesai membacakannya, maka ikutilah bacaan itu. (QS. Al-Qiyamah [75] : 17-18)


2)  Ada yang berpendapat bahwa al-Qur`an adalah “kata sifat”, dari kata dasar alqur’u artinya “menghimpun”. Sehingga arti al-Qur`an adalah himpunan  surat, ayat, kisah, perintah dan larangan, atau dalam arti lain menyimpan intisari dari kitab-kitab suci sebelumnya. Di antara ulama yang berpendapat demikian adalah az-Zujaj (w. 311 H).

 

b.  Ulama yang menyebut al-Qur`an dengan (  القرن  )  ada dua pandangan, yaitu:

 

1) Ada yang berpendapat bahwa al-Qur`an dari kata qa-ra-na  ( قرن )  menyertakan”. Hal ini karena al-Qur`an menyertakan di dalamnya ayat, surat, dan huruf-huruf. Abu Al-Hasan Al-Asy’ari (w. 324) termasuk yang berpendapat demikian.

 

2)  Ada yang berpendapat al-Qur`an dari kata qara’in ( قرائن  ) artinya “tanda atau  penguat”. Hal ini karena menurut mereka ayat satu dengan yang saling menguatkan, demikian menurut Al-Farra` (w. 207 H).

Pendapat-pendapat di atas juga merupakan penguat bahwa kata al-Qur`an adalah kata jadian atau musytaq. Sedang, yang berpendapat bahwa kata al-Qur`an bukanlah musytaq mengatakan bahwa kata al-Qur`an adalah nama personal atau al-‘Alam as-Syakhsyi. Hal itu sebagaimana disebutkan pada QS. An-Nah ̣l [16]: 89:

وَيَوْمَ نَبْعَثُ فِي كُلِّ أُمَّةٍ شَهِيدًا عَلَيْهِمْ مِنْ أَنْفُسِهِمْ وَجِئْنَا بِكَ شَهِيدًا عَلَىٰ هَٰؤُلَاءِ وَنَزَّلْنَا عَلَيْكَ الْكِتَابَ تِبْيَانًا لِكُلِّ شَيْءٍ وَهُدًى وَرَحْمَةً وَبُشْرَىٰ لِلْمُسْلِمِينَ

Artinya : (Dan ingatlah) akan hari (ketika) Kami bangkitkan pada tiap-tiap umat seorang saksi atas mereka dari mereka sendiri dan Kami datangkan kamu (Muhammad) menjadi saksi atas seluruh umat manusia. Dan Kami turunkan kepadamu Al Kitab (Al Quran) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri.

Kata al-Kitab yang dimaksud adalah nama khusus al-Qur`an sebagaimana nama dari kitab-kitab suci sebelumnya. 

2.  Pengertian Terminologi (istilah) al-Qur`an

a.  Menurut Manna’ al-Qatt an

كلام الله المنزل على محمد صلى الله عليه وسلم  المتعبد بتلاوته

Artinya: “Kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw. Dan membacanya adalah ibadah. 

b.  Menurut al-Jurjani (w. 417 H/1079 M)

كلام الله المنزل على الرسول المكتوب فى المصاحف المنقول عنه نقلا متواترا بلا شبهة

Artinya: “Yang diturunkan kepada Rasulullah Saw., ditulis dalam mushaf, dan diriwayatkan secara mutawatir tanpa keraguan.”

c.  Menurut kalangan pakar Ushul Fikih, Fikih dan Bahasa Arab:

كَلَامُ اللهِ المُنَزَّلُ عَلَى نَبِيِّهِ مُحَمَّدٍ ص.م اَلْمُعْجِزِ اَلْمُتَعَبَّدُ بِتِلَاوَتِهِ اَلْمَنْقُولُ بِالتَّوَاتُرِ اَلْمَكْتُوبِ فِى اَلْمَصَاحِفِ مِنْ اَوَّلِ سُوْرَةٍ اَلْفَاتِحَةِ اِلَى سُورَةٍ النَّاسِ

Artinya : “Kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi-Nya, Muhammad. Lafadz-lafadznya mengandung mukjizat, membacanya mempunyai ibadah, diturunkan secara mutawattir, dan ditulis pada mushaf, mulai dari awal surat Al-Fatihah sampai pada surat An-Nass”.

Dari pengertian diatas, ada beberapa bagian yang unsur penting, yaitu :

1.      Al-Quran adalah firman Allah. “Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya)”. QS. An-Najm 4Ayat ini menunjukkan bahwa Al-Quran adalah wahyu (bisikan dalam sukma  dan isyarat yang cepat yang bersifat rahasia disampaikan oleh Allah kepada Nabi dan Rasul) yang diturunkan oleh Alla kepada nabi Muhammad SAW.

2.      Al-Quran adalah mukjizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. Tak satu pun jin dan manusia yang dapat menandinginya, meskipun mereka berkerjasama. Katakanlah: “Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa Al Quran ini, niscaya mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengan Dia, Sekalipun sebagian mereka menjadi pembantu bagi sebagian yang lain”. QS. Al-Isra 88

3.      Al-Quran disampaikan secara mutawatir. “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan Sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya”. QS. Al-Hijr 9 Ayat ini memberikan jaminan tentang kesucian dan kemurnian Al-Qur’an selama-lamanya.

4.      Membaca Al-Quran bernilai ibadah. Nabi bersabda: “Aku tidak mengatakan alif laam miim satu huruf, tetapi Alif satu huruf, laam satu huruf, miim satu huruf dan satu kebaikan nilainya 10 kali lipat” (Al-Hadist).

5.      Al-Quran diturunkan kepada nabi Muhammad melalui Malaikat Jibril. Katakanlah: “Ruhul Qudus (Jibril) menurunkan Al Quran itu dari Tuhanmu dengan benar, untuk meneguhkan (hati) orang-orang yang telah beriman, dan menjadi petunjuk serta kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)”. QS. An-Nahl 102

 

By. Ahmad Turmudi, S.Ag

Guru Tafsir Ilmu Tafsir MA. Alhidayah Kendal



26 komentar:

  1. Nama:Zani yaminus zabat
    Kelas: X IIk

    BalasHapus
  2. Nama:Azza Rahma Sari
    Kelas:X IIK

    BalasHapus
  3. Nama:evigel Delia Agustiana
    kelas:x IIK

    BalasHapus
  4. Nama:Arifah Nur Imamma
    Kelas: X IIK

    BalasHapus
  5. Nama:Salma nazilatunni'mah
    Kelas:x llK

    BalasHapus
  6. Nama:Salwa nazilatunni'mah
    Kelas:x llK

    BalasHapus
  7. Nama:Suci Lailatul Nafiah
    Kelas:X IIK

    BalasHapus
  8. Nama:Silfia Amantin
    Kelas:X IIK

    BalasHapus
  9. Nama: khoirul mustofa
    Kls : X llk

    BalasHapus
  10. Nama:Ni'matur Rohmah
    Kelas:X IIK

    BalasHapus
  11. Nama:M Bahrul ulum
    Kelas:× IIK

    BalasHapus
  12. Nama: Muhammad Arif Rofiqi
    Kelas:X IIK

    BalasHapus
  13. Muhammad Pasya Eka adzkiyana zhein

    BalasHapus
  14. Nama : Nisa Rahmawati Putri
    Kelas : X IPA

    BalasHapus
  15. Nama : Herlis Siti Musidah
    Kelas :10 IPA

    BalasHapus
  16. Nama : Nafisa Naila Husna
    Kelas : X IPA

    BalasHapus
  17. Nama:Ahnia imroatul mufidah
    Kelas:10IPA

    BalasHapus
  18. Nama : Nor rohman alkhotami
    Kelas: x ipa

    BalasHapus
  19. Nama :Annisa putri Lestari
    Kelas:X IPA

    BalasHapus
  20. Nama :Alvina jenni Salsabila
    Kelas:XIpa

    BalasHapus
  21. Nama:Afiq Sasongko
    Kelas:X IPA

    BalasHapus
  22. Nama: Muhammad Maghfur Abdul Qohhar
    Kelas:X MIA

    BalasHapus