Selasa, 25 Februari 2014

Soal UN Hadist Keagamaan Kode : 09




TRY OUT MANDIRI KE SATU
MADRASAH ALIYAH ALHIDAYAH KENDAL
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
KODE : 09

Mata pelajaran          : Hadis                                             Hari, tanggal  : Rabu, 5 Desember 2012
Kelas                           : Keagamaan                                  Waktu              : 120 menit

Pilihlah jawaban yang paling benar pada pilihan A, B, C, D atau E !
1.        Pada masa Nabi, ada larangan untuk menulis hadis, alasannya adalah …
A.       Hadis belum ada sanadnya sehingga tidak perlu ditulis
B.       Sahabat belum ada yang bisa menulis
C.       Hadis masih dihafal oleh para sahabat
D.       Masih belum ada budaya tulis menulis
E.        Khawatir bercampur dengan al-Qur’an
2.        Periwayatan dengan memakai lafadh
وجدت في كتاب فلان ...
Adalah periwayatan yang di dapat dengan …
A.       as sama’
B.       al qira’ah ‘alasysyaikh
C.       al washiyah
D.       al wijadah
E.        I’lamusysyaikh
3.        Hadis yang diriwayatkan tidak kurang dari dua perawi dalam setiap tingkatan sanad disebut …
A.       hadits masyhur
B.       hadits gharib
C.       hadits mustafid
D.       hadits ‘aziz
E.        hadits mumfarid

4.        Yang dimaksud menerima hadits dengan cara As-Sama’ ialah ...
A.       metode menulis di hadapan guru
B.       metode membaca di hadapan guru
C.       mendengar bacaan hadits dari guru
D.       metode pemberian dari guru
E.        mendengar bacaan hadits dari murid
5.        Hadis yang disandarkan kepada Nabi, baik berupa ucapan, perbuatan dan ketetapan, merupakan cirri dari …
A.       hadis maqbul
B.       hadis mardud
C.       hadis mauquf
D.       hadis marfu’
E.        hadis maqthu’
6.        Pengertian menerima riwayat hadits dengan cara Ijazah ialah ...
A.       belajar hadits dengan diberi ijazah kelulusan
B.       Seorang ahli hadits memberikan hadist atau kitab kepada muridnya agar sang murid meriwayatkannya darinya
C.       menerima hadits dari murid dengan diakhiri ijazah
D.       menerima riwayat hadits dari seorang syaikh dalam bentuk kumpulan naskah hadits tanpa dibacakan atau dibacakan hanya sebagian saja disertai pernyataan ijazah (memberi kewenangan).
E.        menerima pemberian kitab hadits dari seorang rowi tanpa pernyataan ijazah
7.        Diantara syarat-syarat meriwayatkan hadits bil ma’na, ialah ...
A.       rawi harus mengerti tentang lafadz dan maksudnya
B.       rawi harus bisa mentakwil hadits
C.       rawi harus jujur
D.       rawi harus hafal sanadnya
E.        rawi harus faham maksud gurunya
8.        Karya Imam Muslim yang paling populer adalah ...
A.       Kitab al Musnad al Shahih
B.       Kitab al Sunan al Shahih
C.       Kitab al Hadits al Shahih
D.       Kitab al Sunnah al Shahihah
E.        Kitab al Jami’ al Shahih
9.        Nama lengkap Imam Nasa’i ialah ...
A.       Abu Abdillah Muhammad bin Isma’il
B.       Abu Abdirrahman Muhammad bin Syu’aib
C.       Abul Husain Muslim bin Al Hajjaj
D.       Abu Abdillah Muhamma bin Yazid
E.        Abu Isa Muhammad bin Isa
10.    Imam Abu Dawud dilahirkan di kota ...
A.       Bukhara
B.       Buchares
C.       Budhapest
D.       Esfahan
E.        Sijistan
11.    Ilmu el jarh wa el ta’diel  adalah ilmu yang membahas tentang keadaan perawi dari sisi …
A.       diterima dan ditolak riwayatnya
B.       adilnya
C.       jarhnya
D.       diterima  riwayatnya
E.        ditolak riwayatnya
12.    Devinisi Hadits Ahad ialah …
A.       hadits yang diriwayatkan oleh sejumlah orang yang tidak sepakat bohong
B.       hadits yang diriwayatkan oleh sejumlah orang yang jumlahnya tidak memungkinkan terjadinya kebohongan.
C.       hadits yang diriwayatkan oleh tiga rowi atau lebih dan tidak sampai pada batas mutawatir
D.       hadits yang diriwayatkan oleh sejumlah rowi yang kurangdari 3 orang
E.        hadits yang diriwayatkan tidak memenuhi syarat-syarat mutawatir
13.    Seseorang dapat mengetahui sanad dan matan suatu hadis ditolak atau diterima dengan cara mempelajari 
A.       Ilmu Hadis Riwayah
B.       Ilmu Asbabul wurud Hadis
C.       Ilmu Nasikh wa Mansukh Hadis
D.       Ilmu Hadis Tajrih
E.        Ilmu hadis Dirayah
14.    Penyusun pertama Ilmu Hadis Dirayah ialah ...
A.       Imam Bukhori
B.       Muhammad Hasan bin Abdirrahman Arramahumzi
C.       Imam Muslim
D.       Imam Malik bin Anas
E.        Imam Muhammad bin Syihab Azzuhri
15.    Ilmu untuk mengetahui nama orang-orang yang tidak disebutkan dalam matan atau dalam sanad adalah …
A.    Ilmu Rijaal Al-Hadis
B.     Ilmu ‘Ilali  Al-Hadis
C.     Ilmu Musthalah al-Hadis
D.    Ilmu Fannil Mubhamat
E.     Ilmu Gharib al-Hadis
16.    Bentuk tahmul jumlahnya ada delapan, yang paling lemah adalah …
A.       at-Tahammulu bi al-wijadah
B.       at-Tahammulu bi al-qiraah ala syekh
C.       at-Tahammulu bi al wasiat
D.       at-Tahammulu bi al munawalah
E.        at-Tahammulu bi al-mukatabah
17.    Hadis maqbul yang tidak bertentangan dengan hadis lain, disebut …
A.       Hadis Shahih
B.       Hadis ahad
C.       Hadis mutawatir
D.       Hadis muhkam
E.        Hadis marfu’
18.    Hadis mutawatir, masyhur, aziz, dan gharib termasuk kelompok hadis yang ditinjau dari sisi …
A.       ketsiqohan perawi
B.       jumlah perawi
C.       ketersambungan sanad
D.       kwalitas sanad
E.        penyandarannya
19.    Yang membedakan antara Al-Qur’an dan hadits Qudsi adalah:…
A.       Al-Qur’an diriwayatkan dg makna sedang Hadis Qudsi tidak
B.        Al-Qur’an makna dan lafadnya dari Allah SWT,  sedang Hadits Qudsi lafadnya dari Rasulullah.
C.        Lafadz al-Qur’an bukan mu’jizat,sedang Hadits Qudsi mu’jizat
D.       Al-Qur’an tdk selalu mutawatir,sedang Hadits Qudsi Mutawatir
E.        Al-Qur’an dibaca di awal sholat, sedang Hadits Qudsi di akhir
20.    Di bawah ini yang merupakan criteria hadis maqbul, adalah …
A.       memiliki sanad yang terputus
B.       perawi hadis pernah berdusta
C.       matan hadis bertentangan dengan ijma’
D.       hadis yang telah sempurna syarat-syarat penerimaannya
E.        rawi hadis dipertanyakan ketsiqahannya
21.    Periwayatan dengan memakai lafadh
أخبرنى الشيخ وصية       
Adalah periwayatan yang di dapat dengan …
A.       al washiyah
B.       as sama’
C.       al qira’ah ‘alasy syaikh
D.       al wijadah
E.        I’lamusy syaikh
22.    Seorang hafidz hadis sengaja mengeluarkan matan hadis dari kitab tertentu, kemudian meriwayatkannya dengan sanadnya sendiri. Kitab yang memuat hadis-hadis semacam ini dinamakan kitab …
A.       Al-Masanid
B.       As-Sunan
C.       Al-Mustadrakat
D.       Al-Jami’
E.        Al-Mustakhraj
23.    Di antara cara untuk mengetahui ke’adilan seorang rowi adalah …
A.       pujian dari masyarakat
B.       kekuatan hafalannya
C.       ketidakfanatikannya
D.       kejujurannya
E.        pujian dari seorang yang adil
24.    Seorang syaikh harus hafal hadis yang dibacakan di hadapannya, sekiranya murid terdapat kesalahan ketika membacakannya, maka syaikh tersebut bisa membenarkannya. Ini adalah syarat dari …
A.       Al qiraah 'ala syaikh
B.       Al wijadah
C.       Al munawalah
D.       Al ijazah
E.        As sima'
25.    Di antara kelebihan Shahih Muslim dibanding Shahih Bukhari adalah ...
A.       Shahih Muslim bersambung sanadnya
B.       Shahih Muslim terdapat semua jenis hadits
C.       Shahih Muslim lebih sistimatis
D.       Shahih Muslim terbukukan
E.        Shahih Muslim terdapat istimbath fiqh
26.    Hadits Hasan ada dua macam, yaitu ...
A.    Hasan li nafsihi dan Hasan li ghairihi
B.     Hasan li dzatihi dan Hasan li ghairihi
C.     Hasan li ghairihi dan Hasan bi nafsihi
D.    Hasan bi nafsihi dan Hasan bi ghairi  nafsihi
E.     Hasan Shohih dan Shohih Hasan
27.    Nama lain hadis masyhur adalah …
A.       Gharib nisbi
B.       Mutawatir
C.       Mustafidz
D.       Aziz
E.        Gharib muthlaq
28.    Nama lengkap Imam Abu Daud adalah ...
A.       Ahmad ibn Syu’aib ibn Ali ibn Bahr ibn Sinan
B.       Abu Abdirrahman Muhammad bin Syu’aib
C.       Abu Sulaiman Daud ibn al Asy’as ibn Basyir ibn Syidad ibn Amran al Azdi As Sijistani
D.       Abu Daud Sulaiman ibn al Asy’as ibn Basyir ibn Syidad ibn Amran al Azdi As Sijistani
E.        Abu Daud Abdirrahman Muhammad bin Syu’aib
29.     
عن رجل من الصحابة قال : غزوت مع النبي صلى الله عليه وسلم فسمعته يقول : الناس شركاء في ثلاثة : الكلأ والماء والنار ( رواه أحمد وأبو داود )

Kata yang bergaris bawah bermakna ...
A.       api
B.       hutan
C.       lahan
D.       air laut
E.        gas alam
30.      انظروا الى من هو اسفل منكم   Kandungan potongan hadis ini adalah ...
A.       lihat orang yang lebih tinggi darimu dalam urusan dunia
B.       lihat orang yang lebih rendah darimu dalam urusan akhirat
C.       lihat kebahagian orang lain dalam urusan dunia
D.       lihat orang yang lebih rendah darimu dalam urusan dunia
E.        lihat kesengsaraan orang lain dalam urusan akhirat
31.    Porsi perut seseorang untuk makanan adalah ...
A.       dua pertiga
B.       seperdua
C.       sepertiga
D.       semakin sedikit semakin baik
E.        semakin banyak semakin baik
32.          فإن لم ... فبلسانه
A.       يستطع
B.       أستطع
C.        نستطع
D.        تستطع
E.         يستطيع
33.    إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ ...     Lanjutan potongan hadis ini adalah ...
A.       شكر
B.       صبر
C.       بكا
D.       سر
E.        غضب
34.     وَ إِنَّ اللهَ اِذَا أَحَبَّ قَوْمًا ابْتَلاَهُمْ      maksud potongan hadis ini adalah …
A.       Allah selalu menguji siapa saja yang dicintainya
B.       kecintaan Allah ada kaum sesuai besarnya pahala
C.       Allah selalu memberi pahala kepada orang yang dicintainya
D.       Allah selalu mencintai orang yang tertimpa bencana
E.        kecintaan Allah tergantung dengan ujian yang diberikannya
35.    Hakekat taat adalah melaksanakan sesuatu yang diperintahkan. Dan lawannya ma’shiyat artinya menyimpang dari perintah. Ini adalah pengertian taat menurut …
A.       Abu Hasan al-Asy’ari
B.       At-Tabari
C.       Hasan al-Bana
D.       Al-Qurtubi
E.        Jumhur Ulama’
36.    وَ مَنْ يَسْتَغْنِ يُغْنِهِ اللهُ      maksud dari potongan hadis ini adalah …
A.       orang yang kaya pasti cukup
B.       orang yang meminta kecukupan Allah akan mencukupkannya
C.       orang yang ingin kaya pasti Allah akan mengijabahi do’anya
D.       orang yang merasa cukup Allah akan mencukupkannya
E.        Allah  mencukupkan orang yang kaya
37.    Sikap yang benar dalam menghadapi pemimpin yang durhaka kepada Allah adalah …
A.       mentaati kepemimpinannya
B.       membenci pemimpin yang durhaka pada Allah
C.       membangkangnya
D.       membenci kedurhakaannya
E.        tidak mentaatinya 
38.    Di bawah ini potongan hadis yang mengandung arti memanfaatkan kesempatan waktu senggang sebelum sibuk adalah …
A.       فراغك قبل شغلك
B.        حياتك قبل موتك
C.       صحّتك قبل سقمك
D.       شبابك قبل هرمك
E.        غناك قبل فقرك  
39.    و من مات و ليس فيه عنقه بيعة مات ميتة جاهلية       
Hadis ini mengandung kajian tentang kewajiban …
A.       berbakti kepada orang tua
B.       membentuk negara Islam
C.       pemimpin yang adil
D.       bertanggung jawab
E.        patuh kepada pemimpin
40.    قبل أن تَدعُوا فَلاَ يُسْتَجَابَ             arti potongan hadis ini adalah …
A.       sebelum kamu berdo’a atas perbuatan orang mungkar
B.       sebelum kamu berdo’a untuk orang-orang yang mungkar
C.       sebelum kamu berdo’a dan tidak dikabulkan
D.       sebelum kamu berdo’a atas perbuatan mungkar kamu
E.        sebelum kamu dido’akan orang ketika kamu sudah mati
41.    Kitab yang berisi hadis-hadis yang urutannya disusun sesuai dengan urutan rawi yang paling atas (thabaqat shahabat) disebut kitab …
A.       Al-Jami’
B.       Al-Musannaf
C.       Al-Musnad
D.       Al-Mustadrak
E.        Al-Mustakhraj
42.    نعم العبدُ صَهِيْبٌ لَو لم يخف اللهَ لَم يَعْصِيْهِ         
Hadits di atas adalah hadits masyhur dikalangan …
A.       ulama’ nahwu
B.       ulama’ hadits
C.       ulama’ fiqih
D.       ulama’ ushul fiqh
E.        masyarakat awam
43.    Sarana untuk taat kepada Allah dapat dilihat dari tiga aspek tali ketaatan, yaitu …
A.       hablum minallah, hablum minannas, hablum minalmakhluq
B.       hablum minallah, hablum minannas, hablum minalalamin
C.       hablum minallah, hablum minannas, hablum minalkhaliq
D.       hablum minallah, hablum minannas, hablum mimman
E.        hablum minallah, hablum minannas, hablum minal ardi
44.      و أَبْغَضَ الناسِ الى اللهِ و أَبْعَدَهُم مِنهُ مَجْلِسًا إِمَامٌ جَائِرٌ
Kata yang bergaris bawah artinya adalah …
A.       bertanggung jawab
B.       dzalim
C.       adil
D.       berani karena benar
E.        jujur
45.    Potongan hadis di bawah ini yang mengandung makna bahwa setiap pembantu bertanggung jawab atas harta majikannnya adalah …
A.       كُلُّكُمْ رَاعٍ وَمَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِه
B.       فَالْإِمَامُ رَاعٍ وَمَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ
C.       وَالْمَرْأَةُ فِي بَيْتِ زَوْجِهَا رَاعِيَةٌ وَهِيَ مَسْئُولَةٌ عَنْ رَعِيَّتِهَا
D.       وَالرَّجُلُ فِي أَهْلِهِ رَاعٍ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِه
E.        وَالْخَادِمُ فِي مَالِ سَيِّدِهِ رَاعٍ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِه
46.        أَتَدْرِى ما قَطَعْتَ له إِنّما قَطَعْتَ له المَاءَ العِدَّ   
Arti kata yang bergaris bawah adalah …
A.       kamu tidak tahu
B.       saya tidak tahu
C.       apakah kamu tahu
D.       saya tidak mengetahui kamu
E.        kamu tidak mengetahui
47.    إذَا رَاَوْا المنكر لا لا يُغَيِّرُونَهُ اوشَكَ ان يَعُمّهُمْ اللهُ بِعِقَابِهِ 
Ini adalah dalil yang membuktikan bahwa .
A.       Allah mengadzab orang mungkar di dunia dan akherat
B.       Allah mengadzab orang yang melakukan kemungkaran
C.       Allah mengadzab orang yang berda’wah tanpa ilmu
D.       Allah mengadzab orang yang meninggalkan kemungkaran
E.        Allah mengadzab orang yang tidak mau da’wah secara umum
48.    Dibawah ini potongan hadis yang mendasari bahwa membicarakan nikmat Allah itu bentuk syukur dan meninggalkannya itu kufur adalah …
A.       انظروا الى من اسفل منكم
B.       التحدث بنعمة الله شكر و تركها كفر
C.       و لا تنظروا الى من هو فوقكم
D.       فهو اجدر ان لا تزدروا نعمة الله
E.        و من لم يشكر الناس لم يشكر الله
49.    Pengertian amar ma’ruf adalah …
A.    melarang untuk berbuat kejelekan
B.     memerintahkan agar beribadah kepada Allah
C.     melarang berbuat kemungkaran
D.    memerintahkan agar bertanggung jawab
E.     memerintahkan kebaikan
50.    إِنّ المُقْسِطِيْنَ عِند اللهِ على مَنَابِرَ مِن نُورِ الذِيْنَ يَعْدِلُونَ فى حُكْمِهِمْ و اَهْلِيْهِم و مَا وَلُوْا (رواه مسلم)
Menurut hadis di atas, pemimpin yang baik adalah yang …
A.       bertanggung jawab dan dipercaya untuk mengemban tugas
B.       mampu menempatkan antar urusan pribadi dan golongan
C.       adil dalam hukum, keluarga, dan dalam melaksanakan tugas
D.       bijaksana dalam member keputusan pengadilan
E.        amanah karena telah berperilaku adil dan dipercaya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar