Rabu, 19 Februari 2014

Soal UN Tafsir Jur.Keagamaan(KAG) kode.03



TRY OUT MANDIRI I
MADRASAH ALIYAH AL-HIDAYAH KENDAL
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
KODE : 03

Mata pelajaran  : Tafsir                                                      Hari, tanggal   :
Kelas                   : XII Keagamaan                                     Waktu              : 120 menit

Pilihlahjawaban yang paling benarpadapilihan A, B, C, D atauE !
  1. Syarat-syarat terjemah adalah sebagai berikut kecuali.....
a.       Mengetahui bahasa asal dan bahasa terjemah
b.      Penerjemah harus hafal makna mufradatnya
c.       Mengetahui karakteristik bahasa asal dan bahasa terjemah
d.      Harus ada kesesuaian ma’na antara bahasa asli dan bahasa terjemah
e.       Bentuk tarjamah harus terpisah
  1. Dibawah ini yang bukan isim ma’rifat adalah……
a.       الذين                       
b.      شخص
c.       ابراهيم
d.      مسجد الكبير               
e.       اولئك
  1. Perhatikan QS. Az-Zumar : 21.
إن في ذالك لذكرى لأولى الألباب
Isim mufrad dari lafadz الألباب  adalah......
a.       اللب
b.      الألب                       
c.       القلوب
d.      اللبيب                       
e.       اللبابة
  1. Perbedaanantaratafsirdanilmutafsiradalah…..
a.       Tafsirberisitentangpenjelasankalam, ilmutafsirtentangpengamalan al-Qur’an
b.      Tafsirberisitentangpenjelasan, ilmutafsirberisitentangkaidahuntukmenjelaskan.
c.       Tafsirterisitentangkaidahdalammenjelaskan, ilmutafsirtentangprakteknya
d.      Tafsirberisitentanghakekatkalam, ilmutafsirtentangpenjelasan
e.       Tafsirberisitentangkaidahtafsir, ilmutafsirtentangkaidah al-Qur’an.
  1. Pembukuantafsirdimulaisejakmasapemerintahankhalifah…..
a.       Abdul malik bin marwan
b.      Umar bin Abdul Aziz
c.       MusthafaKamalAtaturk
d.      Ali bin AbiThalib
e.       Umar bin Khatab
  1. Dibawahiniadalahnama-namasahabat yang terkenalsebagaiahlitafsir, kecuali…..
a.       Abdullah bin Abbas
b.      Abdullah bin Abu Bakar
c.       Abdullah bin Umar
d.      Abdullah bin Mas’ud
e.       Umar bin Khaththab
  1. Ciri-ciritafsirpadamasasahabatadalahdibawahinikecuali……
a.       tafsirnyamasihditulisdibenda-benda
b.      tidakmenafsiri al-Qur’an secarakeseluruhan
c.       cukupmenjelaskanmaknamufradat
d.      masihberupahadits yang tersebarsecaralisan
e.       sedikitperbedaanpendapatdalammenafsiriayat al-Qur’an
  1. Tafsir yang menafsirkanayat al-Qur’an ayat demi ayat, surat demi surat, secarakeseluruhansesuaidenganurutanmushafdisebuttafsir…..
a.       tafsirbilma’qul
b.      tafsirmaudlu’i
c.       tafsirtahlili
d.      tafsirbilma’tsur
e.       tafsiradaby
  1. Sahabat yang mengusulkanpembukuan Al-Qur’an padamasaUtsmanadalah….
a.       Zaid bin tsabit
b.      Hudzaifah bin Al-Yaman
c.       Abu Musa Al-Asy’ari
d.      Umar bin khathab
e.       Yahya bin Ya’mar
  1. Dibawahini, adalahmacam-macambentukmarja’ dlamirghaibsebelum dlamir, kecuali…..
a.       berupalafadz yang muthabiq
b.      berupasiyaqulkalam
c.       berupadilalahdarilafadztertentu
d.      berupakandungandarilafadztertentu
e.       berupalafadz yang tidaknampak yang ditunjukkanoleh kata tertentu
  1. Alasan yang melatarbelakangi kemunculan tafsir bil ra’yi adalah.....
a.       Logika manusia dengan menemukan kebenaran
b.      Tafsir bi ra’yi lebih sesuai dengan zaman
c.       Tidak semua ayat al-qur’an dijelaskan penafsirannya oleh Rasulullah
d.      Tafsir bi ra’yi lebih baik dari pada tafsir bil ma’tsur
e.       Kemampuan ulama dalam menafsirkan al-Qur’an menggunakan riwayat berkurang.
  1. Salah satu kitab tafsir adalah Mafatihu al Ghaib yang banyak membicarakan tentang matematika, falakiyah, teori alamiah, dan falsafat, penulisnya bernama......
a.       Ibu al fida’ bin Katsir
b.      Imam Fakhrur Razi
c.       Jalaluddin as-Suyuthi
d.      Az-Zamakhsyari
e.       Abu Hayan
  1. Berikut ini adalah tokoh-tokoh dari sahabat Nabi yang dijadikan sandaran dalam ilmu qira’at, kecuali......
a.       Ubay bin Ka’ab
b.      Usman bin Affan
c.       Sa’id bin Al Musayab
d.      Abu Darda’
e.       Ali bin Abi Thalib
  1. Yang dijadikan pedoman dalam memastikan qira’ah yang benar adalah sebagai berikut, kecuali......
a.       sanadnya sambung
b.      sesuai dengan salah satu mushaf Usmani
c.       sanadnya shahih
d.      sesuai dengan kaidah bahasa arab
e.       sanadnya mutawatir
  1. Qari’ yang terkenal yang berasal dari Madinah adalah.......
a.       Imam ibnu Katsir
b.      Imam Ashim
c.       Imam Nafi’
d.      Imam al-Kisa’i
e.       Imam Hamzah
  1. Contoh ayat yang qira’ah ghairu shahihah adalah.....
a.       لَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَنْ تَبْتَغُوْا فَضْلاً مِنْ رَبِكُمْ
b.      إِذَا نُوْدِيَ لِلصَلاَةِ مِنْ يَوْمِ الجُمْعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللهِ
c.       مَالِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ
d.      مُتَّكِئِيْنَ عَلَى رَفَارِفِ خُضْرٍ وَ عَبَاقَرِيِ حِسَانٍ
e.       لَقَدْ جَاءَكمُ ْرَسُوْلٌ مِنْ أَنْفُسِكُمْ
  1. Perhatikan QS Al Baqarah : 222
فاعتزلوا النساء في المحيض و لا تقربوهن حتى يطهرن
Penafsiran lafadz يَطْهُرْنَ  tanpa tasydid adalah..... 
a.       Mandi janabah
b.      Berwudlu
c.       Berhenti darah haidnya
d.      Sudah tidakpernah haidl lagi
e.       Berhenti istihadlahnya
  1. Dibawah ini adalah cara-cara memilih (mentarjih) jika riwayat tentang asbabu nuzulnya banyak, kecuali.....
a.       jika sighatnya sama-sama muhtamal maka semua tidak dianggap sebagai asbabu nuzul,
b.      jika sighatnya yang satu sharih dan yang lain muhtamal maka yang diambil yang sharih
c.       jika sighat yang satu sighatnya sharih namun sanadnya hasan, dan yang lain sighatnya muhtamal tapi sanadnya shahih, maka diambil yang lebih shahih.
d.      jika sighat yang satu sighatnya sharih namun sanadnya hasan, dan yang lain sighatnya muhtamal tapi sanadnya shahih, maka diambil yang hasan
e.       Jika sighatnya sama-sama sharih dan sanadnya sama-sama shahih maka ditarjih dari segi-segi yang lain. 
  1. Dibawah ini yang bukan termasuk sighat asbabu nuzul adalah......
a.       أحسب نزول هذه الآية في كذا
b.      نزلت هذه الآية في كذا
c.       حدث كذا فنزلت الآية
d.      الآية سبب نزول كذا
e.       سبب نزول الآية كذا
  1. Dibawah ini adalah faedah mengetahui asbabu nuzul, kecuali....
a.       Mengetahui hikmah diundangkannya hukum.
b.      Mengetahui proses pensyariatan hukum
c.       Mengambil suri tauladan dari kejadian sebelum turunnya ayat.
d.      Mengkhususkan lafadz umum
e.       Membantu memahami makna al-Qur’an dan menyingkap kesamaran yang tersembunyi
  1. Perhatikan QS Al Baqarah : 223
نساءكم حرث لكم فأتوا حرثكم أنى شئتم
Asbabu Nuzul dari ayat diatas banyak riwayat yang saling bertentangan antara yang satu dengan yang lain, yang paling benar adalah memilih.....
a.       قال أبن عمر الأية نزلت في إتيان النساء في أدبارهن
b.      قال جابر كنت اليهودية تقول إذا أتى الرجل امرأته من خلفها جاء الولد أحول فنزلت نسائكم حرث لكم
c.       قال أبو جعفر : كنت أمرأة سألت النبي عن الجماع فقال النبي نسائكم حرث لكم
d.      قال الزهري : أحسب هذه الآية نزلت في سؤال اليهودية عن إتيان من خلفها
e.       قال إبن المسيب : لا أحسب الآية نزلت إلا في إمرأة اليهودية
  1. Perhatikan QS Al Maidah : 8
فلو لا إذا بلغت الحلقوم
Dlamirta taknis as-sakinah marja-nya setelah dlamir berupa......
