TRY OUT MANDIRI I
MADRASAH ALIYAH AL-HIDAYAH KENDAL
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
KODE : 02
Mata pelajaran : Tafsir Hari, tanggal :
Kelas : XII
Keagamaan Waktu : 120 menit
Pilihlahjawaban
yang paling benarpadapilihan A, B, C, D atauE !
- Perhatikandefinisiberikut:
التفسير هو شرح القرآن و بيان
معناه و الإفصاح بما يقتضيه بيصه او إشارته أو نحواه
Makna
tafsir yang sesuai dengan definisi diatas adalah......
a. Pemahaman secara komprehensif tentang kitab Allah dan
penjelasan makna yang dalam.
b.
Menjelaskan
al-Qur’an, menerangkan maknanya, atau menjelaskan apa yang dikehendaki nash,
isyarat, serta tujuannya.
c.
Membahas
mengenai cara pengucapan kata-kata al-Qur’an serta mengungkapkan petunjuk dan
makna-makna yang terkandung dalam al-Qur’an
d.
Menjelaskan
dan memahami makna-makna kitab Allah yang diturunkan kepada Nabi, serta
menyimpulkan kandungan hukum.
e.
Menjelaskan
kata yang sukar dipahami, selanjutnya berusaha mengemukakan makna yang mendekatinya
- Orang yang membukukankitabtafsir yang pertama kali yang hinggasekarangkitabnyamasihadaadalah………..
a.
Abdul
malik bin marwan
b.
IbnuJarir
At-Thabari
c.
Musthafakamalataturk
d.
Ibnu
Abbas
- Perhatikan QS. Al-Baqarah: 173.
إنما حرم عليكم الميتة و الدم و
لحم الخنزير و ما أهل به لغير الله فمن اضطر غير باغ و لا عاد فلا اثم عليه إن
الله غفور رحيم (۱۷۳)
Menurut
ayat diatas syarat makan makanan haram ketika dalam keadaan darurat adalah.....
a.
Tidak
berlebihan dan tidak membiasakan
b.
Daruratnya
menyebabkan mati
c.
Tidak
diceritakan kepada orang lain
d.
Jika
tidak ada alternatif lainnya untuk dimakan
e.
Makanannya
berupa makanan yang tidak biasa dimakan oleh orang pada umumnya.
- Ciri-ciritafsirpadamasasahabatadalahdibawahinikecuali……
a.
tidakmenafsiri
al-Qur’an secarakeseluruhan
b.
cukupmenjelaskanmaknamufradat
c.
tafsirnyamasihditulisdibenda-benda
d.
masihberupahadits
yang tersebarsecaralisan
e.
sedikitperbedaanpendapatdalammenafsiriayat
al-Qur’an
- Perhatikan QS Fathir : 28 !
إنما يخشى الله من عباده العلماء
Yang
dimaksud ulama’ dalam ayat tersebut adalah.....
a.
Orang
yang mengerti kitab-kitab kuning dan mengajarkan kepada umatnya
b.
Orang
yang jenjang pendidikannya tinggi
c.
Orang
yang memiliki banyak ilmu tentang agama Islam
d.
Orang
yang mengerti tentang alam dan merenungi kebesaran Allah
e.
Orang
yang memahami al Qur’an dan Hadits.
- Dibawahiniadalahnama-namatabiin yang terkenalsebagaiahlitafsir, kecuali…..
a.
Thawus
b.
Sa’d
bin al-Musayab
c.
Ibnu Syihab Az-Zuhri
d.
Abdullah
bin Abbas
e.
Mujahid
- Perhatikan QS Fathir : 4:.
و إن كذبوك فقد كذبت رسل من قبلك و
إلى الله ترجع الأمور
Kata رسل adalah
bentuk nakirah yang fungsinya untuk menunjukkan makna .....
a.
التكثير و التعظيم
b.
التكثير
c.
التعظيم
d.
إرادة الوحدة
e.
إرادة النوع
- Dibawah ini adalah penafsiran dari QS. Al-Baqarah: 172, kecuali.......
يآ أيها الذين آمنوا كلوا من طيبات ما رزقناكم و اشكروا لله إن كنتم إياه
تعبدون (۱۷۲)
a.
Makan
makanan yang halal
b.
Giat
bekerja dalam mencari harta
c.
Bekerja
dengan cara yang halal
d.
Menggunakan
harta untuk bekal kebahagiaan akhirat
e.
Mensyukuri
hasil kerja dengan beribadah
- Sahabat yang mengusulkanpembukuan Al-Qur’an padamasaAbu Bakaradalah….
a.
Zaid
bin tsabit
b.
Abu
Musa Al-Asy’ari
c.
Yahya
bin Ya’mar
d.
Umar
bin khathab
e.
Hudzaifah
bin Al-Yaman
- Ayat yang menjelaskan tentang tidak boleh memilih pimpinan yang menggunakan agama hanya digunakan sebagai kedok kampanye adalah......
a.
و إذا قيل لهم تعالوا إلى ما انزل الله و إلى الرسول
رأيت المنافقين يصدون عنك صدودا
b.
إن الله يأمركم أن تؤدوا الأمانات إلي أهلها
c.
يا أيها الذين آمنوا لا تتخذوا الذين اتخذوا دينكم
هزوا
d.
و إذا حكمتم بين الناس أن تحكموا بالعدل
e.
و المؤمنون و المؤمنات بعضهم أو لياء بعض
- Perhatikan QS An-Nisa’ : 58
إن الله يأمركم أن تؤدوا الأمانات
إلي أهلها و إذا حكمتم بين الناس أن
تحكموا بالعدل إن الله نعما يعظكم به
إن الله كان سميعا بصيرا
Terjemahan
kata yang bergaris bawah adalah......
a.
Sesungguhnya
Allah memberi nasehat yang sebaik-baiknya kepadamu dengan keadilan
b.
Sesungguhnya
nikmat yang baik adalah berupa nasehat adalah
c.
Sesungguhnya
nasehat Allah adalah kenikmatan bagimu
d.
Sesungguhnya
Allah memberi nikmat kepadamu berupa nasehat
e.
Sesungguhnya
Allah memberi nikmat yang kepada kamu sekalian
- Perhatikan QS Al Baqarah : 223
نساءكم حرث لكم فأتوا حرثكم أنى
شئتم
Asbabu Nuzul dari ayat diatas banyak riwayat yang saling bertentangan
antara yang satu dengan yang lain, yang paling benar adalah memilih.....
a.
قال أبن عمر الأية نزلت في إتيان النساء في أدبارهن
b.
قال أبو جعفر : كنت أمرأة سألت النبي عن الجماع فقال
النبي نسائكم حرث لكم
c.
قال الزهري : أحسب هذه الآية نزلت في سؤال اليهودية
عن إتيان من خلفها
d.
قال جابر كنت اليهودية تقول إذا أتى الرجل امرأته من
خلفها جاء الولد أحول فنزلت نسائكم حرث لكم
e.
قال إبن المسيب : لا أحسب الآية نزلت إلا في إمرأة
اليهودية
- Ilmu yang digunakan untuk memahami kitab Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad dan menjelaskan makna-maknanya serta mengeluarkan hukum-hukum dan hikmahnya adalah definisi tafsir menurut......
a.
As-Suyuthi
b.
Zarqani
c.
Manna’ al
Qaththan
d.
Zarkasyi
e.
Abu Hayan
- Mengharamkanbinatang yang halal, atausebaliknyaadalahdilarangolehajaran Islam, ayat yang berisitentanglaranganhaliniadalah………
a.
وكلوا مما رزقكم الله حلالا طيبا
b.
إنما حرم عليكم الميتة والدم و لحم الخنزير و ما أهل
به لغير الله
c.
فمن اضطر غير باغ و لا عاد فلا إثم عليه
d.
ولا تعتدوا إن الله لا يحب المعتدين
e.
لا تحرموا طيبات ما أحل الله
- Syarat-syarat terjemah adalah sebagai berikut kecuali.....
a.
Penerjemah
harus hafal makna mufradatnya
b.
Mengetahui
bahasa asal dan bahasa terjemah
c.
Mengetahui
karakteristik bahasa asal dan bahasa terjemah
d.
Harus ada
kesesuaian makna antara bahasa asli dan bahasa terjemah
e.
Bentuk
tarjamah harus terpisah
- Dibawah ini yang termasuk isim ma’rifat adalah……
a.
رَجُلٌ
b.
شَخْصٌ
c.
ابراهيم
d.
مسجد
e.
قِيَامٌ
- Ilmu yang luasdantubuh yang sehatdankuatadalahsalahsatusyaratpemimpin, ayat yang menjelaskanhaltersebutadalah………
a.
قال إن الله اصطفاه عليكم و زاده بسطة في العلم و
الجسم
b.
وقال لهم نبيهم إن الله قد بعث لكم الطالوت ملك
c.
قالوا أنى يكون له الملك علينا و نحن أحق بالملك منه
و لم يؤت سعة من المال
d.
و الله يؤتى ملكه من يشاء و الله واسع عليم
e.
و قاتلوا في سبيل الله و اعلموا أن الله سميع عليم
- Ta’wil menurut bahasa adalah.....
a.
berkumpul
b.
menjelaskan
c.
menyajikan
d.
kembali
e.
menampakkan
- Dibawahini, adalahmacam-macambentukmarja’dlamirghaibsebelum dlamir, kecuali…..
a.
berupasiyaqulkalam
b.
berupalafadz
yang muthabiq
c.
berupadilalahdarilafadztertentu
d.
berupakandungandarilafadztertentu
e.
berupalafadz
yang tidaknampak yang ditunjukkanoleh kata tertentu
- Perhatikan QS Al Maidah : 8
فَلَوْ لاَ إِذَا بَلَغَتْ الحُلْقُوْمُ
Dlamir
ta’ taknis as-sakinah marja-nya setelah dlamir berupa......
a.
berupalafadz
yang muthabiq
b.
berupasiyaqulkalam
c.
berupakandungandarilafadztertentu
d.
berupadilalahdarilafadztertentu
e.
berupalafadz
yang tidaknampak yang ditunjukkanoleh kata tertentu
- Lafadz الريحdan الرياح mufrad dan jamak mengandung makna berbeda. Perbedaannya adalah......
a.
Riih
berarti angin musibah dan Riyaah berarti Angin nikmat dan rahmat
b.
Riih
berarti angin rahmat dan Riyaah berarti Angin musibah
c.
Riih
berarti angin taufan dan Riyaah berarti Angin musibah
d.
Riih
berarti angin yang mendatangkan kesenangan dan Riyaah berarti angin yang
mendatangkan kesedihan
e.
Riih
berarti angin kecil dan Riyaah berarti Angin kencang
- Lafadz yang diungkapkan al-Qur’an hanya dalam bentuk jamak adalah....
a.
القلب
b.
النور
c.
الأرض
d.
اللب
e.
السماء
- Perhatikan QS Al-Ma’arij : 40.
فلا اقسم برب المشارق و المغارب
Kata المشارق و المغارب
adalah bentuk jamak yang berarti.........
a.
Arah
timur dan barat
b.
Siang dan
malam silih berganti
c.
Terang
dan gelap
d.
Waktu
terbit dan terbenamnya matahari
e.
Waktu dimulai
dan berakhirnya musim panas dan musim dingin
- Perhatikan QS An-Nahl : 125
أدع إلى سبيل ربك بالحكمة و
الموعظة الحسنة و جادلهم بالتي هي أحسن
Penafsiran
kata الحكمة adalah......
a.
Hukum-hukum
Allah dalam al Qur’an
b.
Kebijaksanaan
dengan nasehat dan argumentasi
c.
Ajaran
agama Islam dalam Al-Qur’an dan hadits
d.
Hikmah-hikmah
pensyariatan
e.
Keadilan
dalam menentukan hukum
- Perhatikan QS Al-Baqarah : 2 berikut:.
ذلك الكتاب لا ريب فيه
Tujuan
penggunaan bentuk makrifat dalam ayat diatas adalah.....
a.
للتعظيم
b.
لقصد تعظيمه بالبعد
c.
للتكثير
d.
للإهانة
e.
لبيان حاله في البعد
- Kitab tafsir al-Qur’an al-Adzim adalah kitab yang ditulis oleh Ibnu Katsir yang menggunakan methode.....
a.
Tafsir bi
al ma’tsur
b.
Tafsir
Maudlu’i
c.
Tafsir
Tahlili
d.
Tafsir bi
al ma’qul
e.
Tafsir bi
dirayah
- Kitab tafsir yang banyak membahas tentang nahwu, sharaf, dan kaidah bahasa arab dan bahkan sering digunakan sebagai referensi untuk membahas nahwu sharaf dari pada digunakan sebagai referensi dalam menafsiri ayat al-Qur’an yang ditulis oleh Abu Hayan adalah.......
a.
Al-bahru
al-muhith
b.
Al-kasyaf
c.
Mafatihu
al-ghaib
d.
Madariku
tanzil wa haqoiqu ta’wil
e.
Al-muharrar
al-wajiz
- Berikut ini termasuk tafsir bil ma’tsur kecuali.....
a.
Jami’ul
bayan fi tafsiri al-Qur’an
b.
Bahrul
muhith
c.
Al-Muharrar
al-Wajiz
d.
Tafsir
Ibnu Katsir
e.
Al-Kasyfu
wa al-bayan
- Alasan yang melatarbelakangi kemunculan tafsir bil ra’yi adalah.....
a.
Logika
manusia dengan menemukan kebenaran
b.
Tidak
semua ayat al-qur’an dijelaskan penafsirannya oleh Rasulullah
c.
Tafsir bi
ra’yi lebih sesuai dengan zaman
d.
Tafsir bi
ra’yi lebih baik dari pada tafsir bil ma’tsur
e.
Kemampuan
ulama dalam menafsirkan al-Qur’an menggunakan riwayat berkurang.
- Letak marja’ dlamir yang berupaأَنْتَ dan أَنَا adalah.......
a.
Sebelum
dlamir
b.
setelah
dlamir
c.
berhadapan
d.
Berupa
petunjuk
e.
berupa
siyaqul kalam
- Perhatikan QS Al Maidah : 8
و لا يجرمنكم شنئان قوم على الا
تعدلوا اعدلوا هو أقرب للتقوى
Marja’
dlamir هو
adalah sebelum dlamir berupa petunjukdarilafadz.....
a.
إعدلوا
b.
تعدلوا
c.
ألا
d.
للتقوى
e.
لا يجرمنكم
- Perhatikan beberapa kutipan ayat dibawah ini!
1. قل هو
الله أحد (الإخلاص : ۱)
2. فأوجس
في نفسه خيفة موسى (طه : ٦۷)
3. و
نادى نوح أبنه (هود :۶۲)
4. فمن
عفي له من إخيه شيئ فاتباع بالمعروف و أداء إليه بإحسان
Dari
ayat-ayat tersebut diatas, ayat yang marja’ dhamirnya sebelum dlamir adalah
ayat nomor.....
a.
1 dan 4
b.
2 dan 4
c.
1 dan 2
d.
1 dan 3
e.
3 dan 4
- Perhatikan QS. Al Baqarah : 219.
يسئلونك ماذا ينفقون قل العفو
كذلك يبين الله لكم الآيات
Kata yang
bergaris bawah maksudnya adalah.....
a.
Pengampunan
dari Allah
b.
Maaf dari
orang yang didzalimi
c.
Sisa dari
yang dibutuhkan untuk hidup
d.
Memberi
maaf pada orang yang berbuat kesalahan
e.
Memintakan
ampun pada Allah atas orang yang telah berbuat dosa
- Pada bulan sura atau muharam, Si Badar menyembelih kerbau untuk diambil kepalanya dan digantung dipohon besar ditengah gerumbul di dekat telaga, karena Badar ingin cepat kaya. Daging kerbau tersebut adalah haram dimakan, adapun dasar pengharamannya adalah....
a.
يسئلونك عن الخمر و الميسر قل فيهما إثم كبير و منافع
للناس و إثمهما أكبر من نفعهما
b.
