الرِحْلاَت
وَالثَّقَافَة الإِسْلاَمِيَّة
PENGEMBARAAN DAN BUDAYA ISLAM
لَقَدْ تَوَسَّعَ الْعَالَم الإِسْلاَمِيّ
فِي الْعُصُوْر الْمَاضِيَة. وَهذَا يُؤَدِّي إِلَى زِيَادَةِ أَهَمِّيَةِ
الْمَعْلُوْمَات عَنْ جُغْرَافِيَّة الْعَالَم الإسْلاَمِيّ وَالتَّعَرُّف عَلَى
أَحْوَال الْبِلاَد السُّكَّان.
وَرَوَى التَّارِيْخ أَنَّ الرَّحَّالَة
الْعَرَب كَانُوْا يَجُوْبُوْن الْبِلاَدَ الإسْلاَمِيَّة وَتَجَاوَزُوْا حُدُوْدَ
الْعَالَم الإسْلاَمي، فَلَمْ تَمْنَعْهُمْ صُعُوْبَةُ الْمُوَاصَلاَت، أَوْ
بُعْدُ الْمَسَافَات .
وَقَدْ كَثُرَتْ حِيْنَئِذٍ الرِّحْلَات
الْعِلْمِيَّة وَالدِّيْنِيَّة وَالتِّجَارِيَّة .
v
الرِّحْلاَتُ الْعِلْمِيَّة
اِهْتَمَّ الإسْلاَم اِهْتِمَامًا
كَبِيْرًا بِالْعِلْم، وَحَثَّ عَلَى طَلَبِهِ وَالسَّعْيِ إِلَيْه. وَأَصْبَحَتِ
الرِّحْلَةُ لِذلِكَ مُنْذُ فَجْرِ الإسْلاَم فِي طَلَبِ الْعِلْم ضَرُوْرِيًّا،
كَالَّذِي رَوَاهُ الْبُخَارِي (الْمُتَوَفَّى عَام 256 هــ) مِنْ أَنَّ أَرْجَابَ
بْنِ عَبْدِ الله رَحَلَ مَسِيْرَةَ شَهْرٍ إِلَى عَبْدِ الله بْنِ أَنِيْس فِي
طَلَبِ حَدِيْثٍ وَاحِد .
وَالْبُخَارِي نَفْسُه مِثَال رَائِد
لِلْعُلَمَاء الرِّحْلَة. وَلَمْ يَقْتَصِرِ الأَمْر عَلَى هذَيْنِ
الْمُتَحَدِّثَيْن، بَلْ إِنَّ كَثِيْرًا مِنْهُمْ كَانَ يَقْطَع الْصَّحَارَى
لِلتَّأْكِيْد مِنْ صِحَّةِ حَدِيْث أَوْ مَعْرِفَةِ سَنَدِه .
وَبِجَانِبِ الرَّئِيْسِي لِلرِّحْلَة فِي طَلَبِ الْعِلْم
كَانَتْ تَتَحَقَّقُ أَهْدَافٌ أُخْرَى، أَهَمُّهَا التَّعَرُّف عَلَى أَحْوَالِ
الْبِلاَد السِّيَاسِيَّة وَمَرَاكِزِ الْحَيَاة الْعِلْمِيَّة وَعَادَاتِ النَّاس
وَأَخْلاَقِهِمْ
Dunia Islam telah berkembang di masa lalu. Ini mengarah pada
peningkatan pentingnya informasi tentang peta dunia Islam dan untuk mengenal keadaan
penduduk dunia.
Sejarah telah menceritakan bahwa para musafir Arab mengembara
di negara Islam dan melintasi perbatasan dunia Islam, tidak menghalangi mereka
sulitnya transportasi, atau jauhnya jarak.
Perjalanan ilmiah, agama dan perdagangan telah pesat pada
saat itu
Perjalanan Ilmiah
Islam sangat memperhatikan ilmu pengetahuan, dan mendorong
manusia untuk mencarinya serta berjuang untuk itu. Perjalanan itu terjadi sejak
awal Islam dalam mencari ilmu, seperti yang diriwayatkan oleh Bukhari (w. 256
AH) bahwa Aryab bin Abdullah menempuh perjalanan sebulan menuju Abdullah bin Anis dalam mencari
sebuah hadist
Al-Bukhari sendiri adalah contoh utama bagi para ulama dalam
pengembaraan. Dan tidak terbatas pada dua ahli hadist ini, tetapi banyak dari
mereka yang biasa melintasi gurun pasir untuk memperkuat kesahihan hadist atau
mengetahui sanad hadist
Selain tujuan utama dalam pencarian ilmu telah tercapai juga tujuan-tujuan
lain, diantaranya adalah
mengidentifikasi kondisi politik negara dan pusat-pusat kehidupan keilmuan serta
kebiasaan masyarakat dan moral mereka.
Afrillia Yulfa Ummami
BalasHapus12 IPA
Istiqomah
BalasHapus12 IPA
Susun Widyawati Maharani
BalasHapus12 IPA
Bunga mukhayatul
BalasHapus12 IPA
Aulliya shalsabilla
BalasHapus12 IPA
Shafa Hayuningtiyas
BalasHapus12 IPA
Dony Irwansyah
BalasHapus12 IPA
Fitria Aisyah Rumdani
BalasHapus12IPA
Clara Titis Eka Fatmawati
BalasHapus12IPA
Wulandari
BalasHapus12 IPA
Dian Sukma Ayuni
BalasHapus12 IPA
Rika Agustina
BalasHapus12 IPA
Abhirama Garda N.H
BalasHapus12 IPA
Indah Wahyuningsih
BalasHapus12 IPA
Carlista Alistiya Putri
BalasHapus12 IPA
Irvan azzami
BalasHapus12 ipa