TRY OUT MANDIRI I
MADRASAH ALIYAH AL-HIDAYAH KENDAL
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
KODE : 04
Mata pelajaran : Tafsir Hari,
tanggal :
Kelas : XII Keagamaan Waktu : 120 menit
Pilihlahjawaban yang paling benarpadapilihan A,
B, C, D atau E !
- Pembukuan Al-Qur’an padamasakhalifah Utsman bin Affandiusulkan oleh sahabat….
a. Zaid bin tsabit
b. Umar bin Khathab
c. Abu Musa Al-Asy’ari
d. Yahya bin Ya’mar
e. Hudzaifah bin Al-Yaman
- Dibawahini, yang tidak termasuk marja’ dlamir ghaib sebelum dlamir adalah.......
a. berupalafadz yang muthabiq (sesuai)
b. berupadilalahdarilafadztertentu
c. berupasiyaqulkalam
d. berupakandungandarilafadztertentu
e. berupalafadz yang tidaknampak yang ditunjukkanoleh kata tertentu
- Lafadz الريح dan الرياح mufrad dan jamak mengandung makna berbeda. Perbedaannya adalah......
a. Riih berarti angin rahmat dan Riyaah berarti Angin musibah
b. Riih berarti angin taufan dan Riyaah berarti Angin musibah
c. Riih berarti angin yang mendatangkan kesenangan dan Riyaah berarti angin
yang mendatangkan kesedihan
d. Riih berarti angin musibah dan Riyaah berarti Angin nikmat dan rahmat
e. Riih berarti angin kecil dan Riyaah berarti Angin kencang
- Perhatikan QS Al Maidah : 8
فلو لا إذا بلغت الحلقوم
Dlamir ta’ taknis as-sakinah marja’nya setelah
dlamir yaitu ......
a. berupalafadz yang muthabiq
b. berupadilalahdarilafadztertentu
c. berupasiyaqulkalam
d. berupakandungandarilafadztertentu
e. berupalafadz yang tidaknampak yang ditunjukkanoleh kata tertentu
- Perhatikan QS Fathir : 28 !
إنما يخشى الله من عباده العلماء
Yang dimaksud ulama’ dalam ayat tersebut
adalah.....
a. Orang yang mengerti kitab-kitab kuning dan mengajarkan kepada umatnya
b. Orang yang mengerti tentang alam dan merenungi kebesaran Allah
c. Orang yang jenjang pendidikannya tinggi
d. Orang yang memiliki banyak ilmu tentang agama Islam
e. Orang yang memahami al Qur’an dan Hadits.
- Lafadzالسماء danالسموات mufrad dan jamak mengandung makna berbeda. Perbedaannya adalah.........
a. السماء
berarti tempat dan arah; sedang السموات berarti jumlah yang menunjukkan keagungan
Allah
b. السماء
berarti satu; sedang السموات berarti banyak
c. السماء
berarti jumlah yang menunjukkan keagungan Allah; sedang السموات berarti tempat dan arah
d. السماء
berarti atas; sedang السموات berarti tingkatan
e. السماء
berarti petunjuk keesaan Allah; sedangالسموات berarti petunjuk keagungan Allah
- Perhatikan QS. An-Nahl : 66.
و إن لكم في الأنعام لعبرة نسقيكم
مما في بطونه من بين فرث و دم لبنا خالصا سائغا للشاربين
Maksud dari ayat diatas sebagai berikut, kecuali.....
a. Manusia bisa mengambil pelajaran dari binatang
b. Manusia diwajibkan minum minuman yang bergizi dari binatang
c. Diantara kotoran binatang terdapat hal yang sangat bermanfaat bagi tubuh
manusia
d. Air susu mengandung gizi tinggi
e. Binatang adalah makhluk yang difasilitaskan oleh Allah untuk kepentingan
manusia.
- Tafsir yang menafsirkanayat al-Qur’an ayat demi ayat, surat demi surat, secarakeseluruhansesuaidenganurutanmushafdisebuttafsir…..
a. tafsirbilma’tsur
b. tafsirbilma’qul
c. tafsirmaudlu’i
d. tafsirtahlili
e. tafsiradaby
- Teori-teori ilmiah semakin hari bertambah semakin banyak yang ditemukan oleh manusia, hal ini dikarenakan sudah merupakan janji Allah untuk memperlihatkannya kepada manusia, ayat yang menjelaskan tentang janji Allah tersebut adalah.......
a.
الله الذي سخر لكم البحر لتجري الفلك فيه بأمره و
لتبتغوا من فضله و لعلكم تشكرون
b.
سنريهم آياتنا في الآفاق و في أنفسهم حتى يتبين لهم أنه
الحق
c.
ألا إنهم في مرية من لقاء ربهم ألا إنه بكل شيئ محيط
d.
هو الذي خلق لكم ما في الأرض جميعا ثم استوى إلى السماء
فسواهن سبع سموات
e.
ألم تر أن الله أنزل من السماء ماءا فأخرج به ثمرات
مختلف ألوانها و من الجبال جدد بيض
- Ayat yang berkaitan dengan tata cara penyelesaian perselisihan dari ayat-ayat dibawah adalah ...............
a.
يا أيها الذين آمنوا لا تتخذوا الذين اتخذوا دينكم هزوا
b.
و إن طائفتان من المؤمنين اقتتلوا فأصلحوا بينهما
c.
ألم تر أن الله أنزل من السماء ماءا فأخرج به ثمرات
مختلف ألوانها و من الجبال جدد بيض
d.
ألا إنهم في مرية من لقاء ربهم ألا إنه بكل شيئ محيط
e.
سبحانك لا علم لنا إلا ما علمتنا
- Kekayaan adalah bukan syarat seorang pemimpin. Ayat yang berkaitan dengan pernyataan diatas adalah.....
a.
وقال لهم نبيهم إن الله قد بعث لكم الطالوت ملك
b.
قالوا أنى يكون له الملك علينا و نحن أحق بالملك منه و
لم يؤت سعة من المال
c.
قال إن الله اصطفاه عليكم و زاده بسطة في العلم و الجسم
d.
و الله يؤتى ملكه من يشاء و الله واسع عليم
e.
و قاتلوا في سبيل الله و اعلموا أن الله سميع عليم
- Ilmu yang digunakan untuk memahami kitab Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad dan menjelaskan makna-maknanya serta mengeluarkan hukum-hukum dan hikmahnya adalah definisi tafsir menurut......
a.
Zarkasyi
b.
As-Suyuthi
c.
Zarqani
d.
Manna’ al Qaththan
e.
Abu Hayyan
- Perhatikan QS An-Nisa’ : 58
إن الله يأمركم أن تؤدوا الأمانات
إلي أهلها و إذا حكمتم بين الناس أن
تحكموا بالعدل إن الله نعما يعظكم به
إن الله كان سميعا بصيرا
Terjemahan kata yang bergaris bawah adalah......
a. Sesungguhnya nikmat yang baik adalah berupa nasehat
b. Sesungguhnya nasehat Allah adalah kenikmatan bagimu
c. Sesungguhnya Allah memberi nikmat kepadamu berupa nasehat
d. Sesungguhnya Allah memberi nasehat yang sebaik-baiknya kepadamu dengan
keadilan
e. Sesungguhnya Allah memberi nikmat yang kepada kamu sekalian
- Perhatikan QS An-Nahl : 125
أدع إلى سبيل ربك بالحكمة و الموعظة الحسنة و جادلهم
بالتي هي أحسن
Penafsiran kata الحكمةadalah......
a. Hukum-hukum Allah dalam al Qur’an
b. Ajaran agama Islam dalam Al-Qur’an dan hadits
c. Kebijaksanaan dengan nasehat dan argumentasi
d. Hikmah-hikmah pensyariatan
e. Keadilan dalam menentukan hukum
- Perhatikan QS. Al-Baqarah: 172.
يآ أيها الذين آمنوا كلوا من طيبات
ما رزقناكم و اشكروا لله إن كنتم إياه تعبدون (۱۷۲)
Ayat diatas mencakup sebagai berikut, kecuali......
a. Makan makanan yang halal
b. Bekerja dengan cara yang halal
c. Menggunakan harta untuk bekal kebahagiaan akhirat
d. Mensyukuri hasil kerja dengan beribadah
e. Giat bekerja dalam mencari harta
- Ta’wil menurut bahasa adalah.....
a.
berkumpul
b.
kembali
c.
menjelaskan
d.
menyajikan
e.
menampakkan
- Syarat-syarat terjemah adalah sebagai berikut kecuali.....
a.
Mengetahui bahasa asal dan
bahasa terjemah
b.
Mengetahui karakteristik
bahasa asal dan bahasa terjemah
c.
Penerjemah harus hafal
makna mufradatnya
d.
Harus ada kesesuaian makna
antara bahasa asli dan bahasa terjemah
e.
Bentuk tarjamah harus
terpisah
- Perhatikan QS Abasa : 18 :
من أي شيئ خلقه
Penggunaan bentuk ifrad dalam ayat tersebut
menunjukkan......
a. تعظيم
b. تحقير
c. تقليل
d. تكثير
e. ارادة النوع
- Perhatikan QS Al Maidah : 8
و لا يجرمنكم شنئان قوم على الّا
تعدلوا إعدلوا هو أقرب للتقوى
Marja’ dlamir هو adalah sebelum dlamir berupa .....
a. Lafadz yang muthabiq dari lafadz إعدلوا
b. Tadlamun lafadzإعدلوا
c. yang ditunjukkan oleh lafadzإعدلوا
d. yang merupakan keharusan dari lafadz إعدلوا
e. Lafadz العدل
- Dibawah ini adalah faedah mengetahui asbabu nuzul, kecuali....
a. Mengetahui hikmah diundangkannya hukum.
b. Mengetahui proses pensyariatan hukum
c. Mengkhususkan lafadz umum
d. Membantu memahami makna al-Qur’an dan menyingkap kesamaran yang
tersembunyi
e. Mengambil suri tauladan dari kejadian sebelum turunnya ayat.
- Perbedaanantaratafsirdanilmutafsiradalah…..
a. Tafsirberisitentangpenjelasankalam, ilmutafsirtentangpengamalan
al-Qur’an
b. Tafsirterisitentangkaidahdalammenjelaskan,
ilmutafsirtentangprakteknya
c. Tafsirberisitentanghakekatkalam, ilmutafsirtentangpenjelasan
d. Tafsirberisitentangkaidahtafsir, ilmutafsirtentangkaidah
al-Qur’an.
e. tafsirberisitentangpenjelasan,
ilmutafsirberisitentangkaidahuntukmenjelaskan.
- Perhatikan QS. Al-Baqoroh: 173.
إنما حرّم عليكم الميتة و الدّم و
لحم الخنزير و ما أهلّ به لغير الله فمن اضطرّ غير باغ و لا عاد فلا اثم عليه إنّ
الله غفور رحيم (۱۷۳)
Menurut ayat diatas syarat makan makanan haram
ketika dalam keadaan darurat adalah.....
a. Daruratnya menyebabkan mati
b. Tidak diceritakan kepada orang lain
c. Tidak berlebihan dan tidak membiasakan
d. Jika tidak ada alternatif lainnya untuk dimakan
e. Makanannya berupa makanan yang tidak biasa dimakan oleh orang pada
umumnya.
- Dibawahiniadalahnama-namasahabat yang terkenalsebagaiahlitafsir, kecuali…..
a. Abdullah bin Abbas
b. Abdullah bin Umar
c. Abdullah bin mas’ud
d. Abdullah bin Abu
Bakar
e. Umar bin Khaththab
- Ciri-ciritafsirpadamasasahabatadalahdibawahinikecuali……
a. tidakmenafsiri al-Qur’an secarakeseluruhan
b. tafsirnyamasihditulisdibenda-benda
c. cukupmenjelaskanmaknamufrodat
d. masihberupahadits yang tersebarsecaralisan
e. sedikitperbedaanpendapatdalammenafsiriayat al-Qur’an
- Ayat yang menjelaskan tentang tidak boleh memilih pimpinan yang menggunakan agama hanya digunakan sebagai kedok kampanye adalah......
a. و إذا قيل لهم تعالوا إلى ما انزل
الله و إلى الرسول رأيت المنافقين يصدون عنك صدودا
b. إن الله يأمركم أن تؤدوا الأمانات
إلي أهلها
c. يا أيها الذين آمنوا لا تتخذوا الّذين
اتخذوا دينكم هزوا
d. و إذا حكمتم بين الناس أن تحكموا
بالعدل
e. و المؤمنون و المؤمنات بعضهم أو
لياء بعض
- Perhatikan QS Al-Ma’arij : 40.
فلا اقسم برب المشارق و المغارب
Kata المشارق و المغاربadalah bentuk jamak yang
berarti.........
a. Arah timur dan barat
b. Waktu terbit dan terbenamnya matahari
c. Siang dan malam silih berganti
d. Terang dan gelap
e. Waktu dimulai dan berakhirnya musim panas dan musim dingin
- Kitab tafsir al-Qur’an al-Adzim adalah kitab yang ditulis oleh Ibnu Katsir yang menggunakan methode.....
a. Tafsir Maudlu’i
b. Tafsir Tahlili
c. Tafsir bi al ma’tsur
d. Tafsir bi al ma’qul
e. Tafsir bi diroyah
- Perhatikan QS Fathir : 4:.
و إن كذبوك فقد كذبت رسل من قبلك و
إلى الله ترجع الأمور
Kata رسل
adalah bentuk nakirah yang fungsinya untuk menunjukkan makna.....
a. التكثير
b. إرادة الوحدة
c. التعظيم
d. التكثير و التعظيم
e. إرادة النوع
- Perhatikan QS Al-Baqoroh : 2 berikut:.
ذلك الكتاب لا ريب فيه
Tujuan penggunaan bentuk makrifat dalam ayat diatas
adalah.....
a. للتعظيم
b. للتكثير
c. للإهانة
d. لقصد تعظيمه بالبعد
e. لبيان حاله في البعد
- Letak marja dlamir mukhathab dan mutakallim adalah.......
a. berhadapan
b. Sebelum dlamir
c. setelah dlamir
d. Berupa petunjuk
e. berupa siyaqul kalam
- Salah satu kitab tafsir adalah Mafatihu l Ghaib yang banyak membicarakan tentang matematika, falakiyah, teori alamiyah, dan falsafat, penulisnya bernama......
a.
Imam Fakhrur Razi
b.
Ibu al fida’ bin Katsir
c.
Jalaluddin as-Suyuthi
d.
Az-Zamakhsyari
e.
Abu Hayan
- Perhatikan beberapa kutipan ayat dibawah ini!
1.
قل هو الله أحد (الإخلاص : ۱)
2.
فأوجس في نفسه خيفة موسى (طه : ٦۷)
3.
و نادى نوح أبنه (هود : ۶۲)
4.
فمن عفي له من أخيه شيئ فاتباع بالمعروف و أداء إليه
بإحسان
Dari ayat-ayat tersebut diatas, ayat yang marja’
dhamirnya sebelum dlamir adalah ayat nomor.....
a. 1 dan 4
b. 1 dan 2
c. 1 dan 3
d. 2 dan 4
e. 3 dan 4
- Perbedaan antara خوفdan خشيةadalah ........
a. خوف lebih ringan dan خشية lebih berat
b. خوف lebih berat dan خشية lebih ringan
c. خوف takut pada hewan dan خشية takutnya pada peraturan
d. خوف takutnya terlalu dan خشية hanya berarti segan
e. خوف takutnya pada Allah dan خشية takutnya pada makhluk
- QS. Yunus : 15.
قل ما يكون لي ان أبدله من تلقاء
نفسي
QS. Yunus
ائت بقرآن غير هذا او بدله
Ayat pertama adalah jawaban dari ayat kedua dimana
bentuk jawabannya adalah.......
a. Muthabiq (sesuai dengan soal)
b. Lebih umum dari soal
c. Lebih sedikit dari soal
d. Tidak sesuai dengan soal
e. Tidak sesuai tapi mencukupi
- Perhatikan QS Al Baqoroh : 223
نساءكم حرث لكم فأتوا حرثكم أنى
شئتم
Asbabu Nuzul dari ayat
diatas banyak riwayat yang saling bertentangan antara yang satu dengan yang
lain, yang paling benar adalah memilih.....
a. قال أبن عمر الأية نزلت في إتيان
النساء في أدبارهن
b. قال جابر كنت اليهودية تقول إذا
أتى الرجل امرأته من خلفها جاء الولد أحول فنزلت نسائكم حرث لكم
c. قال أبو جعفر : كنت أمرأة سألت
النبي عن الجماع فقال النبي نسائكم حرث لكم
d. قال الزهري : أحسب هذه الآية نزلت
في سؤال اليهودية عن إتيان من خلفها
e. قال إبن المسيب : لا أحسب الآية
نزلت إلا في إمرأة اليهودية
- Kitab tafsir yang banyak membahas tentang nahwu, sharaf, dan kaidah bahasa arab dan bahkan sering digunakan sebagai referensi untuk membahas nahwu sharaf dari pada digunakan sebagai referensi dalam menafsiri ayat al-Qur’an yang ditulis oleh Abu Hayan adalah.......
a. Al-Kasyaf
b. Al-Bahru Al-Muhith
c. Mafatihu Al-Ghaib
d. Madariku Tanzil Wa Haqoiqu Ta’wil
e. Al-Muharrar Al-Wajiz
- Berikut ini termasuk tafsir bil ma’tsur kecuali.....
a. Jami’ul bayan fi tafsiri al-Qur’an
b. Al-Muharrar al-Wajiz
c. Tafsir Ibnu Katsir
d. Bahrul muhith
e. Al-Kasyfu wa al-bayan
- Alasan yang melatarbelakangi kemunculan tafsir bil ra’yi adalah.....
a. Logika manusia dengan menemukan kebenaran
b. Tafsir bi ra’yi lebih sesuai dengan zaman
c. Tafsir bi ra’yi lebih baik dari pada tafsir bil ma’tsur
d. Kemampuan ulama dalam menafsirkan al-Qur’an menggunakan riwayat
berkurang.
e. Tidak semua ayat al-qur’an dijelaskan penafsirannya oleh Rasulullah
- Perhatikan QS. Az-Zumar : 21.
إن في ذالك لذكرى لأولى الألباب
Isim mufrod dari lafadz الألباب adalah......
a. الألب
b. القلوب
c. اللبيب
d. اللب
e. اللبابة
- Berikut ini adalah tokoh-tokoh dari sahabat Nabi yang dijadikan sandaran dalam ilmu qira’at, kecuali......
a. Ubay bin Ka’ab
b. Usman bin Affan
c. Abu Darda’
d. Ibnu Syihab Az-Zuhri
e. Ali bin Abi Tholib
- Yang dijadikan pedoman dalam memastikan qira’ah yang benar adalah sebagai berikut, kecuali......
a. sanadnya sambung
b. sesuai dengan kaidah bahasa arab
c. sesuai dengan salah satu mushaf Usmani
d. sanadnya shahih
e. sanadnya mutawatir
- Qari’ yang terkenal yang berasal dari Madinah adalah.......
a. Imam Nafi’
b. Imam ibnu Katsir
c. Imam Ashim
d. Imam al-Kisa’i
e. Imam Hamzah
- Contoh ayat yang qira’ah ghairu shahihah adalah.....
a. لَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَنْ
تَبْتَغُوْا فَضْلاً مِنْ رَبِكُمْ
b. مُتَّكِئِيْنَ عَلَى رَفَارِفِ
خُضْرٍ وَ عَبَاقَرِيِ حِسَانٍ
c. إِذَا نُوْدِيَ لِلصَلاَةِ مِنْ
يَوْمِ الجُمْعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللهِ
d. مَلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ
e. لَقَدْ جَاءَكمُ ْرَسُوْلٌ مِنْ
أَنْفُسِكُمْ
- Perhatikan QS Al Baqoroh : 222
فاعتزلوا النساء في المحيض و لا
تقربوهن حتى يطهرن
Penafsiran lafadz يَطْهُرْنَtanpa tasydid adalah.....
a. Berhenti darah haidnya
b. Mandi janabah
c. Berwudlu
d. Sudah tidakpernah haidl lagi
e. Berhenti istihadlahnya
- Dibawah ini adalah cara-cara memilih (mentarjih) jika riwayat tentang asbabu nuzulnya banyak, kecuali.....
a. jika sighatnya sama-sama muhtamal maka semua tidak dianggap sebagai
asbabu nuzul,
b. jika sighatnya yang satu sharih dan yang lain muhtamal maka yang diambil
yang sharih
c. jika sighat yang satu sighatnya sharih namun sanadnya hasan, dan yang
lain sighatnya muhtamal tapi sanadnya shahih, maka diambil yang lebih shahih.
d. jika sighat yang satu sighatnya sharih namun sanadnya hasan, dan yang
lain sighatnya muhtamal tapi sanadnya shahih, maka diambil yang hasan
e. Jika sighatnya sama-sama sharih dan sanadnya sama-sama shahih maka ditarjih
dari segi-segi yang lain.
- Tafsirmulaipembukuan tafsir pertama kali adalah sejakmasapemerintahankhalifah…..
a. Abdul malik bin marwan
b. Musthafakamalataturk
c. Ali bin AbiTholib
d. Umar bin Khatab
e. Umar bin Abdul Aziz
- Jika ada orang yang sangat berkeinginan untuk menguasai ilmu tentang service HP, lantas ia datang kepada dukun, kemudian disarankan oleh dukunnya agar memakan kertas yang bertuliskan surat Yasin dengan tinta yang membahayakan bagi tubuhnya. Perbuatan orang memakan kertas tersebut adalah haram, dasar pengharamannya adalah.....
a. وكلوا مما رزقكم الله حلالا طيبا
b. إنما حرم عليكم الميتة والدم و لحم
الخنزير و ما أهل به لغير الله
c. فمن اضطر غير باغ و لا عاد فلا إثم
عليه
d. ولا تعتدوا إن الله لا يحب
المعتدين
e. لا تحرموا طيبات ما أحل الله
- Maksud kata yang bergaris bawah dari QS. Al Baqoroh : 219 berikut ini adalah.......
يسئلونك ماذا ينفقون قل العفو
كذلك يبين الله لكم الآيات
a. Sisa dari yang dibutuhkan untuk hidup
b. Pengampunan dari Allah
c. Maaf dari orang yang didzalimi
d. Memberi maaf pada orang yang berbuat kesalahan
e. Memintakan ampun pada Allah atas orang yang telah berbuat dosa
- Pak Darmo menyembelih kerbau untuk diambil kepalanya dan digantung dipohon besar ditengah gerumbul di dekat telaga, karena pak Darmo ingin cepat kaya. Daging kerbau tersebut adalah haram dimakan, adapun dasar pengharamannya adalah....
a. يسئلونك عن الخمر و الميسر قل
فيهما إثم كبير و منافع للناس و إثمهما أكبر من نفعهما
b. فمن اضطر غير باغ و لا عاد فلا إثم
عليه
c. و من الثمرات النخيل و الأعناب
تتخذون منه سكرا و رزقا حسنا
d. يآ أيها الذين آمنوا إنما الخمر و
الميسر و الأنصاب و الأزلام رجس من عمل الشيطان
e. إنما حرم عليكم الميتة و الدم و
لحم الخنزير و ما إهل لغير الله
- Dibawah ini yang bukan termasuk sighat asbabu nuzul adalah......
a. أحسب نزول هذه الآية في كذا
b. نزلت هذه الآية في كذا
c. الآية سبب نزول كذا
d. حدث كذا فنزلت الآية
Tidak ada komentar:
Posting Komentar