فمن اضطر غير باغ و لا عاد فلا إثم عليه
c.
يآ أيها الذين آمنوا إنما الخمر و الميسر و الأنصاب و
الأزلام رجس من عمل الشيطان
d.
إنما حرم عليكم الميتة و الدم و لحم الخنزير و ما إهل
لغير الله
e.
و من الثمرات النخيل و الأعناب تتخذون منه سكرا و
رزقا حسنا
- Perbedaan antara خوفdan خشيةadalah ........
a.
خوف lebih berat dan خشية lebih ringan
b.
خوف takut pada hewan dan خشية takutnya pada peraturan
c.
خوف lebih ringan dan خشية lebih berat
d.
خوف takutnya terlalu dan خشية hanya berarti segan
e.
خوف takutnya pada Allah dan خشية takutnya pada makhluk
- QS. Yunus : 15.
قل ما يكون لي ان أبدله من تلقاء
نفسي
QS. Yunus:
15
ائت بقرآن غير هذا او بدله
Ayat pertama
adalah jawaban dari ayat kedua dimana bentuk jawabannya adalah.......
a.
Muthabiq
(sesuai dengan so’al)
b.
Lebih
sedikit dari so’al
c.
Lebih
umum dari so’al
d.
Tidak
sesuai dengan so’al
e.
Tidak sesuai
tapi mencukupi
- Perhatikan QS. An-Nahl : 66.
و إن لكم في الأنعام لعبرة نسقيكم
مما في بطونه من بين فرث و دم لبنا خالصا سائغا للشاربين
Maksud
dari ayat diatas sebagai berikut, kecuali.....
a.
Manusia
diwajibkan minum minuman yang bergizi dari binatang
b.
Manusia
bisa mengambil pelajaran dari binatang
c.
Diantara
kotoran binatang terdapat hal yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia
d.
Air susu
mengandung gizi tinggi
e.
Binatang
adalah makhluk yang difasilitaskan oleh Allah untuk kepentingan manusia.
- Perhatikan QS. Az-Zumar : 21.
إن في ذالك لذكرى لأولى الألباب
Mufrad dari
lafadz الألباب
adalah......
a.
القلوب
b.
الألب
c.
اللبيب
d.
اللب
e.
اللبابة
- Berikut ini adalah tokoh-tokoh dari sahabat Nabi yang dijadikan sandaran dalam ilmu qira’at, kecuali......
a.
Ubay bin
Ka’ab
b.
Ibnu Syihab
Az-Zuhri
c.
Usman bin
Affan
d.
Abu
Darda’
e.
Ali bin
Abi Thalib
- Yang dijadikan pedoman dalam memastikan qira’ah yang benar adalah sebagai berikut, kecuali......
a.
sanadnya
sambung
b.
sesuai
dengan kaidah bahasa arab
c.
sesuai
dengan salah satu mushaf Usmani
d.
sanadnya
shahih
e.
sanadnya
mutawatir
- Qari’ yang terkenal yang berasal dari Madinah adalah.......
a.
Imam ibnu
Katsir
b.
Imam
Nafi’
c.
Imam
Ashim
d.
Imam
al-Kisa’i
e.
Imam
Hamzah
- Contoh ayat yang qira’ah ghairu sahahihah adalah.....
a.
لَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَنْ تَبْتَغُوْا فَضْلاً
مِنْ رَبِكُمْ
b.
مُتَّكِئِيْنَ عَلَى رَفَارِفِ خُضْرٍ وَ عَبَاقَرِيِ
حِسَانٍ
c.
إِذَا نُوْدِيَ لِلصَلاَةِ مِنْ يَوْمِ الجُمْعَةِ
فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللهِ
d.
مَلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ
e.
لَقَدْ جَاءَكمُ ْرَسُوْلٌ مِنْ أَنْفُسِكُمْ
- Perhatikan QS Al Baqarah : 222
فاعتزلوا النساء في المحيض و لا
تقربوهن حتى يطهرن
Penafsiran
lafadz يَطْهُرْنَ tanpa tasydid
adalah.....
a.
