Senin, 17 Februari 2014

Soa UN Tafsir Jur.Keagamaan(KAG) Kode : 02




TRY OUT MANDIRI I
MADRASAH ALIYAH AL-HIDAYAH KENDAL
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
KODE : 02

Mata pelajaran   : Tafsir                                                      Hari, tanggal    :
Kelas                   : XII Keagamaan                                      Waktu               :  120 menit

Pilihlahjawaban yang paling benarpadapilihan A, B, C, D atauE !

  1. Perhatikandefinisiberikut:
التفسير هو شرح القرآن و بيان معناه و الإفصاح بما يقتضيه بيصه او إشارته أو نحواه
Makna tafsir yang sesuai dengan definisi diatas adalah......
a.       Pemahaman secara komprehensif tentang kitab Allah dan penjelasan makna yang dalam.
b.      Menjelaskan al-Qur’an, menerangkan maknanya, atau menjelaskan apa yang dikehendaki nash, isyarat, serta tujuannya.
c.       Membahas mengenai cara pengucapan kata-kata al-Qur’an serta mengungkapkan petunjuk dan makna-makna yang terkandung dalam al-Qur’an
d.      Menjelaskan dan memahami makna-makna kitab Allah yang diturunkan kepada Nabi, serta menyimpulkan kandungan hukum.
e.       Menjelaskan kata yang sukar dipahami, selanjutnya berusaha mengemukakan makna yang mendekatinya
  1. Orang yang membukukankitabtafsir yang pertama kali yang hinggasekarangkitabnyamasihadaadalah………..
a.       Abdul malik bin marwan
b.      IbnuJarir At-Thabari
c.       Musthafakamalataturk
d.      Ibnu Abbas
e.       Imam Nafi’ al Madany
  1. Perhatikan QS. Al-Baqarah: 173.
إنما حرم عليكم الميتة و الدم و لحم الخنزير و ما أهل به لغير الله فمن اضطر غير باغ و لا عاد فلا اثم عليه إن الله غفور رحيم (۱۷۳)
Menurut ayat diatas syarat makan makanan haram ketika dalam keadaan darurat adalah.....
a.       Tidak berlebihan dan tidak membiasakan
b.      Daruratnya menyebabkan mati
c.       Tidak diceritakan kepada orang lain
d.      Jika tidak ada alternatif lainnya untuk dimakan
e.       Makanannya berupa makanan yang tidak biasa dimakan oleh orang pada umumnya.
  1. Ciri-ciritafsirpadamasasahabatadalahdibawahinikecuali……
a.       tidakmenafsiri al-Qur’an secarakeseluruhan
b.      cukupmenjelaskanmaknamufradat
c.       tafsirnyamasihditulisdibenda-benda
d.      masihberupahadits yang tersebarsecaralisan
e.       sedikitperbedaanpendapatdalammenafsiriayat al-Qur’an
  1. Perhatikan QS Fathir : 28 !
إنما يخشى الله من عباده العلماء
Yang dimaksud ulama’ dalam ayat tersebut adalah.....
a.       Orang yang mengerti kitab-kitab kuning dan mengajarkan kepada umatnya
b.      Orang yang jenjang pendidikannya tinggi
c.       Orang yang memiliki banyak ilmu tentang agama Islam
d.      Orang yang mengerti tentang alam dan merenungi kebesaran Allah
e.       Orang yang memahami al Qur’an dan Hadits.
  1. Dibawahiniadalahnama-namatabiin yang terkenalsebagaiahlitafsir, kecuali…..
a.       Thawus
b.      Sa’d bin al-Musayab
c.       Ibnu Syihab Az-Zuhri
d.      Abdullah bin Abbas
e.       Mujahid
  1. Perhatikan QS Fathir : 4:.
و إن كذبوك فقد كذبت رسل من قبلك و إلى الله ترجع الأمور
Kata رسل adalah bentuk nakirah yang fungsinya untuk menunjukkan makna .....
a.       التكثير و التعظيم
b.      التكثير                       
c.       التعظيم                      
d.      إرادة الوحدة
e.       إرادة النوع
  1. Dibawah ini adalah penafsiran dari QS. Al-Baqarah: 172, kecuali.......
يآ أيها الذين آمنوا كلوا من طيبات ما رزقناكم و اشكروا لله إن كنتم إياه تعبدون (۱۷۲)                 
a.       Makan makanan yang halal
b.      Giat bekerja dalam mencari harta
c.       Bekerja dengan cara yang halal
d.      Menggunakan harta untuk bekal kebahagiaan akhirat
e.       Mensyukuri hasil kerja dengan beribadah
  1. Sahabat yang mengusulkanpembukuan Al-Qur’an padamasaAbu Bakaradalah….
a.       Zaid bin tsabit
b.      Abu Musa Al-Asy’ari
c.       Yahya bin Ya’mar
d.      Umar bin khathab
e.       Hudzaifah bin Al-Yaman
  1. Ayat yang menjelaskan tentang tidak boleh memilih pimpinan yang menggunakan agama hanya digunakan sebagai kedok kampanye adalah......
a.       و إذا قيل لهم تعالوا إلى ما انزل الله و إلى الرسول رأيت المنافقين يصدون عنك صدودا
b.      إن الله يأمركم أن تؤدوا الأمانات إلي أهلها
c.       يا أيها الذين آمنوا لا تتخذوا الذين اتخذوا دينكم هزوا
d.      و إذا حكمتم بين الناس أن تحكموا بالعدل
e.       و المؤمنون و المؤمنات بعضهم أو لياء بعض
  1. Perhatikan QS An-Nisa’ : 58
إن الله يأمركم أن تؤدوا الأمانات إلي أهلها  و إذا حكمتم بين الناس أن تحكموا بالعدل  إن الله نعما يعظكم به إن الله كان سميعا بصيرا
Terjemahan kata yang bergaris bawah adalah......
a.       Sesungguhnya Allah memberi nasehat yang sebaik-baiknya kepadamu dengan keadilan
b.      Sesungguhnya nikmat yang baik adalah berupa nasehat adalah
c.       Sesungguhnya nasehat Allah adalah kenikmatan bagimu
d.      Sesungguhnya Allah memberi nikmat kepadamu berupa nasehat
e.       Sesungguhnya Allah memberi nikmat yang kepada kamu sekalian
  1. Perhatikan QS Al Baqarah : 223
نساءكم حرث لكم فأتوا حرثكم أنى شئتم
Asbabu Nuzul dari ayat diatas banyak riwayat yang saling bertentangan antara yang satu dengan yang lain, yang paling benar adalah memilih.....
a.       قال أبن عمر الأية نزلت في إتيان النساء في أدبارهن
b.      قال أبو جعفر : كنت أمرأة سألت النبي عن الجماع فقال النبي نسائكم حرث لكم
c.       قال الزهري : أحسب هذه الآية نزلت في سؤال اليهودية عن إتيان من خلفها
d.      قال جابر كنت اليهودية تقول إذا أتى الرجل امرأته من خلفها جاء الولد أحول فنزلت نسائكم حرث لكم
e.       قال إبن المسيب : لا أحسب الآية نزلت إلا في إمرأة اليهودية
  1. Ilmu yang digunakan untuk memahami kitab Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad dan menjelaskan makna-maknanya serta mengeluarkan hukum-hukum dan hikmahnya adalah definisi tafsir menurut......
a.       As-Suyuthi
b.      Zarqani
c.       Manna’ al Qaththan
d.      Zarkasyi
e.       Abu Hayan
  1. Mengharamkanbinatang yang halal, atausebaliknyaadalahdilarangolehajaran Islam, ayat yang berisitentanglaranganhaliniadalah………
a.       وكلوا مما رزقكم الله حلالا طيبا
b.      إنما حرم عليكم الميتة والدم و لحم الخنزير و ما أهل به لغير الله
c.       فمن اضطر غير باغ و لا عاد فلا إثم عليه
d.      ولا تعتدوا إن الله لا يحب المعتدين
e.       لا تحرموا طيبات ما أحل الله
  1. Syarat-syarat terjemah adalah sebagai berikut kecuali.....
a.       Penerjemah harus hafal makna mufradatnya
b.      Mengetahui bahasa asal dan bahasa terjemah
c.       Mengetahui karakteristik bahasa asal dan bahasa terjemah
d.      Harus ada kesesuaian makna antara bahasa asli dan bahasa terjemah
e.       Bentuk tarjamah harus terpisah
  1. Dibawah ini yang termasuk isim ma’rifat adalah……
a.       رَجُلٌ
b.      شَخْصٌ
c.       ابراهيم
d.      مسجد                
e.       قِيَامٌ
  1. Ilmu yang luasdantubuh yang sehatdankuatadalahsalahsatusyaratpemimpin, ayat yang menjelaskanhaltersebutadalah………
a.       قال إن الله اصطفاه عليكم و زاده بسطة في العلم و الجسم
b.      وقال لهم نبيهم إن الله قد بعث لكم الطالوت ملك
c.       قالوا أنى يكون له الملك علينا و نحن أحق بالملك منه و لم يؤت سعة من المال
d.      و الله يؤتى ملكه من يشاء و الله واسع عليم
e.       و قاتلوا في سبيل الله و اعلموا أن الله سميع عليم
  1. Ta’wil menurut bahasa adalah.....
a.       berkumpul
b.      menjelaskan
c.       menyajikan
d.      kembali
e.       menampakkan
  1. Dibawahini, adalahmacam-macambentukmarja’dlamirghaibsebelum dlamir, kecuali…..
a.       berupasiyaqulkalam
b.      berupalafadz yang muthabiq
c.       berupadilalahdarilafadztertentu
d.      berupakandungandarilafadztertentu
e.       berupalafadz yang tidaknampak yang ditunjukkanoleh kata tertentu
  1. Perhatikan QS Al Maidah : 8
فَلَوْ لاَ إِذَا بَلَغَتْ الحُلْقُوْمُ
Dlamir ta’ taknis as-sakinah marja-nya setelah dlamir berupa......
a.       berupalafadz yang muthabiq
b.      berupasiyaqulkalam
c.       berupakandungandarilafadztertentu
d.      berupadilalahdarilafadztertentu
e.       berupalafadz yang tidaknampak yang ditunjukkanoleh kata tertentu
  1. Lafadz الريحdan الرياح  mufrad dan jamak mengandung makna berbeda. Perbedaannya adalah......
a.       Riih berarti angin musibah dan Riyaah berarti Angin nikmat dan rahmat
b.      Riih berarti angin rahmat dan Riyaah berarti Angin musibah
c.       Riih berarti angin taufan dan Riyaah berarti Angin musibah
d.      Riih berarti angin yang mendatangkan kesenangan dan Riyaah berarti angin yang mendatangkan kesedihan
e.       Riih berarti angin kecil dan Riyaah berarti Angin kencang
  1. Lafadz yang diungkapkan al-Qur’an hanya dalam bentuk jamak adalah....
a.       القلب
b.      النور 
c.       الأرض
d.      اللب                        
e.       السماء
  1. Perhatikan QS Al-Ma’arij : 40.
فلا اقسم برب المشارق و المغارب
Kata المشارق و المغارب  adalah bentuk jamak yang berarti.........
a.       Arah timur dan barat
b.      Siang dan malam silih berganti
c.       Terang dan gelap
d.      Waktu terbit dan terbenamnya matahari
e.       Waktu dimulai dan berakhirnya musim panas dan musim dingin
  1. Perhatikan QS An-Nahl : 125
أدع إلى سبيل ربك بالحكمة و الموعظة الحسنة و جادلهم بالتي هي أحسن
Penafsiran kata الحكمة  adalah......
a.       Hukum-hukum Allah dalam al Qur’an
b.      Kebijaksanaan dengan nasehat dan argumentasi
c.       Ajaran agama Islam dalam Al-Qur’an dan hadits
d.      Hikmah-hikmah pensyariatan
e.       Keadilan dalam menentukan hukum
  1. Perhatikan QS Al-Baqarah : 2 berikut:.
ذلك الكتاب لا ريب فيه
Tujuan penggunaan bentuk makrifat dalam ayat diatas adalah.....
a.       للتعظيم      
b.      لقصد تعظيمه بالبعد
c.       للتكثير
d.      للإهانة                
e.       لبيان حاله في البعد
  1. Kitab tafsir al-Qur’an al-Adzim adalah kitab yang ditulis oleh Ibnu Katsir yang menggunakan methode.....
a.       Tafsir bi al ma’tsur
b.      Tafsir Maudlu’i
c.       Tafsir Tahlili
d.      Tafsir bi al ma’qul
e.       Tafsir bi dirayah
  1. Kitab tafsir yang banyak membahas tentang nahwu, sharaf, dan kaidah bahasa arab dan bahkan sering digunakan sebagai referensi untuk membahas nahwu sharaf dari pada digunakan sebagai referensi dalam menafsiri ayat al-Qur’an yang ditulis oleh Abu Hayan adalah.......
a.      Al-bahru al-muhith
b.      Al-kasyaf
c.       Mafatihu al-ghaib
d.      Madariku tanzil wa haqoiqu ta’wil
e.       Al-muharrar al-wajiz
  1. Berikut ini termasuk tafsir bil ma’tsur kecuali.....
a.      Jami’ul bayan fi tafsiri al-Qur’an
b.      Bahrul muhith
c.       Al-Muharrar al-Wajiz
d.      Tafsir Ibnu Katsir
e.       Al-Kasyfu wa al-bayan
  1. Alasan yang melatarbelakangi kemunculan tafsir bil ra’yi adalah.....
a.       Logika manusia dengan menemukan kebenaran
b.      Tidak semua ayat al-qur’an dijelaskan penafsirannya oleh Rasulullah
c.       Tafsir bi ra’yi lebih sesuai dengan zaman
d.      Tafsir bi ra’yi lebih baik dari pada tafsir bil ma’tsur
e.       Kemampuan ulama dalam menafsirkan al-Qur’an menggunakan riwayat berkurang.
  1. Letak marja’ dlamir yang berupaأَنْتَ dan أَنَا adalah.......
a.       Sebelum dlamir
b.      setelah dlamir       
c.       berhadapan                       
d.      Berupa petunjuk
e.       berupa siyaqul kalam
  1. Perhatikan QS Al Maidah : 8
و لا يجرمنكم شنئان قوم على الا تعدلوا اعدلوا هو أقرب للتقوى
Marja’ dlamir هو  adalah sebelum dlamir berupa petunjukdarilafadz.....
a.       إعدلوا
b.      تعدلوا
c.       ألا
d.      للتقوى
e.       لا يجرمنكم
  1. Perhatikan beberapa kutipan ayat dibawah ini!
1.      قل هو الله أحد (الإخلاص : ۱)
2.      فأوجس في نفسه خيفة موسى (طه : ٦۷)
3.      و نادى نوح أبنه (هود :۶۲)
4.      فمن عفي له من إخيه شيئ فاتباع بالمعروف و أداء إليه بإحسان
Dari ayat-ayat tersebut diatas, ayat yang marja’ dhamirnya sebelum dlamir adalah ayat nomor.....
a.       1 dan 4                 
b.      2 dan 4
c.       1 dan 2
d.      1 dan 3                 
e.       3 dan 4
  1. Perhatikan QS. Al Baqarah : 219.
يسئلونك ماذا ينفقون قل العفو كذلك يبين الله لكم الآيات
Kata yang bergaris bawah maksudnya adalah.....
a.       Pengampunan dari Allah
b.      Maaf dari orang yang didzalimi
c.       Sisa dari yang dibutuhkan untuk hidup
d.      Memberi maaf pada orang yang berbuat kesalahan
e.       Memintakan ampun pada Allah atas orang yang telah berbuat dosa
  1. Pada bulan sura atau muharam, Si Badar menyembelih kerbau untuk diambil kepalanya dan digantung dipohon besar ditengah gerumbul di dekat telaga, karena Badar ingin cepat kaya. Daging kerbau tersebut adalah haram dimakan, adapun dasar pengharamannya adalah....
a.       يسئلونك عن الخمر و الميسر قل فيهما إثم كبير و منافع للناس و إثمهما أكبر من نفعهما
b.      فمن اضطر غير باغ و لا عاد فلا إثم عليه
c.       يآ أيها الذين آمنوا إنما الخمر و الميسر و الأنصاب و الأزلام رجس من عمل الشيطان
d.      إنما حرم عليكم الميتة و الدم و لحم الخنزير و ما إهل لغير الله
e.       و من الثمرات النخيل و الأعناب تتخذون منه سكرا و رزقا حسنا
  1. Perbedaan antara خوفdan خشيةadalah ........
a.       خوف  lebih berat dan خشية  lebih ringan
b.      خوف  takut pada hewan dan خشية  takutnya pada peraturan
c.       خوف  lebih ringan dan خشية  lebih berat
d.      خوف  takutnya terlalu dan خشية  hanya berarti segan
e.       خوف  takutnya pada Allah dan خشية  takutnya pada makhluk
  1. QS. Yunus : 15.
قل ما يكون لي ان أبدله من تلقاء نفسي
QS. Yunus: 15
ائت بقرآن غير هذا او بدله
Ayat pertama adalah jawaban dari ayat kedua dimana bentuk jawabannya adalah.......
a.       Muthabiq (sesuai dengan so’al)
b.      Lebih sedikit dari so’al
c.       Lebih umum dari so’al
d.      Tidak sesuai dengan so’al
e.       Tidak sesuai tapi mencukupi
  1. Perhatikan QS. An-Nahl : 66.
و إن لكم في الأنعام لعبرة نسقيكم مما في بطونه من بين فرث و دم لبنا خالصا سائغا للشاربين
Maksud dari ayat diatas sebagai berikut, kecuali.....
a.       Manusia diwajibkan minum minuman yang bergizi dari binatang
b.      Manusia bisa mengambil pelajaran dari binatang
c.       Diantara kotoran binatang terdapat hal yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia
d.      Air susu mengandung gizi tinggi
e.       Binatang adalah makhluk yang difasilitaskan oleh Allah untuk kepentingan manusia.
  1. Perhatikan QS. Az-Zumar : 21.
إن في ذالك لذكرى لأولى الألباب
Mufrad dari lafadz الألباب  adalah......
a.       القلوب
b.      الألب                 
c.       اللبيب                 
d.      اللب
e.       اللبابة
  1. Berikut ini adalah tokoh-tokoh dari sahabat Nabi yang dijadikan sandaran dalam ilmu qira’at, kecuali......
a.       Ubay bin Ka’ab
b.      Ibnu Syihab Az-Zuhri
c.       Usman bin Affan
d.      Abu Darda’
e.       Ali bin Abi Thalib
  1. Yang dijadikan pedoman dalam memastikan qira’ah yang benar adalah sebagai berikut, kecuali......
a.       sanadnya sambung
b.      sesuai dengan kaidah bahasa arab
c.       sesuai dengan salah satu mushaf Usmani
d.      sanadnya shahih
e.       sanadnya mutawatir
  1. Qari’ yang terkenal yang berasal dari Madinah adalah.......
a.       Imam ibnu Katsir
b.      Imam Nafi’
c.       Imam Ashim
d.      Imam al-Kisa’i
e.       Imam Hamzah
  1. Contoh ayat yang qira’ah ghairu sahahihah adalah.....
a.       لَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَنْ تَبْتَغُوْا فَضْلاً مِنْ رَبِكُمْ
b.      مُتَّكِئِيْنَ عَلَى رَفَارِفِ خُضْرٍ وَ عَبَاقَرِيِ حِسَانٍ
c.       إِذَا نُوْدِيَ لِلصَلاَةِ مِنْ يَوْمِ الجُمْعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللهِ
d.      مَلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ
e.       لَقَدْ جَاءَكمُ ْرَسُوْلٌ مِنْ أَنْفُسِكُمْ
  1. Perhatikan QS Al Baqarah : 222
فاعتزلوا النساء في المحيض و لا تقربوهن حتى يطهرن
Penafsiran lafadz يَطْهُرْنَ tanpa tasydid adalah..... 
a.       Berhenti darah haidnya
b.      Mandi janabah
c.       Berwudlu
d.      Sudah tidakpernah haidl lagi
e.       Berhenti istihadlahnya
  1. Dibawah ini adalah cara-cara memilih (mentarjih) jika riwayat tentang asbabu nuzulnya banyak, kecuali.....
a.       jika sighatnya sama-sama muhtamal maka semua tidak dianggap sebagai asbabu nuzul,
b.      jika sighatnya yang satu sharih dan yang lain muhtamal maka yang diambil yang sharih
c.       jika sighat yang satu sighatnya sharih namun sanadnya hasan, dan yang lain sighatnya muhtamal tapi sanadnya shahih, maka diambil yang lebih shahih.
d.      jika sighat yang satu sighatnya sharih namun sanadnya hasan, dan yang lain sighatnya muhtamal tapi sanadnya shahih, maka diambil yang hasan
e.       Jika sighatnya sama-sama sharih dan sanadnya sama-sama shahih maka ditarjih dari segi-segi yang lain. 
  1. Dibawah ini yang bukan termasuk sighat asbabu nuzul adalah......
a.       أحسب نزول هذه الآية في كذا
b.      نزلت هذه الآية في كذا
c.       الآية سبب نزول كذا
d.      حدث كذا فنزلت الآية
e.       سبب نزول الآية كذا
  1. Dibawah ini adalah faedah mengetahui asbabu nuzul, kecuali....
a.       Mengetahui hikmah diundangkannya hukum.
b.      Mengetahui proses pensyariatan hukum
c.       Mengkhususkan lafadz umum
d.      Membantu memahami makna al-Qur’an dan menyingkap kesamaran yang tersembunyi
e.       Mengambil suri tauladan dari kejadian sebelum turunnya ayat.
  1. Teori-teori ilmiah semakin hari bertambah semakin banyak yang ditemukan oleh manusia, hal ini dikarenakan sudah merupakan janji Allah untuk memperlihatkannya kepada manusia, ayat yang menjelaskan tentang janji Allah tersebut adalah.......
a.       الله الذي سخر لكم البحر لتجري الفلك فيه بأمره و لتبتغوا من فضله و لعلكم تشكرون
b.      سنريهم آياتنا في الآفاق و في أنفسهم حتى يتبين لهم أنه الحق
c.       ألا إنهم في مرية من لقاء ربهم ألا إنه بكل شيئ محيط
d.      هو الذي خلق لكم ما في الأرض جميعا ثم استوى إلى السماء فسواهن سبع سموات
e.       ألم تر أن الله أنزل من السماء ماءا فأخرج به ثمرات مختلف ألوانها و من الجبال جدد بيض     
  1. Ayat yang berkaitan dengan tata cara penyelesaian perselisihan dari ayat-ayat dibawah adalah ...............
a.       و إن طائفتان من المؤمنين اقتتلوا فأصلحوا بينهما
b.         يا أيها الذين آمنوا لا تتخذوا الذين اتخذوا دينكم هزوا
c.       ألم تر أن الله أنزل من السماء ماءا فأخرج به ثمرات مختلف ألوانها و من الجبال جدد بيض
d.      ألا إنهم في مرية من لقاء ربهم ألا إنه بكل شيئ محيط
e.       سبحانك لا علم لنا إلا ما علمتنا
  1. Salah satu kitab tafsir adalah Mafatihu al Ghaib yang banyak membicarakan tentang matematika, falakiyah, teori alamiah, dan falsafat, penulisnya bernama......
a.       Ibu al fida’ bin Katsir
b.      Jalaluddin as-Suyuthi
c.       Imam Fakhrur Razi
d.      Az-Zamakhsyari
e.       Abu Hayan
  1. Tafsir yang menafsirkanayat al-Qur’an ayat demi ayat, surat demi surat, secarakeseluruhansesuaidenganurutanmushafdisebuttafsir…..
a.       tafsirtahlili
b.      tafsirbilma’tsur
c.       tafsirbilma’qul
d.      tafsirmaudlu’i
e.       tafsiradaby

Tidak ada komentar:

Posting Komentar