TRY OUT MANDIRI KE SATU
MADRASAH ALIYAH ALHIDAYAH KENDAL
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
KODE : 10
Mata pelajaran : Hadist Hari, tanggal : Rabu, 5 Desember 2012
Kelas : Keagamaan Waktu : 120 menit
Pilihlah jawaban yang paling benar pada pilihan A, B, C, D atau E !
1.
Seseorang dapat
mengetahui sanad dan matan suatu hadis ditolak atau diterima dengan cara
mempelajari …
A. Ilmu
hadis Dirayah
B. Ilmu
Hadis Riwayah
C. Ilmu
Asbabul wurud Hadis
D. Ilmu
Nasikh wa Mansukh Hadis
E.
Ilmu Hadis Tajrih
2.
Penyusun pertama Ilmu Hadis Dirayah ialah ...
A.
Imam Bukhori
B.
Imam Muslim
C.
Muhammad Hasan bin Abdirrahman Arramahumzi
D.
Imam Malik bin Anas
E.
Imam Muhammad bin Syihab Azzuhri
3.
Ilmu untuk
mengetahui nama orang-orang yang tidak disebutkan dalam matan atau dalam sanad
adalah …
A. Ilmu
Rijaal Al-Hadis
B. Ilmu
Fannil Mubhamat
C. Ilmu
‘Ilali Al-Hadis
D. Ilmu
Musthalah al-Hadis
E. Ilmu
Gharib al-Hadis
4.
Bentuk tahmul
jumlahnya ada delapan, yang paling lemah adalah …
A. at-Tahammulu
bi al-qiraah ala syekh
B. at-Tahammulu
bi al wasiat
C. at-Tahammulu
bi al munawalah
D. at-Tahammulu
bi al-wijadah
E.
at-Tahammulu bi
al-mukatabah
5.
Seorang syaikh harus hafal hadis yang dibacakan di
hadapannya, sekiranya murid terdapat kesalahan ketika membacakannya, maka
syaikh tersebut bisa membenarkannya. Ini adalah syarat dari …
A. Al
wijadah
B. Al
munawalah
C. Al
ijazah
D. Al
qiraah 'ala syaikh
E.
As sima'
6.
Hadis maqbul
yang tidak bertentangan dengan hadis lain, disebut …
A. Hadis
Shahih
B. Hadis
ahad
C. Hadis
muhkam
D. Hadis
mutawatir
E.
Hadis marfu’
7.
Pada masa Nabi,
ada larangan untuk menulis hadis, alasannya adalah …
A. Hadis
belum ada sanadnya sehingga tidak perlu ditulis
B. Sahabat
belum ada yang bisa menulis
C. Hadis
masih dihafal oleh para sahabat
D. Khawatir
bercampur dengan al-Qur’an
E.
Masih belum ada
budaya tulis menulis
8.
Periwayatan dengan memakai lafadh
وجدت في كتاب فلان ...
Adalah periwayatan yang
di dapat dengan …
A.
as sama’
B.
al qira’ah ‘alasysyaikh
C.
al wijadah
D.
al washiyah
E.
I’lamusysyaikh
9.
Yang dimaksud menerima hadits dengan cara As-Sama’
ialah ...
A. metode menulis di hadapan guru
B. metode membaca di hadapan guru
C. metode pemberian dari guru
D. mendengar bacaan hadits dari guru
E.
mendengar bacaan hadits dari murid
10. Hadis
yang disandarkan kepada Nabi, baik berupa ucapan, perbuatan dan ketetapan,
merupakan cirri dari …
A. hadis
maqbul
B. hadis
mardud
C. hadis
marfu’
D. hadis
mauquf
E.
hadis maqthu’
11. Pengertian menerima
riwayat hadits dengan cara Ijazah
ialah ...
A. belajar hadits dengan diberi ijazah kelulusan
B. menerima hadits dari murid dengan diakhiri ijazah
C. menerima riwayat hadits dari seorang syaikh dalam bentuk
kumpulan naskah hadits tanpa dibacakan atau dibacakan hanya sebagian saja
disertai pernyataan ijazah (memberi
kewenangan).
D. menerima pemberian kitab hadits dari seorang rowi tanpa
pernyataan ijazah
E.
Seorang ahli hadits memberikan hadist atau kitab kepada muridnya agar sang
murid meriwayatkannya darinya
12. Diantara
syarat-syarat meriwayatkan hadits bil ma’na, ialah ...
A. rawi harus bisa mentakwil hadits
B. rawi harus jujur
C. rawi harus mengerti tentang lafadz dan maksudnya
D. rawi harus hafal sanadnya
E.
rawi harus faham maksud gurunya
13. Hadis
yang diriwayatkan tidak kurang dari dua perawi dalam setiap tingkatan sanad
disebut …
A.
hadits masyhur
B.
hadits ‘aziz
C.
hadits gharib
D.
hadits mustafid
E.
hadits mumfarid
14. Karya Imam Muslim yang paling populer adalah
...
A.
Kitab
al Musnad al Shahih
B.
Kitab
al Sunan al Shahih
C.
Kitab
al Jami’ al Shahih
D.
Kitab
al Hadits al Shahih
E.
Kitab
al Sunnah al Shahihah
15. Nama lengkap Imam Nasa’i ialah ...
A. Abu Abdillah Muhammad bin
Isma’il
B. Abul Husain Muslim bin Al
Hajjaj
C. Abu Abdillah Muhamma bin
Yazid
D. Abu Isa Muhammad bin Isa
E.
Abu Abdirrahman Muhammad bin Syu’aib
16. Imam Abu Dawud dilahirkan di kota ...
A. Bukhara
B. Buchares
C. Budhapest
D. Sijistan
E.
Esfahan
17. Ilmu el jarh wa el
ta’diel adalah ilmu yang membahas
tentang keadaan perawi dari sisi …
A.
adilnya
B.
jarhnya
C.
diterima riwayatnya
D.
ditolak riwayatnya
E.
diterima dan ditolak riwayatnya
18. Devinisi Hadits
Ahad ialah …
A. hadits yang diriwayatkan oleh sejumlah orang yang tidak
sepakat bohong
B. hadits yang diriwayatkan oleh sejumlah orang yang jumlahnya
tidak memungkinkan terjadinya kebohongan.
C. hadits yang diriwayatkan oleh sejumlah rowi yang
kurangdari 3 orang
D.
hadits yang diriwayatkan oleh tiga
rowi atau lebih dan tidak sampai pada batas mutawatir
E.
hadits yang diriwayatkan tidak memenuhi
syarat-syarat mutawatir
19. Hadis
mutawatir, masyhur, aziz, dan gharib termasuk kelompok hadis yang ditinjau dari
sisi …
A. ketsiqohan
perawi
B. ketersambungan
sanad
C. kwalitas
sanad
D. jumlah
perawi
E.
penyandarannya
20. Yang
membedakan antara Al-Qur’an dan hadits Qudsi adalah:…
A.
Al-Qur’an diriwayatkan dg makna sedang
Hadis Qudsi tidak
B.
Lafadz
al-Qur’an bukan mu’jizat,sedang Hadits Qudsi mu’jizat
C.
Al-Qur’an tdk
selalu mutawatir,sedang Hadits Qudsi Mutawatir
D.
Al-Qur’an
makna dan lafadnya dari Allah SWT,
sedang Hadits Qudsi
lafadnya dari Rasulullah.
E.
Al-Qur’an dibaca di awal sholat, sedang Hadits Qudsi di akhir
21. Di
bawah ini yang merupakan criteria hadis maqbul, adalah …
A. hadis
yang telah sempurna syarat-syarat penerimaannya
B. memiliki
sanad yang terputus
C. perawi
hadis pernah berdusta
D. matan
hadis bertentangan dengan ijma’
E.
rawi hadis
dipertanyakan ketsiqahannya
22. Periwayatan
dengan memakai lafadh
أخبرنى الشيخ
وصية
Adalah
periwayatan yang di dapat dengan …
A.
as sama’
B.
al qira’ah ‘alasy syaikh
C.
al wijadah
D.
al washiyah
E.
I’lamusy syaikh
23. Seorang
hafidz hadis sengaja mengeluarkan matan hadis dari kitab tertentu, kemudian
meriwayatkannya dengan sanadnya sendiri. Kitab yang memuat hadis-hadis semacam
ini dinamakan kitab …
A. Al-Masanid
B. As-Sunan
C. Al-Mustakhraj
D. Al-Mustadrakat
E.
Al-Jami’
24. Di antara cara
untuk mengetahui ke’adilan seorang rowi adalah …
A. pujian
dari seorang yang adil
B. pujian
dari masyarakat
C. kekuatan hafalannya
D. ketidakfanatikannya
E.
kejujurannya
25. Di antara kelebihan
Shahih Muslim
dibanding Shahih Bukhari adalah
...
A. Shahih Muslim lebih sistimatis
B. Shahih Muslim bersambung sanadnya
C. Shahih Muslim terdapat semua jenis hadits
D. Shahih Muslim terbukukan
E.
Shahih Muslim terdapat istimbath fiqh
26. Hadits
Hasan ada dua macam, yaitu ...
A. Hasan
li nafsihi dan Hasan li ghairihi
B. Hasan li ghairihi dan Hasan bi
nafsihi
C. Hasan bi nafsihi dan Hasan bi
ghairi nafsihi
D. Hasan li dzatihi dan Hasan li
ghairihi
E. Hasan Shohih dan Shohih Hasan
27. Nama
lain hadis masyhur adalah …
28. Nama lengkap Imam Abu Daud adalah ...
A. Ahmad ibn Syu’aib ibn Ali
ibn Bahr ibn Sinan
B. Abu Abdirrahman Muhammad
bin Syu’aib
C. Abu Sulaiman Daud ibn al
Asy’as ibn Basyir ibn Syidad ibn Amran al Azdi As Sijistani
D. Abu Daud Abdirrahman
Muhammad bin Syu’aib
E.
Abu Daud Sulaiman ibn al Asy’as ibn Basyir ibn Syidad
ibn Amran al Azdi As Sijistani
29. Kitab yang berisi hadis-hadis yang urutannya disusun sesuai dengan
urutan rawi yang paling atas (thabaqat shahabat) disebut kitab …
A.
Al-Jami’
B.
Al-Musnad
C.
Al-Musannaf
D.
Al-Mustadrak
E.
Al-Mustakhraj
30. نعم العبدُ صَهِيْبٌ لَو لم يخف
اللهَ لَم يَعْصِيْهِ
Hadits di atas adalah hadits masyhur dikalangan …
A.
ulama’
hadits
B.
ulama’
fiqih
C.
ulama’
ushul fiqh
D.
ulama’
nahwu
E.
masyarakat
awam
31.
عن رجل من الصحابة قال : غزوت مع النبي
صلى الله عليه وسلم فسمعته يقول : الناس شركاء في ثلاثة : الكلأ والماء والنار
( رواه
أحمد وأبو داود )
Kata yang bergaris bawah
bermakna ...
A.
hutan
B.
lahan
C.
air
laut
D.
api
E.
gas
alam
32.
انظروا الى من هو اسفل منكم Kandungan potongan hadis ini adalah
...
A.
lihat
orang yang lebih tinggi darimu dalam urusan dunia
B.
lihat
orang yang lebih rendah darimu dalam urusan akhirat
C.
lihat
orang yang lebih rendah darimu dalam urusan dunia
D.
lihat
kebahagian orang lain dalam urusan dunia
E.
lihat
kesengsaraan orang lain dalam urusan akhirat
33. Porsi perut seseorang untuk makanan adalah ...
A.
dua
pertiga
B.
sepertiga
C.
seperdua
D.
semakin
sedikit semakin baik
E.
semakin
banyak semakin baik
34. Sikap
yang benar dalam menghadapi pemimpin yang durhaka kepada Allah adalah …
A. mentaati
kepemimpinannya
B. membenci
kedurhakaannya
C. membenci
pemimpin yang durhaka pada Allah
D. membangkangnya
E.
tidak
mentaatinya
35. Di bawah ini potongan hadis yang mengandung arti memanfaatkan
kesempatan waktu senggang sebelum sibuk adalah …
A.
حياتك قبل موتك
B.
صحّتك قبل سقمك
C.
شبابك قبل هرمك
D.
فراغك قبل شغلك
E.
غناك قبل فقرك
36. و من مات و ليس فيه عنقه بيعة مات
ميتة جاهلية
Hadis ini mengandung kajian tentang
kewajiban …
A. berbakti
kepada orang tua
B. membentuk
negara Islam
C. pemimpin
yang adil
D. patuh
kepada pemimpin
E.
bertanggung
jawab
37. قبل أن تَدعُوا فَلاَ
يُسْتَجَابَ arti potongan
hadis ini adalah …
A. sebelum
kamu berdo’a atas perbuatan orang mungkar
B. sebelum
kamu berdo’a dan tidak dikabulkan
C. sebelum
kamu berdo’a untuk orang-orang yang mungkar
D. sebelum
kamu berdo’a atas perbuatan mungkar kamu
E.
sebelum kamu
dido’akan orang ketika kamu sudah mati
38. Sarana
untuk taat kepada Allah dapat dilihat dari tiga aspek tali ketaatan, yaitu …
A. hablum
minallah, hablum minannas, hablum minalmakhluq
B. hablum
minallah, hablum minannas, hablum minalkhaliq
C. hablum
minallah, hablum minannas, hablum mimman
D. hablum
minallah, hablum minannas, hablum minal ardi
E.
hablum minallah,
hablum minannas, hablum minalalamin
39. و أَبْغَضَ الناسِ الى اللهِ و أَبْعَدَهُم
مِنهُ مَجْلِسًا إِمَامٌ جَائِرٌ
Kata yang bergaris bawah artinya
adalah …
A. dzalim
B. bertanggung
jawab
C. adil
D. berani
karena benar
E.
jujur
40. إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ ... Lanjutan potongan hadis
ini adalah ...
A.
صبر
B.
بكا
C.
سر
D.
شكر
E.
غضب
41. وَ
إِنَّ اللهَ اِذَا أَحَبَّ قَوْمًا ابْتَلاَهُمْ maksud potongan hadis
ini adalah …
A. kecintaan
Allah ada kaum sesuai besarnya pahala
B. Allah
selalu menguji siapa saja yang dicintainya
C. Allah
selalu memberi pahala kepada orang yang dicintainya
D. Allah
selalu mencintai orang yang tertimpa bencana
E.
kecintaan Allah
tergantung dengan ujian yang diberikannya
42. Potongan hadis di bawah ini yang mengandung makna bahwa setiap
pembantu bertanggung jawab atas harta majikannnya adalah …
A.
كُلُّكُمْ
رَاعٍ وَمَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِه
B.
فَالْإِمَامُ
رَاعٍ وَمَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ
C.
وَالْخَادِمُ
فِي مَالِ سَيِّدِهِ رَاعٍ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِه
D.
وَالْمَرْأَةُ
فِي بَيْتِ زَوْجِهَا رَاعِيَةٌ وَهِيَ مَسْئُولَةٌ عَنْ رَعِيَّتِهَا
E.
وَالرَّجُلُ
فِي أَهْلِهِ رَاعٍ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِه
43. أَتَدْرِى
ما قَطَعْتَ له إِنّما قَطَعْتَ له المَاءَ العِدَّ
Arti kata yang bergaris bawah
adalah …
A. kamu
tidak tahu
B. saya
tidak tahu
C. saya
tidak mengetahui kamu
D. apakah
kamu tahu
E.
kamu tidak
mengetahui
44. إذَا رَاَوْا المنكر لا لا
يُغَيِّرُونَهُ اوشَكَ ان يَعُمّهُمْ اللهُ بِعِقَابِهِ
Ini adalah dalil yang membuktikan
bahwa .
A. Allah
mengadzab orang yang tidak mau da’wah secara umum
B. Allah
mengadzab orang mungkar di dunia dan akherat
C. Allah
mengadzab orang yang melakukan kemungkaran
D. Allah
mengadzab orang yang berda’wah tanpa ilmu
E.
Allah mengadzab
orang yang meninggalkan kemungkaran
45. Dibawah ini potongan hadis yang mendasari bahwa membicarakan nikmat
Allah itu bentuk syukur dan meninggalkannya itu kufur adalah …
A.
انظروا الى من اسفل منكم
B.
و لا تنظروا الى من هو فوقكم
C.
فهو اجدر ان لا تزدروا نعمة الله
D.
التحدث بنعمة الله شكر و تركها كفر
E.
و من لم يشكر الناس لم يشكر الله
46. Pengertian amar ma’ruf adalah …
A.
melarang
untuk berbuat kejelekan
B.
memerintahkan
kebaikan
C.
memerintahkan
agar beribadah kepada Allah
D.
melarang
berbuat kemungkaran
E.
memerintahkan
agar bertanggung jawab
47. إِنّ المُقْسِطِيْنَ عِند اللهِ على
مَنَابِرَ مِن نُورِ الذِيْنَ يَعْدِلُونَ فى حُكْمِهِمْ و اَهْلِيْهِم و مَا
وَلُوْا (رواه مسلم)
Menurut hadis di atas, pemimpin
yang baik adalah yang …
A. bertanggung
jawab dan dipercaya untuk mengemban tugas
B. adil
dalam hukum, keluarga, dan dalam melaksanakan tugas
C. mampu
menempatkan antar urusan pribadi dan golongan
D. bijaksana
dalam member keputusan pengadilan
E.
amanah karena
telah berperilaku adil dan dipercaya
48. فإن لم ...
فبلسانه
A. يستطيع
B. أستطع
C. نستطع
D. تستطع
E.
يستطع
49. Hakekat
taat adalah melaksanakan sesuatu yang diperintahkan. Dan lawannya ma’shiyat
artinya menyimpang dari perintah. Ini adalah pengertian taat menurut …
A.
Abu
Hasan al-Asy’ari
B.
Al-Qurtubi
C.
At-Tabari
D.
Hasan
al-Bana
E.
Jumhur
Ulama’
50. وَ مَنْ يَسْتَغْنِ يُغْنِهِ
اللهُ maksud dari potongan
hadis ini adalah …
A. orang
yang kaya pasti cukup
B. orang
yang merasa cukup Allah akan mencukupkannya
C. orang
yang meminta kecukupan Allah akan mencukupkannya
D. orang
yang ingin kaya pasti Allah akan mengijabahi do’anya
E.
Allah mencukupkan orang yang kaya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar