TRY OUT MANDIRI KE SATU
MADRASAH ALIYAH AL-HIDAYAH
KENDAL
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
KODE : 06
Mata pelajaran : Tafsir Hari,
tanggal :
Kelas : XII Keagamaan Waktu : 120 menit
Pilihlahjawaban yang paling benarpadapilihan A,
B, C, D atau E !
- Perhatikandefinisiberikut:.
التفسير هو شرح القرآن و بيان
معناه و الإفصاح بما يقتضيه بيصه او إشارته أو نحواه
Makna tafsir yang sesuai
dengan definisi diatas adalah......
a.
Pemahaman secara
komprehensif tentang kitab Allah dan penjelasan makna yang dalam.
b.
Menjelaskan al-Qur’an,
menerangkan maknanya, atau menjelaskan apa yang dikehendaki nash, isyarat,
serta tujuannya.
c.
Membahas mengenai cara
pengucapan kata-kata al-Qur’an serta mengungkapkan petunjuk dan makna-makna
yang terkandung dalam al-Qur’an
d.
Menjelaskan dan memahami
makna-makna kitab Allah yang diturunkan kepada Nabi, serta menyimpulkan
kandungan hukum.
e.
Menjelaskan kata yang
sukar dipahami, selanjutnya berusaha mengemukakan makna yang mendekatinya
- Orang yang membukukankitabtafsir yang pertama kali yang hinggasekarangkitabnyamasihadaadalah………..
a.
Abdul malik bin marwan
b.
IbnuJarir At-Thabari
c.
Musthafakamalataturk
d.
Ibnu Abbas
e.
Imam Nafi’ al Madiny
- Perhatikan QS. Al-Baqarah: 173.
إنما حرم عليكم الميتة و الدم و
لحم الخنزير و ما أهل به لغير الله فمن اضطر غير باغ و لا عاد فلا اثم عليه إن
الله غفور رحيم (۱۷۳)
Menurut ayat diatas syarat
makan makanan haram ketika dalam keadaan darurat adalah.....
a.
Tidak berlebihan dan tidak
membiasakan
b.
Daruratnya menyebabkan
mati
c.
Tidak diceritakan kepada
orang lain
d.
Jika tidak ada alternatif
lainnya untuk dimakan
e.
Makanannya berupa makanan
yang tidak biasa dimakan oleh orang pada umumnya.
- Ciri-ciritafsirpadamasasahabatadalahdibawahinikecuali……
a.
tidakmenafsiri al-Qur’an
secarakeseluruhan
b.
cukupmenjelaskanmaknamufrodat
c.
tafsirnyamasihditulisdibenda-benda
d.
masihberupahadits yang
tersebarsecaralisan
e.
sedikitperbedaanpendapatdalammenafsiriayat
al-Qur’an
- Perhatikan QS Fathir : 28 !
إنما يخشى الله من عباده العلماء
Yang dimaksud ulama’ dalam
ayat tersebut adalah.....
a.
Orang yang mengerti
kitab-kitab kuning dan mengajarkan kepada umatnya
c.
Orang yang memiliki banyak
ilmu tentang agama Islam
d.
Orang yang mengerti
tentang alam dan merenungi kebesaran Allah
e.
Orang yang memahami al
Qur’an dan Hadits.
- Dibawahiniadalahnama-namatabiin yang terkenalsebagaiahlitafsir, kecuali…..
a.
Thawus
b.
Sa’d bin al-Musayab
c.
Ibnu Syihab Az-Zuhri
d.
Abdullah bin Abbas
e.
Mujahid
- Perhatikan QS Fathir : 4:.
و إن كذبوك فقد كذبت رسل من قبلك و
إلى الله ترجع الأمور
Kata رسل adalah bentuk nakirah yang fungsinya untuk
menunjukkan makna .....
a.
التكثير و التعظيم
b.
التكثير
c.
التعظيم
d.
إرادة الوحدة
e.
إرادة النوع
- Dibawah ini adalah penafsiran dari QS. Al-Baqarah: 172, kecuali.......
يآ أيها الذين آمنوا كلوا من طيبات
ما رزقناكم و اشكروا لله إن كنتم إياه تعبدون (۱۷۲)
a.
Makan makanan yang halal
b.
Giat bekerja dalam mencari
harta
c.
Bekerja dengan cara yang
halal
d.
Menggunakan harta untuk
bekal kebahagiaan akhirat
e.
Mensyukuri hasil kerja
dengan beribadah
- Sahabat yang mengusulkanpembukuan Al-Qur’an padamasaAbu Bakaradalah….
a.
Zaid bin tsabit
b.
Abu Musa Al-Asy’ari
c.
Yahya bin Ya’mar
d.
Umar bin khathab
e.
Hudzaifah bin Al-Yaman
- Ayat yang menjelaskan tentang tidak boleh memilih pimpinan yang menggunakan agama hanya digunakan sebagai kedok kampanye adalah......
a.
و إذا قيل لهم تعالوا إلى ما انزل الله و إلى الرسول
رأيت المنافقين يصدون عنك صدودا
b.
إن الله يأمركم أن تؤدوا الأمانات إلي أهلها
c.
يا أيها الذين آمنوا لا تتخذوا الذين اتخذوا دينكم هزوا
d.
و إذا حكمتم بين الناس أن تحكموا بالعدل
e.
و المؤمنون و المؤمنات بعضهم أو لياء بعض
- Perhatikan QS An-Nisa’ : 58
إن الله يأمركم أن تؤدوا الأمانات
إلي أهلها و إذا حكمتم بين الناس أن
تحكموا بالعدل إن الله نعما يعظكم به
إن الله كان سميعا بصيرا
Terjemahan kata yang
bergaris bawah adalah......
a.
Sesungguhnya Allah memberi
nasehat yang sebaik-baiknya kepadamu dengan keadilan
b.
Sesungguhnya nikmat yang
baik adalah berupa nasehat adalah
c.
Sesungguhnya nasehat Allah
adalah kenikmatan bagimu
d.
Sesungguhnya Allah memberi
nikmat kepadamu berupa nasehat
e.
Sesungguhnya Allah memberi
nikmat yang kepada kamu sekalian
- Perhatikan QS Al Baqarah : 223
نساءكم حرث لكم فأتوا حرثكم أنى
شئتم
Asbabu
Nuzul dari ayat diatas banyak riwayat yang saling bertentangan antara yang satu
dengan yang lain, yang paling benar adalah memilih.....
a.
قال أبن عمر الأية نزلت في إتيان النساء في أدبارهن
b.
قال أبو جعفر : كنت أمرأة سألت النبي عن الجماع فقال
النبي نسائكم حرث لكم
c.
قال الزهري : أحسب هذه الآية نزلت في سؤال اليهودية عن
إتيان من خلفها
d.
قال جابر كنت اليهودية تقول إذا أتى الرجل امرأته من خلفها
جاء الولد أحول فنزلت نسائكم حرث لكم
e.
قال إبن المسيب : لا أحسب الآية نزلت إلا في إمرأة
اليهودية
- Ilmu yang digunakan untuk memahami kitab Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad dan menjelaskan makna-maknanya serta mengeluarkan hukum-hukum dan hikmahnya adalah definisi tafsir menurut......
a.
As-Suyuthi
b.
Zarqoni
c.
Manna’ al Qoththon
d.
Zarkasyi
e.
Abu Hayan
- Mengharamkanbinatang yang halal, atausebaliknyaadalahdilarangolehajaran Islam, ayat yang berisitentanglaranganhaliniadalah………
a.
وكلوا مما رزقكم الله حلالا طيبا
b.
إنما حرم عليكم الميتة والدم و لحم الخنزير و ما أهل به
لغير الله
c.
فمن اضطر غير باغ و لا عاد فلا إثم عليه
d.
ولا تعتدوا إن الله لا يحب المعتدين
e.
لا تحرموا طيبات ما أحل الله
- Syarat-syarat terjemah adalah sebagai berikut kecuali.....
a.
Penerjemah harus hafal
makna mufradatnya
b.
Mengetahui bahasa asal dan
bahasa terjemah
c.
Mengetahui karakteristik
bahasa asal dan bahasa terjemah
d.
Harus ada kesesuaian makna
antara bahasa asli dan bahasa terjemah
e.
Bentuk tarjamah harus
terpisah
- Dibawah ini yang isim ma’rifat adalah……
a.
رَجُلٌ
b.
شَخْصٌ
c.
ابراهيم
d.
مسجد
e.
قِيَامٌ
- Ilmu yang luasdantubuh yang sehatdankuatadalahsalahsatusyaratpemimpin, ayat yang menjelaskanhaltersebutadalah………
a.
قال إن الله اصطفاه عليكم و زاده بسطة في العلم و الجسم
b.
وقال لهم نبيهم إن الله قد بعث لكم الطالوت ملك
c.
قالوا أنى يكون له الملك علينا و نحن أحق بالملك منه و
لم يؤت سعة من المال
d.
و الله يؤتى ملكه من يشاء و الله واسع عليم
e.
و قاتلوا في سبيل الله و اعلموا أن الله سميع عليم
- Ta’wil menurut bahasa adalah.....
a.
berkumpul
b.
menjelaskan
c.
menyembunyikan
d.
kembali
e.
menampakkan
- Dibawahini, adalahmacam-macambentukmarja’dlamirghaibsebelum dlamir, kecuali…..
a.
berupasiyaqulkalam
b.
berupalafadz yang muthabiq
c.
berupadilalahdarilafadztertentu
d.
berupakandungandarilafadztertentu
e.
berupalafadz yang tidaknampak yang
ditunjukkanoleh kata tertentu
- Perhatikan QS Al Maidah : 8
فَلَوْ لاَ إِذَا بَلَغَتْ الحُلْقُوْمُ
Dlamir ta’ taknis
as-sakinah marja’nya setelah dlamir berupa......
a.
berupalafadz yang muthabiq
b.
berupasiyaqulkalam
c.
berupakandungandarilafadztertentu
d.
berupadilalahdarilafadztertentu
e.
berupalafadz yang tidaknampak yang
ditunjukkanoleh kata tertentu
- Lafadz الريحdan الرياح mufrad dan jamak mengandung makna berbeda. Perbedaannya adalah......
a.
Riih berarti angin musibah
dan Riyaah berarti Angin nikmat dan rahmat
b.
Riih berarti angin rahmat
dan Riyaah berarti Angin musibah
c.
Riih berarti angin taufan
dan Riyaah berarti Angin musibah
d.
Riih berarti angin yang
mendatangkan kesenangan dan Riyaah berarti angin yang mendatangkan kesedihan
e.
Riih berarti angin kecil dan
Riyaah berarti Angin kencang
- Lafadz yang diungkapkan al-Qur’an hanya dalam bentuk jamak adalah....
a.
القلب
b.
النور
c.
الأرض
d.
اللب
e.
السماء
- Perhatikan QS Al-Ma’arij : 40.
فلا اقسم برب المشارق و المغارب
Kata المشارق و المغارب adalah bentuk jamak yang berarti.........
a.
Arah timur dan barat
b.
Siang dan malam silih berganti
c.
Terang dan gelap
d.
Waktu terbit dan
terbenamnya matahari
e.
Waktu dimulai dan
berakhirnya musim panas dan musim dingin
- Perhatikan QS An-Nahl : 125
أدع إلى سبيل ربك بالحكمة و الموعظة الحسنة و جادلهم
بالتي هي أحسن
Penafsiran kata الحكمة adalah......
a.
Hukum-hukum Allah dalam al
Qur’an
b.
Kebijaksanaan dengan
nasehat dan argumentasi
c.
Ajaran agama Islam dalam
Al-Qur’an dan hadits
d.
Hikmah-hikmah pensyariatan
e.
Keadilan dalam menentukan
hukum
- Perhatikan QS Al-Baqarah : 2 berikut:.
ذلك الكتاب لا ريب فيه
Tujuan penggunaan bentuk
ma’rifat dalam ayat diatas adalah.....
a.
للتعظيم
b.
لقصد تعظيمه بالبعد
c.
للتكثير
d.
للإهانة
e.
لبيان حاله في البعد
- Kitab tafsir al-Qur’an al-Adzim adalah kitab yang ditulis oleh Ibnu Katsir yang menggunakan metode.....
a.
Tafsir bi al ma’tsur
b.
Tafsir Maudlu’i
c.
Tafsir Tahlili
d.
Tafsir bi al ma’qul
e.
Tafsir bi dirayah
- Kitab tafsir yang banyak membahas tentang nahwu, sharaf, dan kaidah bahasa Arab dan bahkan sering digunakan sebagai referansi untuk membahas nahwu sharaf dari pada digunakan sebagai referensi dalam menafsiri ayat al-Qur’an yang ditulis oleh Abu Hayyan adalah.......
a.
Al-Bahru Al-Muhith
b.
Al-Kasyaf
c.
Mafatihu Al-Ghaib
d.
Madariku Tanzil Wa Haqoiqu
Ta’wil
e.
Al-Muharrar Al-Wajiz
- Berikut ini termasuk tafsir bil ma’tsur kecuali.....
a.
Jami’ul bayan fi tafsiri
al-Qur’an
b.
Bahrul muhith
c.
Al-Muharrar al-Wajiz
d.
Tafsir Ibnu Katsir
e.
Al-Kasyfu wa al-bayan
- Alasan yang melatarbelakangi kemunculan tafsir bil ra’yi adalah.....
a.
Logika manusia dengan
menemukan kebenaran
b.
Tidak semua ayat al-qur’an
dijelaskan penafsirannya oleh Rasulullah
c.
Tafsir bi ra’yi lebih
sesuai dengan zaman
d.
Tafsir bi ra’yi lebih baik
dari pada tafsir bil ma’tsur
e.
Kemampuan ulama dalam
menafsirkan al-Qur’an menggunakan riwayat berkurang.
- Letak marja’ dlamir yang berupaأَنْتَ dan أَنَا adalah.......
a.
Sebelum dlamir
b.
setelah dlamir
c.
berhadapan
d.
Berupa petunjuk
e.
berupa siyaqul kalam
- Perhatikan QS Al Maidah : 8
و لا يجرمنكم شنأن قوم على الا
تعدلوا اعدلوا هو أقرب للتقوى
Marja’ dlamir هو adalah sebelum dlamir berupa petunjukdarilafadz.....
a.
إعدلوا
b.
تعدلوا
c.
ألا
d.
للتقوى
e.
لا يجرمنكم
- Perhatikan beberapa kutipan ayat dibawah ini!
1. قل هو الله أحد (الإخلاص : 1)
2. فأوجس في نفسه خيفة موسى (طه : 67)
3. و نادى نوح أبنه (هود : 42)
4. فمن عفي له من إخيه شيئ فاتباع بالمعروف
و أداء إليه بإحسان
Dari ayat-ayat tersebut
diatas, ayat yang marja’ dhamirnya sebelum dlamir adalah ayat nomor.....
a.
1 dan 4
b.
2 dan 4
c.
1 dan 2
d.
1 dan 3
e.
3 dan 4
- Perhatikan QS. Al Baqoroh : 219.
يسئلونك ماذا ينفقون قل العفو
كذلك يبين الله لكم الآيات
Kata yang bergaris bawah maksudnya
adalah.....
a.
Pengampunan dari Allah
b.
Maaf dari orang yang
didzalimi
c.
Sisa dari yang dibutuhkan
untuk hidup
d.
Memberi maaf pada orang
yang berbuat kesalahan
e.
Memintakan ampun pada
Allah atas orang yang telah berbuat dosa
- Pada bulan suro atau muharam, Si Slamet menyembelih kerbau untuk diambil kepalanya dan digantung dipohon besar ditengah gerumbul di dekat telaga, karena Slamet ingin cepat kaya. Daging kerbau tersebut adalah haram dimakan, adapun dasar pengharamannya adalah....
a.
يسئلونك عن الخمر و الميسر قل فيهما إثم كبير و منافع
للناس و إثمهما أكبر من نفعهما
b.
فمن اضطر غير باغ و لا عاد فلا إثم عليه
c.
يآ أيها الذين آمنوا إنما الخمر و الميسر و الأنصاب و
الأزلام رجس من عمل الشيطان
d.
إنما حرم عليكم الميتة و الدم و لحم الخنزير و ما إهل
لغير الله
e.
و من الثمرات النخيل و الأعناب تتخذون منه سكرا و رزقا
حسنا
- Perbedaan antara خوفdan خشيةadalah ........
a.
خوف lebih berat dan خشية lebih ringan
b.
خوف takut pada hewan dan خشية takutnya pada peraturan
c.
خوف lebih ringan dan خشية lebih berat
d.
خوف takutnya terlalu dan خشية hanya berarti segan
e.
خوف takutnya pada Allah dan خشية takutnya pada makhluk
- QS. Yunus : 15.
قل ما يكون لي ان أبدله من تلقاء
نفسي
QS. Yunus
ائت بقرآن غير هذا او بدله
Ayat pertama adalah
jawaban dari ayat kedua dimana bentuk jawabannya adalah.......
a.
Muthabiq (sesuai dengan
so’al)
b.
Lebih sedikit dari so’al
c.
Lebih umum dari so’al
d.
Tidak sesuai dengan so’al
e.
Tidak sesuai tapi
mencukupi
- Perhatikan QS. An-Nahl : 66.
و إن لكم في الأنعام لعبرة نسقيكم
مما في بطونه من بين فرث و دم لبنا خالصا سائغا للشاربين
Maksud dari ayat diatas
sebagai berikut, kecuali.....
a.
Manusia diwajibkan minum
minuman yang bergizi dari binatang
b.
Manusia bisa mengambil
pelajaran dari binatang
c.
Diantara kotoran binatang
terdapat hal yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia
d.
Air susu mengandung gizi
tinggi
e.
Binatang adalah makhluk
yang difasilitaskan oleh Allah untuk kepentingan manusia.
- Perhatikan QS. Az-Zumar : 21.
إن في ذالك لذكرى لأولى الألباب
Murodif dari lafadz الألباب adalah......
a.
القلوب
b.
الألب
c.
اللبيب
d.
اللب
e.
اللبابة
- Berikut ini adalah tokoh-tokoh dari sahabat Nabi yang dijadikan sandaran dalam ilmu qira’at, kecuali......
a.
Ubay bin Ka’ab
b.
Ibnu Syihab Az-Zuhri
c.
Usman bin Affan
d.
Abu Darda’
e.
Ali bin Abi Tholib
- Yang dijadikan pedoman dalam memastikan qira’ah yang benar adalah sebagai berikut, kecuali......
a.
sanadnya sambung
b.
sesuai dengan kaidah
bahasa arab
c.
sesuai dengan salah satu
mushaf Usmani
d.
sanadnya shahih
e.
sanadnya mutawatir
- Qari’ yang terkenal yang berasal dari Madinah adalah.......
a.
Imam ibnu Katsir
b.
Imam Nafi’
c.
Imam Ashim
d.
Imam al-Kisa’i
e.
Imam Hamzah
- Contoh ayat yang qira’ah ghairu shahihah adalah.....
a.
لَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَنْ تَبْتَغُوْا فَضْلاً
مِنْ رَبِكُمْ
b.
مُتَّكِئِيْنَ عَلَى رَفَارِفِ خُضْرٍ وَ عَبَاقَرِيِ حِسَانٍ
c.
إِذَا نُوْدِيَ لِلصَلاَةِ مِنْ يَوْمِ الجُمْعَةِ فَاسْعَوْا
إِلَى ذِكْرِ اللهِ
d.
مَلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ
e.
لَقَدْ جَاءَكمُ ْرَسُوْلٌ مِنْ أَنْفُسِكُمْ
- Perhatikan QS Al Baqarah : 222
فاعتزلوا النساء في المحيض و لا
تقربوهن حتى يطهرن
Penafsiran lafadz يَطْهُرْنَtanpa tasydid adalah.....
a.
Berhenti darah haidnya
b.
Mandi janabah
c.
Berwudlu
d.
Sudah tidakpernah haidl
lagi
e.
Berhenti istihadlahnya
- Dibawah ini adalah cara-cara memilih (mentarjih) jika riwayat tentang asbabu nuzulnya banyak, kecuali.....
a.
jika sighatnya sama-sama
muhtamal maka semua tidak dianggap sebagai asbabu nuzul,
b.
jika sighatnya yang satu
sharih dan yang lain muhtamal maka yang diambil yang sharih
c.
jika sighat yang satu
sighatnya sharih namun sanadnya hasan, dan yang lain sighatnya muhtamal tapi
sanadnya shahih, maka diambil yang lebih shahih.
d.
jika sighat yang satu
sighatnya sharih namun sanadnya hasan, dan yang lain sighatnya muhtamal tapi
sanadnya shahih, maka diambil yang hasan
e.
Jika sighatnya sama-sama
sharih dan sanadnya sama-sama shahih maka ditarjih dari segi-segi yang
lain.
- Dibawah ini yang bukan termasuk sighat asbabu nuzul adalah......
a.
أحسب نزول هذه الآية في كذا
b.
نزلت هذه الآية في كذا
c.
الآية سبب نزول كذا
d.
حدث كذا فنزلت الآية
e.
سبب نزول الآية كذا
- Dibawah ini adalah faedah mengetahui asbabu nuzul, kecuali....
a.
Mengetahui hikmah
diundangkannya hukum.
b.
Mengetahui proses
pensyariatan hukum
c.
Mengkhususkan lafadz umum
d.
Membantu memahami makna
al-Qur’an dan menyingkap kesamaran yang tersembunyi
e.
Mengambil suri tauladan
dari kejadian sebelum turunnya ayat.
- Teori-teori ilmiah semakin hari bertambah semakin banyak yang ditemukan oleh manusia, hal ini dikarenakan sudah merupakan janji Allah untuk memperlihatkannya kepada manusia, ayat yang menjelaskan tentang janji Allah tersebut adalah.......
a.
الله الذي سخر لكم البحر لتجري الفلك فيه بأمره و
لتبتغوا من فضله و لعلكم تشكرون
b.
سنريهم آياتنا في الآفاق و في أنفسهم حتى يتبين لهم أنه
الحق
c.
ألا إنهم في مرية من لقاء ربهم ألا إنه بكل شيئ محيط
d.
هو الذي خلق لكم ما في الأرض جميعا ثم استوى إلى السماء
فسواهن سبع سموات
e.
ألم تر أن الله أنزل من السماء ماءا فأخرج به ثمرات
مختلف ألوانها و من الجبال جدد بيض
- Ayat yang berkaitan dengan tata cara penyelesaian perselisihan dari ayat-ayat dibawah adalah ...............
a.
و إن طائفتان من المؤمنين اقتتلوا فأصلحوا بينهما
b.
يا أيها الذين آمنوا لا تتخذوا الذين اتخذوا دينكم هزوا
c.
ألم تر أن الله أنزل من السماء ماءا فأخرج به ثمرات
مختلف ألوانها و من الجبال جدد بيض
d.
ألا إنهم في مرية من لقاء ربهم ألا إنه بكل شيئ محيط
e.
سبحانك لا علم لنا إلا ما علمتنا
- Salah satu kitab tafsir adalah Mafatihu al Ghaib yang banyak membicarakan tentang matematika, falakiyah, teori alamiyah, dan falsafat, penulisnya bernama......
a.
Ibu al fida’ bin Katsir
b.
Jalaluddin as-Suyuthi
c.
Imam Fakhrur Razi
d.
Az-Zamakhsyari
e.
Abu Hayan
- Tafsir yang menafsirkanayat al-Qur’an ayat demi ayat, surat demi surat, secarakeseluruhansesuaidenganurutanmushafdisebuttafsir…..
a.
tafsirtahlili
b.
tafsirbilma’tsur
c.
tafsirbilma’qul
d.
tafsirmaudlu’i
e.
tafsiradaby
Tidak ada komentar:
Posting Komentar