TRY OUT MANDIRI KE SATU
MADRASAH ALIYAH ALHIDAYAH KENDAL
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
KODE : 02
Mata pelajaran : Hadis Hari, tanggal : Senin, 2 Desember 2012
Kelas : Keagamaan Waktu : 120 menit
Pilihlah jawaban yang paling benar pada pilihan A, B, C, D atau E !
1.
Apabila terjadi pertentangan antara al jarh dan at ta’dil, yang
dipegang oleh para ahli hadis adalah ...
A.
al
tawaqquf
B.
mendahulukan
jarh daripada ta’dil, meski yang menta’dil lebih banyak daripada yang
mentajrih.
C.
salah
satu dari jarh dan ta’dil tidak bisa didahulukan, kecuali dengan adanya perkara
yang mengukuhkan salah satunya.
D.
menelusuri
para penta’dil
E.
ta’dil
didahulukan daripada jarh, bila yang menta’dil lebih banyak
2.
Imam Bukhori dilahirkan
di kota ...
A. Buchares
B. Budhapest
C. Sijistan
D. Bukhara
E.
Esfahan
3.
Ilmu rijalul hadis adalah ilmu untuk mengetahui para
perawi hadis dalam kapasitas mereka sebagai …
A. penghafal
hadis
B. penulis
kitab hadis
C. pencari
hadis
D. ahli
hadis
E.
perawi hadis
4.
Seorang syaikh
membaca hadis dan orang-orang yang hadir mendengarkannya. Cara penerimaan hadis
seperti ini disebut…
A. al
ijazah
B. as
sima'
C. al
munawalah
D. al
washiyah
E.
al wijadah
5.
Pengertian menerima riwayat hadis dengan cara Ijazah ialah ...
A. belajar hadis
dengan diberi ijazah kelulusan
B. menerima riwayat
hadis dari seorang rowi (syaikh) dalam bentuk kumpulan naskah hadis tanpa
dibacakan atau dibacakan hanya sebagian saja disertai pernyataan ijazah (memberi kewenangan).
C. menerima hadis dari
murid dengan diakhiri ijazah
D. menerima pemberian
kitab hadis dari seorang rowi kitab kumpulan naskah hadis tanpa pernyataan ijazah (memberi kewenangan).
E.
Seorang ahli hadis memberikan hadist atau kitab kepada
muridnya agar sang murid meriwayatkannya darinya
6.
Penyusun pertama Ilmu Hadis Riwayah ialah ...
A.
Imam Bukhori
B.
Imam Muhammad bin Syihab Azzuhri
C.
Imam Muslim
D.
Muhammad Hasan bin Abdirrahman Arramahumzi
E.
Imam Malik bin Anas
7.
Hadits maqbul
mukhtalif yang bisa dikompromikan adalah hadist …
A.
ma’mulun bihi ( diamalkan )
B.
ghairu ma’mulin bihi (
tidakdiamalkan )
C.
mardud
D.
mubah
E.
musalsal
8.
Salah satu cara sahabat menerima hadits dari Nabi
Muhammad saw.adalah ...
A.
mendengar bisikan malaikat jibril
B.
menyaksikan perbuatan sahabat
C.
semedi
D.
menyaksikan peristiwa yang terjadi pada diri rasul.
E.
ilham
9.
Periwayatandenganmemakailafadhقرئ
على فلان و انا اسمع به ...
Adalahperiwayatan yang
di dapatdengan …
A.
as sama’
B.
al wijadah
C.
al washiyah
D.
al qira’ah ‘alasy syaikh
E.
I’lamusysyaikh
10. Hadis yang
diriwayatkantidakkurangdariduaperawidalamsetiaptingkatansanaddisebut …
A.
Haditsmasyhur
B.
haditsgharib
C.
haditsmustafid
D.
hadits
‘aziz
E.
haditsmumfarid
11. Hadits Qudsi adalah ...
A. hadits yang lafadh dan
ma’nanya dari Allah SWT.
B. hadits yang lafadh
Rasulullah dan ma’nanya dari Allah SWT.
C. hadits yang lafadh dan
ma’nanya dari Rasulullah.
D. hadits yang lafadh dari
Allah dan ma’nanya dari Rasulullah.
E.
hadits tentang kesucian Allah dan Rasulullah.
12. Yang tidak termasuk prinsip dasar dalam menjelaskan
kedaan rowi adalah …
A.
Jujur
dan tuntas dalam memberikan penilaian.
B.
Kecermatan dalam meneliti dan menilai.
C.
Menutupi
aib seorang muslim sesuai dengan ajaran islam
D.
Mematuhi
etika al-Jarh.
E.
Menta’dil
secara gelobal dan mentajrih secara rinci.
13. Syarat-syarat
hadits shahih adalah …
A.
bersambung sanadnya, perawinya
adil, dlabith, ada syadz dan tidak ‘illah
B.
bersambung sanadnya, perawinya
adil, dlabith, tidak syadz dan ada‘illah
C.
kurang bersambung sanadnya,
perawinya adil, dlabith, tidaks yadz dan tidak ‘illah
D.
bersambung sanadnya, perawinya kurang adil, dlabith,
tidak syadz dan tidak ‘illah
E.
bersambung sanadnya, perawinya
adil, dlabith, tidak syadz dan tidak ‘illah
14. Ilmu yang
membahas tentang keadaan sanad, matan, tata cara menerima dan menyampaikan
hadis serta sifat-sifat rowi hadis dan sejenisnya disebut ...
A.
Ilmu hadis riwayah
B.
Ilmu hadis nabawi
C.
Ilmu hadis diroyah
D.
Ilmu hadis qudsi
E.
Ilmu hadis fi’li
15. Karya terbesar Imam Bukhari adalah ...
A.
Kitab
al Musnad al Shahih
B.
Kitab
al Sunan al Shahih
C.
Kitab
al Hadits al Shahih
D.
Kitab
al Sunnah al Shahihah
E.
Kitab
al Jami’ al Shahih
16. Di antara cara
untuk mengetahui ke’adilan seorang rowi adalah …
A. pengakuan dirinya
B. kekuatan hafalannya
C. ketidakfanatikannya
D. kejujurannya
E.
kepopulerannya
17. Yang menyebabkan
tidak terbukukannya hadits di masa Rasulullah saw.adalah ...
A. ancaman orang kafir
B. larangan Abu Lahab
C. larangan Umar bin Abdil Aziz
D. karena sahabat tidak mau menulis hadits
E.
larangan Nabi
18. Devinisi Hadits
Mutawatir ialah ...
A. hadits yang diriwayatkan oleh orang banyak yang jumlahnya
tidak memungkinkan terjadinya kebohongan.
B. hadits yang diriwayatkan oleh beberapa orang yang tidak
sepakat bohong
C. hadits yang diriwayatkan oleh orang banyak yang
memungkinkan terjadinya kebohongan.
D. hadits yang diriwayatkan oleh rowi yang tidak mungkin
bohong
E.
hadits yang diriwayatkan oleh 3 orang perawi
19. Hadis
yang di dalam sanadnya terdapat seorang perawi yang menyendiri disebut dengan …
A.
hadis Aziz
B.
hadis Masyhur
C.
hadis Ahad
D.
hadis Marfu'
E.
hadis Gharib
20. Latar belakang
lahirnya kodifikasi ( tadwin ) hadits adalah …
A. pemalsuan hadits
B. perkembangan teknologi
C. semakin luasnya negara Islam
D. perpecahan ummat
E.
kurangnya penghafal hadits
21. Urutan tertinggi
hadits shahih adalah hadits shahih yang …
A. disepakati oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim
B. diriwayatkan sendiri oleh Imam Muslim
C. sesuai dengan syarat Imam Bukhari dan Imam Muslim
D. diriwayatkan oleh Imam Khuzaimah dan Ibnu Hibban
E.
diriwayatkan sendiri oleh Imam Bukhari
22. Periwayatan
dengan memakailafadhفيما أعلمنى شيخي أن
فلانا
Adalah
periwayatan yang di dapat dengan …
A.
as sama’
B.
al qira’ah ‘alasysyaikh
C.
al wijadah
D.
I’lamusy syaikh
E.
al washiyah
23.
Kitab-kitab
hadis yang memuat seluruh bab hadis dinamakan …
A.
Al-Masanid
B.
As-Sunan
C.
Al-Jami’
D.
Al-Mustakhraj
E.
Al-Mustadrakat
24. Imam Muslim wafat
pada tahun ...
A. 279 H.
B. 261 H.
C. 303 H.
D. 273 H.
E.
275 H.
25. Hadits mutawatir
dibagi menjadi tiga yaitu …
A. mutawatir qauli, mutawatir fi’li dan mutawatir taqriri
B. mutawatir qudsi, mutawatir nabawi dan mutawatir hammi
C. mutawatir shahih, mutawatir hasan dan mutawatir dlaif
D. mutawatir lafdhi, mutawatir ma’nawi dan mutawatir amali
E.
mutawatir sanad, mutawatir matan dan mutawatir ruwat
26. Nama lengkap Imam Tirmdzi ialah ...
A. Abu Isa Muhammad bin Isa
B. Abu Abdillah Muhammad bin
Isma’il
C. Abul Husain Muslim bin Al
Hajjaj
D. Abu Abdillah Muhamma bin
Yazid
E.
Abu Abdirrahman Muhammad bin Syu’aib
27.
Jika ada hadits yang sanadnya tabaqah pertama
diriwayatkan oleh 1 orang sahabat, tabaqah kedua diriwayatkan oleh 4 orang
tabiin, tabaqah selanjutnya diriwayatkan oleh 2 orang atba’ tabiin, tabaqah
mu’alifnya 3 orang. Maka hadits semacam ini disebut hadits……..
28.
أبغض الحلال الى الله الطلاّق (رواه ابو داود و ابن ماجه)
Hadits
di atas adalah hadits masyhur dikalangan …
A.
ulama’
fiqih
B.
ulama’
hadits
C.
ulama’
ushul fiqh
D.
ulama’
nahwu
E.
awam
29. Di antara kelebihan
Shahih Bukhari dibanding Shahih Muslim Adalah ...
A. Shahih Bukhari lebih sistimatis
B. Shahih Bukhari terdapat semua jenis hadits
C. Shahih Bukhari terbukukan
D. Shahih Bukhari bersambung sanadnya
E.
Shahih Bukhari terdapat istimbath fiqh
30.
Kitab
hadis yang disusun menurut bab fiqih, bukan menurut para perawi hadis disebut
kitab …
A.
Al-Jami’
B.
Al-Musnad
C.
Al-Mustadrak
D.
Al-Mustakhraj
E.
Al-Musannaf
31.
عن أبي هريرة رضي
الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : من أطاعني فقد أطاع الله ومن
عصاني فقد عصى اللهومن يطع الأمير فقد أطاعني ومن يعص الأمير ... ( متفق عليه
)
Lanjutan hadis di atas adalah ...
A.
فقد
عصاني
B.
فقد يعص
الله ورسوله
C.
فقد يعص
الله
D.
فقد عصى
الله
E.
فقد
يعصيني
32. ومن عصاني فقد عصى الله Arti potongan hadis ini
adalah ...
A. barang siapa yang maksiat padaKumaka ia telah bermaksiat pada
Allah.
B. barang siapa yang maksiat pada pemimpin maka ia telah durhaka
padaku
C. barang siapa yang maksiat padaku (Muhammad) maka ia telah
bermaksiat pada Allah
D. barang siapa yang maksiat pada pemimpin maka ia telah durhaka
padaKu
E.
barang siapa yang
maksiat pada pemimpin maka ia telah durhaka pada pemimpin
33.
فهو أجدر أن لا تزدروا نعمة الله kata yang bergaris bawah bermakna ...
A.
memperhatikan
B.
rela
C.
bersyukur
D.
mengabaikan
E.
rakus
34. Orang yang ingkar kepada pemimpin ( selama
bukan untuk bermaksiat kepada Allah ) berarti ia telah ingkar kepada ...
A.
Allah
B.
pemerintah
C.
orang
lain
D.
sesama
E.
undang
undang
35.
Di
bawah ini potongan hadis yang mengandung arti memanfaatkan kesempatan waktu
sehat sebelum sakit adalah …
A.
حياتك قبل موتك
B.
شبابك قبل هرمك
C.
صحّتك قبل سقمك
D.
فراغك قبل شغلك
E.
غناك قبل فقرك
36. Perhatikan
hadis berikut ini !
قال رسول
الله صلى الله عليه وسلم : السمع والطاعة على المرء المسلم فيما أحب وكره ما لم
يؤمر بمعصية فإذا أمر بمعصية فلا سمع ولا طاعة( رواه البخاري )
Sikap
yang sesuai dengan matan hadis ini adalah …
A. Mengembangkan
dan memerangi pemerintah.
B. Tidak
ikut memberikan sumbangsih pemikiran pada pemerintah.
C. Taat
pada pemerintah dalam kebijakan apapun.
D. Taat
pada pemerintah dalam kebijakan yang sesuai dengan hukum Barat.
E.
Taat pada
pemerintah dalam kebijakan yang sesuai dengan hukum Allah.
37.
مَنْرَأَىمِنْكُمْمُنْكَرًافَلْيُغَيِّرْهُبِيَدِه arti kata yang bergaris bawah adalah...
A.
maka perintahkanlah
B. maka hendaklah
merubahnya
C. maka hendaklah
memerintahkan
D.
maka lakukanlah
E.
maka hendaklah bertanggungjawab
38. Kita
dianjurkan melihat kebawah dalam urusan dunia, tujuannya adalah ...
A.
menjadikan rendah diri
B.
agar selalu bersyukur
C.
meningkatkan kepedulian sosial
D.
suka membantu
E.
mengentaskan kemiskinan
39. و إنَّ الرجلَ لَيَكْذِبُ حتى
يُكْتَبُ عند اللهِ كَذّابًا
Kandungan hadis di atas adalah
bahwa Allah akan selalu mencatat amal perbuatan seorang …
A. pendusta
B. pengkhianat
C. pembunuh
D. penggunjing
E.
penipu
40.
وإن أصابته ضراء ...Lanjutan
potongan hadis ini adalah ...
A.
بكا
B.
سر
C.
صبر
D.
شكر
E.
غضب
41.
Maksud
dari potongan hadis و
على أن نقول بالحق adalah …
A.
Mendengar
dan taat untuk berkata yang haq
B.
Taat
adalah perbuatan yang haq
C.
Perbuatan
yang haq harus ditaati
D.
Ucapan
yang haq harus ditaati
E.
Mendengar
ketaatan adalah haq
42.
عن رجل من الصحابة قال : غزوت مع النبي صلى الله عليه وسلم فسمعته يقول : الناس شركاء في ثلاثة : الكلأ والماء والنار ( رواه أحمد وأبو
داود )
Kata yang bergarisbawah bermakna ...
A.
hutan
B.
air
laut
C.
air
hujan
D.
lahan
E.
gas
alam
43.
Yang
saya kehendaki dari ketaatan adalah melaksanakan perintah dan merealisasikannya
secara sepontan baik dalam kondisi susah atau mudah, dalam kondisi bergairah
atau tidak. Ini adalah pengertian taat menurut …
A.
Abu
Hasan al-Asy’ari
B.
Al-Qurtubi
C.
Hasan
al-Bana
D.
At-Tabari
E.
Jumhur
Ulama’
44. Perhatikan hadis
dibawah ini!
قَالَفِتْنَةُالرَّجُلِفِيأَهْلِهِوَمَالِهِوَوَلَدِهِوَجَارِهِتُكَفِّرُهَاالصَّلَاةُوَالصَّدَقَةُوَالْأَمْرُبِالْمَعْرُوفِوَالنَّهْيُعَنْالْمُنْكَرِ
Hadis ini adalah
dalil yang menerangkan bahwa amar makrufnahi mungkar bisa menyebabkan....
A.
kedamaian
B.
masuk surga
C.
dosanya dihapus
D.
menjadi golongan nabi
E.
negara yang aman
45.
Dibawah
ini potongan hadis yang mendasari bahwa bercermin kepada orang yang lebih
sukses dalam hal duniawi bertentangan dengan konsep syukur adalah …
A.
و لا تنظروا الى من هو فوقكم
B.
فهو اجدر ان لا تزدروا نعمة الله
C.
التحدث بنعمة الله شكر و تركها كفر
D.
و من لم يشكر الناس لم يشكر الله
E.
انظروا الى من اسفل منكم
46.
Pengertian
nahi mungkar adalah …
A.
melarang
untuk berbuat kejelekan
B.
memerintahkan
kebaikan
C.
memerintahkan
agar beribadah kepada Allah
D.
memerintahkan
agar bertanggung jawab
E.
melarang
berbuat kemungkaran
47.
عجبا لأمر المؤمن إن امره كله خير و ليس ذاك لأحد الا
للمؤمن maksud
kata yang bergaris bawah artinya …
A.
Semua
kejadian bagi orang mukmin adalah kebaikan
B.
Semua
kejadian bagi orang mukmin adalah cobaan dari Allah
C.
Sesungguhya
yang baik adalah semua kejadian
D.
Semua
kejadian bagi orang mukmin adalah kebaikan dari Allah
E.
Sesungguhnya
yang baik adalah perkara yang baik
48.
أن الشمس و القمر لا ... لموت احد من الناس lengkapnya kata-kata dalam potongan hadis ini
adalah …
A.
تنكشفان
B.
ينكشفان
C.
ينكسفان
D.
تنكسفان
E.
يكسفان
49.
و خير الصدقة عن ظهر غنى kandungan potongan hadis ini adalah …
A.
santunan
yang baik adalah diambilkan dari orang kaya
B.
santunan
yang baik adalah diberikan tanpa diketahui orang
C.
santunan
yang baik adalah diberikan melalui punggung
D.
santunan
yang baik adalah diberikan kepada orang miskin
E.
santunan
yang baik adalah diberikan kepada orang kaya
50.
Potongan
hadis di bawah ini yang mengandung makna bahwa setiap perempuan bertanggung
jawab atas harta suaminya adalah …
A.
كُلُّكُمْرَاعٍوَمَسْئُولٌعَنْرَعِيَّتِه
B.
وَالْمَرْأَةُفِيبَيْتِزَوْجِهَارَاعِيَةٌوَهِيَمَسْئُولَةٌعَنْرَعِيَّتِهَا
C.
وَالْخَادِمُفِيمَالِسَيِّدِهِرَاعٍوَهُوَمَسْئُولٌعَنْرَعِيَّتِه
D.
فَالْإِمَامُرَاعٍوَمَسْئُولٌعَنْرَعِيَّتِهِ
E.
وَالرَّجُلُفِيأَهْلِهِرَاعٍوَهُوَمَسْئُولٌعَنْرَعِيَّتِه
Tidak ada komentar:
Posting Komentar