Mata pelajaran : Hadis Hari, tanggal : Rabu, 5 Desember 2012
Kelas : Keagamaan Waktu : 120 menit
Pilihlah jawaban yang paling benar pada pilihan A, B, C, D atau E !
1.
Pada masa Nabi,
ada larangan untuk menulis hadis, alasannya adalah …
A. Hadis
belum ada sanadnya sehingga tidak perlu ditulis
B. Sahabat
belum ada yang bisa menulis
C. Hadis
masih dihafal oleh para sahabat
D. Masih
belum ada budaya tulis menulis
E.
Khawatir
bercampur dengan al-Qur’an
2.
Periwayatan dengan memakai lafadh
وجدت في كتاب فلان ...
Adalah
periwayatan yang di dapat dengan …
A. as
sama’
B. al
qira’ah ‘alasysyaikh
C. al
washiyah
D. al
wijadah
E.
I’lamusysyaikh
3.
Hadis yang
diriwayatkan tidak kurang dari dua perawi dalam setiap tingkatan sanad disebut
…
A.
hadits masyhur
B.
hadits gharib
C.
hadits mustafid
D.
hadits ‘aziz
E.
hadits mumfarid
4.
Yang dimaksud menerima hadits dengan cara As-Sama’
ialah ...
A.
metode menulis di hadapan guru
B.
metode membaca di hadapan guru
C.
mendengar bacaan hadits dari guru
D.
metode pemberian dari guru
E.
mendengar bacaan hadits dari murid
5.
Hadis yang
disandarkan kepada Nabi, baik berupa ucapan, perbuatan dan ketetapan, merupakan
cirri dari …
A. hadis
maqbul
B. hadis
mardud
C. hadis
mauquf
D. hadis
marfu’
E.
hadis maqthu’
6.
Pengertian menerima riwayat hadits dengan cara Ijazah ialah ...
A.
belajar hadits dengan diberi ijazah kelulusan
B.
Seorang ahli hadits memberikan hadist atau kitab kepada
muridnya agar sang murid meriwayatkannya darinya
C.
menerima hadits dari murid dengan diakhiri ijazah
D.
menerima riwayat hadits dari seorang syaikh dalam bentuk
kumpulan naskah hadits tanpa dibacakan atau dibacakan hanya sebagian saja
disertai pernyataan ijazah (memberi
kewenangan).
E.
menerima pemberian kitab hadits dari seorang rowi tanpa
pernyataan ijazah
7.
Diantara syarat-syarat meriwayatkan hadits bil ma’na,
ialah ...
A.
rawi harus mengerti tentang lafadz dan maksudnya
B.
rawi harus bisa mentakwil hadits
C.
rawi harus jujur
D.
rawi harus hafal sanadnya
E.
rawi harus faham maksud gurunya
8.
Karya Imam Muslim yang paling populer adalah ...
A. Kitab al Musnad al Shahih
B. Kitab al Sunan al Shahih
C. Kitab al Hadits al Shahih
D. Kitab al Sunnah al Shahihah
E.
Kitab al Jami’ al Shahih
9.
Nama lengkap Imam
Nasa’i ialah ...
A.
Abu Abdillah Muhammad bin
Isma’il
B.
Abu Abdirrahman Muhammad
bin Syu’aib
C.
Abul Husain Muslim bin Al
Hajjaj
D.
Abu Abdillah Muhamma bin
Yazid
E.
Abu Isa Muhammad bin Isa
10. Imam Abu Dawud dilahirkan di kota ...
A.
Bukhara
B.
Buchares
C.
Budhapest
D.
Esfahan
E.
Sijistan
11. Ilmu el jarh wa el
ta’diel adalah ilmu yang membahas
tentang keadaan perawi dari sisi …
A.
diterima dan
ditolak riwayatnya
B.
adilnya
C.
jarhnya
D.
diterima riwayatnya
E.
ditolak
riwayatnya
12. Devinisi Hadits
Ahad ialah …
A.
hadits yang diriwayatkan oleh sejumlah orang yang tidak
sepakat bohong
B.
hadits yang diriwayatkan oleh sejumlah orang yang
jumlahnya tidak memungkinkan terjadinya kebohongan.
C.
hadits yang
diriwayatkan oleh tiga rowi atau lebih dan tidak sampai pada batas mutawatir
D.
hadits yang diriwayatkan oleh sejumlah rowi yang
kurangdari 3 orang
E.
hadits yang
diriwayatkan tidak memenuhi syarat-syarat mutawatir
13. Seseorang
dapat mengetahui sanad dan matan suatu hadis ditolak atau diterima dengan cara
mempelajari …
A. Ilmu
Hadis Riwayah
B. Ilmu
Asbabul wurud Hadis
C. Ilmu
Nasikh wa Mansukh Hadis
D. Ilmu
Hadis Tajrih
E.
Ilmu hadis
Dirayah
14. Penyusun pertama
Ilmu Hadis Dirayah ialah ...
A.
Imam Bukhori
B.
Muhammad Hasan bin Abdirrahman Arramahumzi
C.
Imam Muslim
D.
Imam Malik bin Anas
E.
Imam Muhammad bin Syihab Azzuhri
15. Ilmu
untuk mengetahui nama orang-orang yang tidak disebutkan dalam matan atau dalam
sanad adalah …
A. Ilmu
Rijaal Al-Hadis
B. Ilmu
‘Ilali Al-Hadis
C. Ilmu
Musthalah al-Hadis
D. Ilmu
Fannil Mubhamat
E. Ilmu
Gharib al-Hadis
16. Bentuk
tahmul jumlahnya ada delapan, yang paling lemah adalah …
A. at-Tahammulu
bi al-wijadah
B. at-Tahammulu
bi al-qiraah ala syekh
C. at-Tahammulu
bi al wasiat
D. at-Tahammulu
bi al munawalah
E.
at-Tahammulu bi
al-mukatabah
17. Hadis
maqbul yang tidak bertentangan dengan hadis lain, disebut …
A. Hadis
Shahih
B. Hadis
ahad
C. Hadis
mutawatir
D. Hadis
muhkam
E.
Hadis marfu’
18. Hadis
mutawatir, masyhur, aziz, dan gharib termasuk kelompok hadis yang ditinjau dari
sisi …
A. ketsiqohan
perawi
B. jumlah
perawi
C. ketersambungan
sanad
D. kwalitas
sanad
E.
penyandarannya
19. Yang
membedakan antara Al-Qur’an dan hadits Qudsi adalah:…
A.
Al-Qur’an
diriwayatkan dg makna sedang Hadis Qudsi tidak
B.
Al-Qur’an
makna dan lafadnya dari Allah SWT,
sedang Hadits Qudsi lafadnya dari Rasulullah.
C.
Lafadz
al-Qur’an bukan mu’jizat,sedang Hadits Qudsi mu’jizat
D.
Al-Qur’an
tdk selalu mutawatir,sedang Hadits Qudsi Mutawatir
E.
Al-Qur’an dibaca di awal sholat, sedang Hadits Qudsi di akhir
20. Di
bawah ini yang merupakan criteria hadis maqbul, adalah …
A. memiliki
sanad yang terputus
B. perawi
hadis pernah berdusta
C. matan
hadis bertentangan dengan ijma’
D. hadis
yang telah sempurna syarat-syarat penerimaannya
E.
rawi hadis
dipertanyakan ketsiqahannya
21. Periwayatan
dengan memakai lafadh
أخبرنى الشيخ
وصية
Adalah
periwayatan yang di dapat dengan …
A.
al washiyah
B.
as sama’
C.
al qira’ah
‘alasy syaikh
D.
al wijadah
E.
I’lamusy syaikh
22. Seorang
hafidz hadis sengaja mengeluarkan matan hadis dari kitab tertentu, kemudian
meriwayatkannya dengan sanadnya sendiri. Kitab yang memuat hadis-hadis semacam
ini dinamakan kitab …
A. Al-Masanid
B. As-Sunan
C. Al-Mustadrakat
D. Al-Jami’
E.
Al-Mustakhraj
23. Di antara cara
untuk mengetahui ke’adilan seorang rowi adalah …
A.
pujian dari
masyarakat
B.
kekuatan hafalannya
C.
ketidakfanatikannya
D.
kejujurannya
E.
pujian dari
seorang yang adil
24. Seorang syaikh
harus hafal hadis yang dibacakan di hadapannya, sekiranya murid terdapat
kesalahan ketika membacakannya, maka syaikh tersebut bisa membenarkannya. Ini
adalah syarat dari …
A. Al
qiraah 'ala syaikh
B. Al
wijadah
C. Al
munawalah
D. Al
ijazah
E.
As sima'
25. Di antara kelebihan
Shahih Muslim
dibanding Shahih Bukhari adalah
...
A.
Shahih Muslim bersambung sanadnya
B.
Shahih Muslim terdapat semua jenis hadits
C.
Shahih Muslim lebih sistimatis
D.
Shahih Muslim terbukukan
E.
Shahih Muslim terdapat istimbath fiqh
26. Hadits
Hasan ada dua macam, yaitu ...
A. Hasan
li nafsihi dan Hasan li ghairihi
B. Hasan li dzatihi dan Hasan li
ghairihi
C. Hasan li ghairihi dan Hasan bi
nafsihi
D. Hasan bi nafsihi dan Hasan bi
ghairi nafsihi
E. Hasan Shohih dan Shohih Hasan
27. Nama
lain hadis masyhur adalah …
28. Nama lengkap Imam Abu Daud adalah ...
A.
Ahmad ibn Syu’aib ibn Ali
ibn Bahr ibn Sinan
B.
Abu Abdirrahman Muhammad
bin Syu’aib
C.
Abu Sulaiman Daud ibn al
Asy’as ibn Basyir ibn Syidad ibn Amran al Azdi As Sijistani
D.
Abu Daud Sulaiman ibn al
Asy’as ibn Basyir ibn Syidad ibn Amran al Azdi As Sijistani
E.
Abu Daud Abdirrahman
Muhammad bin Syu’aib
29.
عن رجل من
الصحابة قال : غزوت مع النبي صلى الله عليه وسلم فسمعته يقول : الناس شركاء في
ثلاثة : الكلأ والماء والنار ( رواه أحمد وأبو داود )
Kata yang bergaris bawah bermakna ...
A. api
B. hutan
C. lahan
D. air laut
E.
gas alam
30.
انظروا الى من هو اسفل منكم Kandungan potongan hadis ini adalah
...
A. lihat orang yang lebih tinggi darimu dalam
urusan dunia
B. lihat orang yang lebih rendah darimu dalam
urusan akhirat
C. lihat kebahagian orang lain dalam urusan dunia
D. lihat orang yang lebih rendah darimu dalam
urusan dunia
E.
lihat kesengsaraan orang lain dalam urusan akhirat
31. Porsi perut seseorang untuk makanan adalah ...
A.
dua pertiga
B.
seperdua
C.
sepertiga
D.
semakin sedikit semakin baik
E.
semakin banyak semakin baik
32. فإن لم ...
فبلسانه
A. يستطع
B. أستطع
C. نستطع
D. تستطع
E.
يستطيع
33. إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ ... Lanjutan potongan hadis
ini adalah ...
A.
شكر
B.
صبر
C.
بكا
D.
سر
E.
غضب
34. وَ
إِنَّ اللهَ اِذَا أَحَبَّ قَوْمًا ابْتَلاَهُمْ maksud potongan hadis
ini adalah …
A. Allah
selalu menguji siapa saja yang dicintainya
B. kecintaan
Allah ada kaum sesuai besarnya pahala
C. Allah
selalu memberi pahala kepada orang yang dicintainya
D. Allah
selalu mencintai orang yang tertimpa bencana
E.
kecintaan Allah
tergantung dengan ujian yang diberikannya
35. Hakekat
taat adalah melaksanakan sesuatu yang diperintahkan. Dan lawannya ma’shiyat
artinya menyimpang dari perintah. Ini adalah pengertian taat menurut …
A.
Abu
Hasan al-Asy’ari
B.
At-Tabari
C.
Hasan
al-Bana
D.
Al-Qurtubi
E.
Jumhur
Ulama’
36. وَ مَنْ يَسْتَغْنِ يُغْنِهِ
اللهُ maksud dari potongan
hadis ini adalah …
A. orang
yang kaya pasti cukup
B. orang
yang meminta kecukupan Allah akan mencukupkannya
C. orang
yang ingin kaya pasti Allah akan mengijabahi do’anya
D. orang
yang merasa cukup Allah akan mencukupkannya
E.
Allah mencukupkan orang yang kaya
37. Sikap
yang benar dalam menghadapi pemimpin yang durhaka kepada Allah adalah …
A. mentaati
kepemimpinannya
B. membenci
pemimpin yang durhaka pada Allah
C. membangkangnya
D. membenci
kedurhakaannya
E.
tidak
mentaatinya
38. Di bawah ini potongan hadis yang mengandung arti memanfaatkan
kesempatan waktu senggang sebelum sibuk adalah …
A.
فراغك قبل شغلك
B.
حياتك قبل موتك
C.
صحّتك قبل سقمك
D.
شبابك قبل هرمك
E.
غناك قبل فقرك
39. و من مات و ليس فيه عنقه بيعة مات
ميتة جاهلية
Hadis ini mengandung kajian tentang
kewajiban …
A. berbakti
kepada orang tua
B. membentuk
negara Islam
C. pemimpin
yang adil
D. bertanggung
jawab
E.
patuh kepada
pemimpin
40. قبل أن تَدعُوا فَلاَ
يُسْتَجَابَ arti potongan
hadis ini adalah …
A. sebelum
kamu berdo’a atas perbuatan orang mungkar
B. sebelum
kamu berdo’a untuk orang-orang yang mungkar
C. sebelum
kamu berdo’a dan tidak dikabulkan
D. sebelum
kamu berdo’a atas perbuatan mungkar kamu
E.
sebelum kamu
dido’akan orang ketika kamu sudah mati
41. Kitab yang berisi hadis-hadis yang urutannya disusun sesuai dengan
urutan rawi yang paling atas (thabaqat shahabat) disebut kitab …
A.
Al-Jami’
B.
Al-Musannaf
C.
Al-Musnad
D.
Al-Mustadrak
E.
Al-Mustakhraj
42. نعم العبدُ صَهِيْبٌ لَو لم يخف
اللهَ لَم يَعْصِيْهِ
Hadits di atas adalah hadits masyhur
dikalangan …
A.
ulama’ nahwu
B.
ulama’ hadits
C.
ulama’ fiqih
D.
ulama’ ushul fiqh
E.
masyarakat awam
43. Sarana
untuk taat kepada Allah dapat dilihat dari tiga aspek tali ketaatan, yaitu …
A. hablum
minallah, hablum minannas, hablum minalmakhluq
B. hablum
minallah, hablum minannas, hablum minalalamin
C. hablum
minallah, hablum minannas, hablum minalkhaliq
D. hablum
minallah, hablum minannas, hablum mimman
E.
hablum minallah,
hablum minannas, hablum minal ardi
44. و أَبْغَضَ الناسِ الى اللهِ و أَبْعَدَهُم
مِنهُ مَجْلِسًا إِمَامٌ جَائِرٌ
Kata yang bergaris bawah artinya
adalah …
A. bertanggung
jawab
B. dzalim
C. adil
D. berani
karena benar
E.
jujur
45. Potongan hadis di bawah ini yang mengandung makna bahwa setiap
pembantu bertanggung jawab atas harta majikannnya adalah …
A.
كُلُّكُمْ
رَاعٍ وَمَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِه
B.
فَالْإِمَامُ
رَاعٍ وَمَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ
C.
وَالْمَرْأَةُ
فِي بَيْتِ زَوْجِهَا رَاعِيَةٌ وَهِيَ مَسْئُولَةٌ عَنْ رَعِيَّتِهَا
D.
وَالرَّجُلُ
فِي أَهْلِهِ رَاعٍ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِه
E.
وَالْخَادِمُ
فِي مَالِ سَيِّدِهِ رَاعٍ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِه
46. أَتَدْرِى
ما قَطَعْتَ له إِنّما قَطَعْتَ له المَاءَ العِدَّ
Arti kata yang bergaris bawah
adalah …
A. kamu
tidak tahu
B. saya
tidak tahu
C. apakah
kamu tahu
D. saya
tidak mengetahui kamu
E.
kamu tidak mengetahui
47. إذَا رَاَوْا المنكر لا لا
يُغَيِّرُونَهُ اوشَكَ ان يَعُمّهُمْ اللهُ بِعِقَابِهِ
Ini adalah dalil yang membuktikan
bahwa .
A. Allah
mengadzab orang mungkar di dunia dan akherat
B. Allah
mengadzab orang yang melakukan kemungkaran
C. Allah
mengadzab orang yang berda’wah tanpa ilmu
D. Allah
mengadzab orang yang meninggalkan kemungkaran
E.
Allah mengadzab
orang yang tidak mau da’wah secara umum
48. Dibawah ini potongan hadis yang mendasari bahwa membicarakan nikmat
Allah itu bentuk syukur dan meninggalkannya itu kufur adalah …
A.
انظروا الى من اسفل منكم
B.
التحدث بنعمة الله شكر و تركها كفر
C.
و لا تنظروا الى من هو فوقكم
D.
فهو اجدر ان لا تزدروا نعمة الله
E.
و من لم يشكر الناس لم يشكر الله
49. Pengertian amar ma’ruf adalah …
A.
melarang
untuk berbuat kejelekan
B.
memerintahkan
agar beribadah kepada Allah
C.
melarang
berbuat kemungkaran
D.
memerintahkan
agar bertanggung jawab
E.
memerintahkan
kebaikan
50. إِنّ المُقْسِطِيْنَ عِند اللهِ على
مَنَابِرَ مِن نُورِ الذِيْنَ يَعْدِلُونَ فى حُكْمِهِمْ و اَهْلِيْهِم و مَا
وَلُوْا (رواه مسلم)
Menurut hadis di atas, pemimpin
yang baik adalah yang …
A. bertanggung
jawab dan dipercaya untuk mengemban tugas
B. mampu
menempatkan antar urusan pribadi dan golongan
C. adil
dalam hukum, keluarga, dan dalam melaksanakan tugas
D. bijaksana
dalam member keputusan pengadilan
E.
amanah karena
telah berperilaku adil dan dipercaya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar