SKL BIOLOGI PROGRAM IPA
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami hakikat biologi sebagai
ilmu dan mendeskripsikan objek permasalahan biologi melalui metode
ilmiah.
|
Menjelaskan objek dan permasalahan Biologi.
|
2.
|
Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup
dan klasifikasinya, peranan
keanekaragaman hayati bagi
kehidupan dan upaya pelestariannya.
|
Menjelaskan peran Virus, Archaebacteria dan
Eubacteria bagi kehidupan manusia.
|
Mengidentifikasi ciri-ciri/peran
kelompok jamur dan protista (jamur, protista, protozoa, alga).
|
||
Menentukan dasar pengelompokan mahluk hidup.
|
||
Menjelaskan upaya pelestarian sumber daya alam tertentu.
|
||
Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok tumbuhan.
|
||
Mengidentifikasi cara perkembangbiakan hewan invertebrata.
|
||
Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok hewan
vertebrata.
|
||
3.
|
Menganalisis hubungan
antara komponen
ekosistem, perubahan materi dan energi
serta peran manusia dalam keseimbangan ekosistem.
|
Menganalisis
hubungan antarkomponen dan aliran energi dalam suatu ekosistem.
|
Menjelaskan proses yang terjadi pada daur biogeokimia.
|
||
Menjelaskan keterkaitan antara
kegiatan manusia
dengan masalah
perubahan/pencemaran
lingkungan .
|
||
4.
|
Menjelaskan struktur dan fungsi sel
serta mengaitkannya dengan struktur dan fungsi jaringan.
|
Menjelaskan struktur sel dan komponen kimiawinya,
serta proses yang terjadi pada sel.
|
Menjelaskan fungsi organel
sel pada tumbuhan dan
hewan.
|
||
Menjelaskan sifat,ciri-ciri dan fungsi jaringan pada
tumbuhan dan hewan.
|
||
5.
|
Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ manusia serta
kelainan/penyakit yang mungkin
terjadi pada organ tersebut.
|
Menjelaskan mekanisme gerak otot/sendi/penyakit
pada sistem gerak pada manusia.
|
Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia
dan gangguannya.
|
||
Menjelaskan sistem pencernaan makanan pada
manusia dan gangguannya.
|
||
Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia dan
gangguannya.
|
||
Menjelaskan sistem ekskresi pada manusia dan
gangguannya.
|
||
Menjelaskan sistem regulasi (saraf, endokrin
dan pengindraan) pada manusia.
|
||
Menjelaskan sistem reproduksi
manusia dan proses pembentukan sel kelamin.
|
||
Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh
|
||
6.
|
Menjelaskan
faktor-faktor yang
mempengaruhi proses pertumbuhan
dan perkembangan yang terjadi pada
tumbuhan melalui
hasil percobaan atau pengamatan.
|
Menginterpretasi
hasil percobaan pertumbuhan
dan perkembangan tumbuhan.
|
7.
|
Mendeskripsikan proses metabolisme karbohidrat dan kemosintesis.
|
Menjelaskan ciri-ciri dan cara kerja dari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kerja enzim.
|
Menjelaskan proses katabolisme karbohidrat.
|
||
Menjelaskan zat yang dikeluarkan/dihasilkan pada
proses respirasi aerob.
|
||
Menjelaskan tahapan proses anabolisme (fotosintesis)
pada tumbuhan.
|
||
Menjelaskan proses kemosintesis/respirasi anaerob.
|
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
8.
|
Memahami konsep dasar hereditas,
reproduksi sel, penerapan prinsip-
prinsip hereditas
dan peristiwa mutasi.
|
Menjelaskan susunan nukleotida DNA, RNA, atau kromosom.
|
Menjelaskan proses sintesis
protein.
|
||
Mengidentifikasi tahap-tahap pembelahan
mitosis/meiosis/gametogenesis.
|
||
Menginterpretasikan persilangan berdasarkan hukum
Mendel.
|
||
Menginterpretasi
persilangan pada penyimpangan semu hukum Mendel.
|
||
Mengidentifikasi pewarisan cacat/penyakit menurun pada manusia.
|
||
Menjelaskan peristiwa mutasi.
|
||
9.
|
Menjelaskan teori evolusi dan
implikasi pada perkembangan sains.
|
Menjelaskan teori asal-usul kehidupan dan
pembuktiannya.
|
Menjelaskan prinsip-prinsip penting pada evolusi.
|
||
10.
|
Menjelaskan prinsip-prinsip dan aplikasi bioteknologi
|
Menjelaskan prinsip dasar bioteknologi.
|
Menjelaskan contoh aplikasi bioteknologi konvensional/ modern.
|
||
Menjelaskan dampak aplikasi bioteknologi
bagi masyarakat dan lingkungan.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar