Senin, 24 Februari 2014

Soal UN Hadist Keagamaan Kode : 08



TRY OUT MANDIRI KE SATU
MADRASAH ALIYAH ALHIDAYAH KENDAL
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
KODE : 08

Mata pelajaran          : Hadist                                           Hari, tanggal  : Senin, 2 Desember 2012
Kelas                           : Keagamaan                                  Waktu             : 120 menit

Pilihlah jawaban yang paling benar pada pilihan A, B, C, D atau E !
1.        Bentuk tahmul jumlahnya ada delapan, yang paling lemah adalah …
A.       at-Tahammulu bi al-qiraah ala syekh
B.       at-Tahammulu bi al-wijadah
C.       at-Tahammulu bi al wasiat
D.       at-Tahammulu bi al munawalah
E.        at-Tahammulu bi al-mukatabah
2.        Seorang syaikh harus hafal hadis yang dibacakan di hadapannya, sekiranya murid terdapat kesalahan ketika membacakannya, maka syaikh tersebut bisa membenarkannya. Ini adalah syarat dari …
A.       Al wijadah
B.       Al munawalah
C.       Al ijazah
D.       As sima'
E.        Al qiraah 'ala syaikh
3.        Hadis maqbul yang tidak bertentangan dengan hadis lain, disebut …
A.       Hadis muhkam
B.       Hadis Shahih
C.       Hadis ahad
D.       Hadis mutawatir
E.        Hadis marfu’
4.        Seseorang dapat mengetahui sanad dan matan suatu hadis ditolak atau diterima dengan cara mempelajari 
A.       Ilmu Hadis Riwayah
B.       Ilmu Asbabul wurud Hadis
C.       Ilmu hadis Dirayah
D.       Ilmu Nasikh wa Mansukh Hadis
E.        Ilmu Hadis Tajrih

5.        Penyusun pertama Ilmu Hadis Dirayah ialah ...
A.       Imam Bukhori
B.       Imam Muslim
C.       Imam Malik bin Anas
D.       Imam Muhammad bin Syihab Azzuhri
E.        Muhammad Hasan bin Abdirrahman Arramahumzi
6.        Ilmu untuk mengetahui nama orang-orang yang tidak disebutkan dalam matan atau dalam sanad adalah …
A.    Ilmu Rijaal Al-Hadis
B.     Ilmu ‘Ilali  Al-Hadis
C.     Ilmu Fannil Mubhamat
D.    Ilmu Musthalah al-Hadis
E.     Ilmu Gharib al-Hadis
7.        Yang dimaksud menerima hadits dengan cara As-Sama’ ialah ...
A.       mendengar bacaan hadits dari guru
B.       metode menulis di hadapan guru
C.       metode membaca di hadapan guru
D.       metode pemberian dari guru
E.        mendengar bacaan hadits dari murid
8.        Hadis yang disandarkan kepada Nabi, baik berupa ucapan, perbuatan dan ketetapan, merupakan cirri dari …
A.       hadis marfu’
B.       hadis maqbul
C.       hadis mardud
D.       hadis mauquf
E.        hadis maqthu’
9.        Pengertian menerima riwayat hadits dengan cara Ijazah ialah ...
A.       Seorang ahli hadits memberikan hadist atau kitab kepada muridnya agar sang murid meriwayatkannya darinya
B.       belajar hadits dengan diberi ijazah kelulusan
C.       menerima hadits dari murid dengan diakhiri ijazah
D.       menerima riwayat hadits dari seorang syaikh dalam bentuk kumpulan naskah hadits tanpa dibacakan atau dibacakan hanya sebagian saja disertai pernyataan ijazah (memberi kewenangan).
E.        menerima pemberian kitab hadits dari seorang rowi tanpa pernyataan ijazah
10.    Diantara syarat-syarat meriwayatkan hadits bil ma’na, ialah ...
A.       rawi harus bisa mentakwil hadits
B.       rawi harus jujur
C.       rawi harus hafal sanadnya
D.       rawi harus mengerti tentang lafadz dan maksudnya
E.        rawi harus faham maksud gurunya
11.    Pada masa Nabi, ada larangan untuk menulis hadis, alasannya adalah …
A.       Hadis belum ada sanadnya sehingga tidak perlu ditulis
B.       Khawatir bercampur dengan al-Qur’an
C.       Sahabat belum ada yang bisa menulis
D.       Hadis masih dihafal oleh para sahabat
E.        Masih belum ada budaya tulis menulis
12.    Periwayatan denganmemakailafadh
وجدت في كتاب فلان ...
Adalah periwayatan yang di dapat dengan …
A.       as sama’
B.       al qira’ah ‘alasysyaikh
C.       al washiyah
D.       I’lamusysyaikh
E.        al wijadah
13.    Hadis yang diriwayatkan tidak kurang dari dua perawi dalam setiap tingkatan sanad disebut …
A.       hadits masyhur
B.       hadits gharib
C.       hadits ‘aziz
D.       hadits mustafid
E.        hadits mumfarid
14.    Ilmu el jarh wa el ta’diel  adalah ilmu yang membahas tentang keadaan perawi dari sisi …
A.       adilnya
B.       diterima dan ditolak riwayatnya
C.       jarhnya
D.       diterima  riwayatnya
E.        ditolak riwayatnya
15.    Devinisi Hadits Ahad ialah …
A.       hadits yang diriwayatkan oleh tiga rowi atau lebih dan tidak sampai pada batas mutawatir
B.       hadits yang diriwayatkan oleh sejumlah orang yang tidak sepakat bohong
C.       hadits yang diriwayatkan oleh sejumlah orang yang jumlahnya tidak memungkinkan terjadinya kebohongan.
D.       hadits yang diriwayatkanolehsejumlahrowi yang kurangdari 3 orang
E.        hadits yang diriwayatkantidakmemenuhisyarat-syaratmutawatir
16.    Karya Imam Muslim yang paling populer adalah ...
A.       Kitab al Jami’ al Shahih
B.       Kitab al Musnad al Shahih
C.       Kitab al Sunan al Shahih
D.       Kitab al Hadits al Shahih
E.        Kitab al Sunnah al Shahihah
17.    Yang membedakan antara Al-Qur’an dan hadits Qudsi adalah:…
A.       Al-Qur’an diriwayatkan dg makna sedang Hadis Qudsi tidak
B.        Lafadz al-Qur’an bukan mu’jizat,sedang Hadits Qudsi mu’jizat
C.        Al-Qur’an makna dan lafadnya dari Allah SWT,  sedang Hadits Qudsi lafadnya dari Rasulullah.
D.       Al-Qur’an tdk selalu mutawatir,sedang Hadits Qudsi Mutawatir
E.        Al-Qur’an dibaca di awal sholat, sedang Hadits Qudsi di akhir
18.    Nama lengkap Imam Nasa’i ialah ...
A.       Abu Abdillah Muhammad bin Isma’il
B.       Abul Husain Muslim bin Al Hajjaj
C.       Abu Abdillah Muhamma bin Yazid
D.       Abu Abdirrahman Muhammad bin Syu’aib
E.        Abu Isa Muhammad bin Isa
19.    Imam Abu Dawud dilahirkan di kota ...
A.       Sijistan
B.       Bukhara
C.       Buchares
D.       Budhapest
E.        Esfahan
20.    Di bawah ini yang merupakan criteria hadis maqbul, adalah …
A.       memiliki sanad yang terputus
B.       hadis yang telah sempurna syarat-syarat penerimaannya
C.       perawi hadis pernah berdusta
D.       matan hadis bertentangan dengan ijma’
E.        rawi hadis dipertanyakan ketsiqahannya
21.    Periwayatan dengan memakai lafadh
أخبرنى الشيخ وصية       
Adalah periwayatan yang di dapat dengan …
A.       as sama’
B.       al qira’ah ‘alasy syaikh
C.       al wijadah
D.       I’lamusy syaikh
E.        al washiyah
22.    Seorang hafidz hadis sengaja mengeluarkan matan hadis dari kitab tertentu, kemudian meriwayatkannya dengan sanadnya sendiri. Kitab yang memuat hadis-hadis semacam ini dinamakan kitab …
A.       Al-Masanid
B.       Al-Mustakhraj
C.       As-Sunan
D.       Al-Mustadrakat
E.        Al-Jami’
23.    Hadis mutawatir, masyhur, aziz, dan gharib termasuk kelompok hadis yang ditinjau dari sisi …
A.       ketsiqohan perawi
B.       ketersambungan sanad
C.       kwalitas sanad
D.       penyandarannya
E.        jumlah perawi
24.    Hadits Hasan ada dua macam, yaitu ...
A.       Hasan li nafsihi dan Hasan li ghairihi
B.       Hasan li ghairihi dan Hasan bi nafsihi
C.       Hasan li dzatihi dan Hasan li ghairihi
D.       Hasan bi nafsihi dan Hasan bi ghairi  nafsihi
E.        Hasan Shohih dan Shohih Hasan
25.    Nama lain hadis masyhur adalah …
A.       Gharib nisbi
B.       Mustafidz
C.       Mutawatir
D.       Aziz
E.        Gharib muthlaq
26.    Nama lengkap Imam Abu Daud adalah ...
A.       Abu Daud Sulaiman ibn al Asy’as ibn Basyir ibn Syidad ibn Amran al Azdi As Sijistani
B.       Ahmad ibn Syu’aib ibn Ali ibn Bahr ibn Sinan
C.       Abu Abdirrahman Muhammad bin Syu’aib
D.       Abu Sulaiman Daud ibn al Asy’as ibn Basyir ibn Syidad ibn Amran al Azdi As Sijistani
E.        Abu Daud Abdirrahman Muhammad bin Syu’aib
27.    Kitab yang berisi hadis-hadis yang urutannya disusun sesuai dengan urutan rawi yang paling atas (thabaqat shahabat) disebut kitab …
A.       Al-Jami’
B.       Al-Musannaf
C.       Al-Mustadrak
D.       Al-Mustakhraj
E.        Al-Musnad
28.    نعم العبدُ صَهِيْبٌ لَو لم يخف اللهَ لَم يَعْصِيْهِ         
Hadits di atas adalah hadits masyhur dikalangan …
A.       ulama’ hadits
B.       ulama’ fiqih
C.       ulama’ nahwu
D.       ulama’ ushul fiqh
E.        masyarakat awam
29.    Di antara cara untuk mengetahui ke’adilan seorang rowi adalah …
A.       pujian dari masyarakat
B.       kekuatan hafalannya
C.       pujian dari seorang yang adil
D.       ketidakfanatikannya
E.        kejujurannya
30.    Dibawah ini potongan hadis yang mendasari bahwa membicarakan nikmat Allah itu bentuk syukur dan meninggalkannya itu kufur adalah …
A.       التحدث بنعمة الله شكر و تركها كفر
B.       انظروا الى من اسفل منكم
C.       و لا تنظروا الى من هو فوقكم
D.       فهو اجدر ان لا تزدروا نعمة الله
E.        و من لم يشكر الناس لم يشكر الله
31.    Pengertian amar ma’ruf adalah …
A.    melarang untuk berbuat kejelekan
B.     memerintahkan agar beribadah kepada Allah
C.     memerintahkan kebaikan
D.    melarang berbuat kemungkaran
E.     memerintahkan agar bertanggung jawab
32.    Di antara kelebihan ShahihMuslim dibanding ShahihBukhari adalah ...
A.       Shahih Muslim bersambung sanadnya
B.       Shahih Muslim terdapat semua jenis hadits
C.       Shahih Muslim terbukukan
D.       Shahih Muslim lebih sistimatis
E.        Shahih Muslim terdapat istimbath fiqh
33.    Porsi perut seseorang untuk makanan adalah ...
A.       sepertiga
B.       duapertiga
C.       seperdua
D.       semakin sedikit semakin baik
E.        semakin banyak semakin baik
34.    Sikap yang benar dalam menghadapi pemimpin yang durhaka kepada Allah adalah …
A.       mentaati kepemimpinannya
B.       membenci pemimpin yang durhaka pada Allah
C.       membenci kedurhakaannya
D.       membangkangnya
E.        tidak mentaatinya 
35.    Di bawah ini potongan hadis yang mengandung arti memanfaatkan kesempatan waktu senggang sebelum sibuk adalah …
A.       حياتك قبل موتك
B.       صحّتك قبل سقمك
C.       شبابك قبل هرمك
D.       غناك قبل فقرك  
E.        فراغك قبل شغلك
36.    و من مات و ليس فيه عنقه بيعة مات ميتة جاهلية       
Hadis ini mengandung kajian tentang kewajiban …
A.       patuh kepada pemimpin
B.       berbakti kepada orang tua
C.       membentuk negara Islam
D.       pemimpin yang adil
E.        bertanggung jawab
37.    قبل أن تَدعُوا فَلاَ يُسْتَجَابَ             arti potongan hadis ini adalah …
A.       sebelum kamu berdo’a atas perbuatan orang mungkar
B.       sebelum kamu berdo’a untuk orang-orang yang mungkar
C.       sebelum kamu berdo’a atas perbuatan mungkar kamu
D.       sebelum kamu dido’akan orang ketika kamu sudah mati
E.        sebelum kamu berdo’a dan tidak dikabulkan
38.    Sarana untuk taat kepada Allah dapat dilihat dari tiga aspek tali ketaatan, yaitu …
A.       hablum minallah, hablum minannas, hablum minalmakhluq
B.       hablum minallah, hablum minannas, hablum minalkhaliq
C.       hablum minallah, hablum minannas, hablum minalalamin
D.       hablum minallah, hablum minannas, hablum mimman
E.        hablum minallah, hablum minannas, hablum minal ardi
39.    إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ ...     Lanjutan potongan hadis ini adalah ...
A.       صبر
B.       شكر
C.       بكا
D.       سر
E.        غضب
40.    وَ إِنَّ اللهَ اِذَا أَحَبَّ قَوْمًا ابْتَلاَهُمْ      maksud potongan hadis ini adalah …
A.       kecintaan Allah ada kaum sesuai besarnya pahala
B.       Allah selalu memberi pahala kepada orang yang dicintainya
C.       Allah selalu mencintai orang yang tertimpa bencana
D.       kecintaan Allah tergantung dengan ujian yang diberikannya
E.        Allah selalu menguji siapa saja yang dicintainya
41.    وَ مَنْ يَسْتَغْنِ يُغْنِهِ اللهُ      maksud dari potongan hadis ini adalah …
A.       orang yang merasa cukup Allah akan mencukupkannya
B.       orang yang kaya pasti cukup
C.       orang yang meminta kecukupan Allah akan mencukupkannya
D.       orang yang ingin kaya pasti Allah akan mengijabahi do’anya
E.        Allah  mencukupkan orang yang kaya
42.    Potongan hadis di bawah ini yang mengandung makna bahwa setiap pembantu bertanggung jawab atas harta majikannnya adalah …
A.       كُلُّكُمْرَاعٍوَمَسْئُولٌعَنْرَعِيَّتِه
B.       وَالْخَادِمُفِيمَالِسَيِّدِهِرَاعٍوَهُوَمَسْئُولٌعَنْرَعِيَّتِه
C.       فَالْإِمَامُرَاعٍوَمَسْئُولٌعَنْرَعِيَّتِهِ
D.       وَالْمَرْأَةُفِيبَيْتِزَوْجِهَارَاعِيَةٌوَهِيَمَسْئُولَةٌعَنْرَعِيَّتِهَا
E.        وَالرَّجُلُفِيأَهْلِهِرَاعٍوَهُوَمَسْئُولٌعَنْرَعِيَّتِه
43.    أَتَدْرِى ما قَطَعْتَ له إِنّما قَطَعْتَ له المَاءَ العِدَّ   
Arti kata yang bergaris bawah adalah …
A.       apakah kamu tahu
B.       kamu tidak tahu
C.       saya tidak tahu
D.       saya tidak mengetahui kamu
E.        kamu tidak mengetahui
44.    إذَا رَاَوْا المنكر لا لا يُغَيِّرُونَهُ اوشَكَ ان يَعُمّهُمْ اللهُ بِعِقَابِهِ 
Ini adalah dalil yang membuktikan bahwa .
A.       Allah mengadzab orang mungkar di dunia dan akherat
B.       Allah mengadzab orang yang melakukan kemungkaran
C.       Allah mengadzab orang yang tidak mau da’wah secara umum
D.       Allah mengadzab orang yang berda’wah tanpa ilmu
E.        Allah mengadzab orang yang meninggalkan kemungkaran
45.     
عن رجل من الصحابة قال : غزوت مع النبي صلى الله عليه وسلم فسمعته يقول : الناس شركاء في ثلاثة : الكلأ والماء والنار( رواه أحمد وأبو داود )

Kata yang bergarisbawah bermakna ...
A.       hutan
B.       lahan
C.       api
D.       air laut
E.        gas alam
46.    انظروا الى من هو اسفل منكم   Kandunganpotonganhadis iniadalah ...
A.       lihat orang yang lebih tinggi darimu dalam urusan dunia
B.       lihat orang yang lebih rendah darimu dalam urusan dunia
C.       lihat orang yang lebih rendah darimu dalam urusan akhirat
D.       lihat kebahagian orang lain dalam urusan dunia
E.        lihat kesengsaraan orang lain dalam urusan akhirat
47.    إِنّ المُقْسِطِيْنَ عِند اللهِ على مَنَابِرَ مِن نُورِ الذِيْنَ يَعْدِلُونَ فى حُكْمِهِمْ و اَهْلِيْهِم و مَا وَلُوْا (رواه مسلم)
Menurut hadis di atas, pemimpin yang baik adalah yang …
A.       bertanggung jawab dan dipercaya untuk mengemban tugas
B.       mampu menempatkan antar urusan pribadi dan golongan
C.       bijaksana dalam member keputusan pengadilan
D.       amanah karena telah berperilaku adil dan dipercaya
E.        adil dalam hukum, keluarga, dan dalam melaksanakan tugas
48.   فإن لم ... فبلسانه
A.       يستطيع
B.       أستطع
C.       نستطع
D.       يستطع
E.        تستطع
49.      و أَبْغَضَ الناسِ الى اللهِ و أَبْعَدَهُم مِنهُ مَجْلِسًا إِمَامٌ جَائِرٌ
Kata yang bergaris bawah artinya adalah …
A.       bertanggung jawab
B.       adil
C.       berani karena benar
D.       dzalim
E.        jujur
50.    Hakekat taat adalah melaksanakan sesuatu yang diperintahkan. Dan lawannya ma’shiyat artinya menyimpang dari perintah. Ini adalah pengertian taat menurut …
A.       Abu Hasan al-Asy’ari
B.       At-Tabari
C.       Al-Qurtubi
D.       Hasan al-Bana
E.        Jumhur Ulama’


Tidak ada komentar:

Posting Komentar