Berhenti
darah haidnya
b.
Mandi
janabah
c.
Berwudlu
d.
Sudah
tidakpernah haidl lagi
e.
Berhenti
istihadlahnya
- Dibawah ini adalah cara-cara memilih (mentarjih) jika riwayat tentang asbabu nuzulnya banyak, kecuali.....
a.
jika sighatnya
sama-sama muhtamal maka semua tidak dianggap sebagai asbabu nuzul,
b.
jika sighatnya
yang satu sharih dan yang lain muhtamal maka yang diambil yang sharih
c.
jika sighat
yang satu sighatnya sharih namun sanadnya hasan, dan yang lain sighatnya
muhtamal tapi sanadnya shahih, maka diambil yang lebih shahih.
d.
jika sighat
yang satu sighatnya sharih namun sanadnya hasan, dan yang lain sighatnya muhtamal
tapi sanadnya shahih, maka diambil yang hasan
e.
Jika
sighatnya sama-sama sharih dan sanadnya sama-sama shahih maka ditarjih dari
segi-segi yang lain.
- Dibawah ini yang bukan termasuk sighat asbabu nuzul adalah......
a.
أحسب نزول هذه الآية في كذا
b.
نزلت هذه الآية في كذا
c.
الآية سبب نزول كذا
d.
حدث كذا فنزلت الآية
e.
سبب نزول الآية كذا
- Dibawah ini adalah faedah mengetahui asbabu nuzul, kecuali....
a.
Mengetahui
hikmah diundangkannya hukum.
b.
Mengetahui
proses pensyariatan hukum
c.
Mengkhususkan
lafadz umum
d.
Membantu
memahami makna al-Qur’an dan menyingkap kesamaran yang tersembunyi
e.
Mengambil
suri tauladan dari kejadian sebelum turunnya ayat.
- Teori-teori ilmiah semakin hari bertambah semakin banyak yang ditemukan oleh manusia, hal ini dikarenakan sudah merupakan janji Allah untuk memperlihatkannya kepada manusia, ayat yang menjelaskan tentang janji Allah tersebut adalah.......
a.
الله الذي سخر لكم البحر لتجري الفلك فيه بأمره و
لتبتغوا من فضله و لعلكم تشكرون
b.
سنريهم آياتنا في الآفاق و في أنفسهم حتى يتبين لهم
أنه الحق
c.
ألا إنهم في مرية من لقاء ربهم ألا إنه بكل شيئ محيط
d.
هو الذي خلق لكم ما في الأرض جميعا ثم استوى إلى
السماء فسواهن سبع سموات
e.
ألم تر أن الله أنزل من السماء ماءا فأخرج به ثمرات
مختلف ألوانها و من الجبال جدد بيض
- Ayat yang berkaitan dengan tata cara penyelesaian perselisihan dari ayat-ayat dibawah adalah ...............
a.
و إن طائفتان من المؤمنين اقتتلوا فأصلحوا بينهما
b.
يا أيها الذين آمنوا لا تتخذوا الذين اتخذوا دينكم
هزوا
c.
ألم تر أن الله أنزل من السماء ماءا فأخرج به ثمرات
مختلف ألوانها و من الجبال جدد بيض
d.
ألا إنهم في مرية من لقاء ربهم ألا إنه بكل شيئ محيط
e.
سبحانك لا علم لنا إلا ما علمتنا
- Salah satu kitab tafsir adalah Mafatihu al Ghaib yang banyak membicarakan tentang matematika, falakiyah, teori alamiah, dan falsafat, penulisnya bernama......
a.
Ibu al
fida’ bin Katsir
b.
Jalaluddin
as-Suyuthi
c.
Imam
Fakhrur Razi
d.
Az-Zamakhsyari
e.
Abu Hayan
- Tafsir yang menafsirkanayat al-Qur’an ayat demi ayat, surat demi surat, secarakeseluruhansesuaidenganurutanmushafdisebuttafsir…..
a.
tafsirtahlili
b.
tafsirbilma’tsur
c.
tafsirbilma’qul
e.
tafsiradaby
Tidak ada komentar:
Posting Komentar