a.       berupalafadz yang muthabiq
b.      berupasiyaqulkalam
c.       berupadilalahdarilafadztertentu
d.      berupakandungandarilafadztertentu
e.       berupalafadz yang tidaknampak yang ditunjukkanoleh kata tertentu
  1. Lafadz الريح dan الرياح  mufrad dan jamak mengandung makna berbeda. Perbedaannya adalah......
a.       Riih berarti angin musibah dan Riyaah berarti Angin nikmat dan rahmat
b.      Riih berarti angin rahmat dan Riyaah berarti Angin musibah
c.       Riih berarti angin taufan dan Riyaah berarti Angin musibah
d.      Riih berarti angin yang mendatangkan kesenangan dan Riyaah berarti angin yang mendatangkan kesedihan
e.       Riih berarti angin kecil dan Riyaah berarti Angin kencang
  1. Lafadzالسماء  danالسمواتmufrad dan jamak mengandung makna berbeda. Perbedaannya adalah.........
a.       السماء berarti satu sedang السموات  berarti banyak
b.      السماءberarti jumlah yang menunjukkan keagungan Allah sedang السموات  berarti tempat dan arah
c.       السماء berarti tempat dan arah sedang السموات  berarti jumlah yang menunjukkan keagungan Allah
d.      السماء berarti atas sedang السموات  berarti tingkatan
e.       السماء berarti petunjuk keesaan Allah  السموات  berarti petunjuk keagungan Allah
  1. Perhatikan QS Al-Ma’arij : 40.
فلا اقسم برب المشارق و المغارب
Kata المشارقوالمغاربadalah bentuk jamak yang berarti.........
a.       Waktu terbit dan terbenamnya matahari
b.      Arah timur dan barat
c.       Siang dan malam silih berganti
d.      Terang dan gelap
e.       Waktu dimulai dan berakhirnya musim panas dan musim dingin
  1. Perhatikan QS Fathir : 4:
و إن كذبوك فقد كذبت رسل من قبلك و إلى الله ترجع الأمور
Kata رسل adalah bentuk nakirah yang fungsinya untuk menunjukkan makna .....
a.       إرادة الوحدة
b.      التعظيم                      
c.       التكثير و التعظيم
d.      التكثير                       
e.       إرادة النوع
  1. Perhatikan QS. Al-Baqarah: 172.
يآ أيّها الّذين آمنوا كلوا من طيبّات ما رزقناكم و اشكروا لله إن كنتم إيّاه تعبدون (۱۷۲)
Ayat diatas berisi tentang hal sebagai berikut, kecuali......
a.       Makan makanan yang halal
b.      Giat bekerja dalam mencari harta
c.       Bekerja dengan cara yang halal
d.      Menggunakan harta untuk bekal kebahagiaan akhirat
e.       Mensyukuri hasil kerja dengan beribadah
  1. Perhatikan QS. Al-Baqarah: 173.
إنمّا حرّم عليكم الميتة و الدّم و لحم الخنزير و ما أهلّ به لغير الله فمن اضطرّ غير باغ و لا عاد فلا اثم عليه إن الله غفور رحيم (۱۷۳)
Menurut ayat diatas syarat makan makanan haram ketika dalam keadaan darurat adalah.....
a.       Daruratnya menyebabkan mati
b.      Tidak berlebihan dan tidak membiasakan
c.       Tidak diceritakan kepada orang lain
d.      Jika tidak ada alternatif lainnya untuk dimakan
e.       Makanannya berupa makanan yang tidak biasa dimakan oleh orang pada umumnya.
  1. Perhatikan QS. An-Nahl : 66.
و إنّ لكم في الأنعام لعبرة نسقيكم مماّ في بطونه من بين فرث و دم لبنا خالصا سائغا للشاربين
Maksud dari ayat diatas sebagai berikut, kecuali.....
a.       Manusia bisa mengambil pelajaran dari binatang
b.      Diantara kotoran binatang terdapat hal yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia
c.       Air susu mengandung gizi tinggi
d.      Manusia diwajibkan minum minuman yang bergizi dari binatang
e.       Binatang adalah makhluk yang difasilitaskan oleh Allah untuk kepentingan manusia.
  1. Pak Bahlul sangat berkeinginan untuk menguasai ilmu tentang service HP, lantas ia datang kepada dukun, kemudian disarankan oleh dukunnya agar memakan kertas yang bertuliskan surat Yasin dengan tinta yang membahayakan bagi tubuhnya. Perbuatan Pak Bahlul memakan kertas tersebut adalah haram, dasar pengharamannya adalah.....
a.       إنمّا حرّم عليكم الميتة والدّم و لحم الخنزير و ما أهلّ به لغير الله
b.      فمن اضطرّ غير باغ و لا عاد فلا إثم عليه
c.       وكلوا ممّا رزقكم الله حلالا طيّبا
d.      ولا تعتدوا إن الله لا يحب المعتدين
e.       لا تحرّموا طيّبات ما أحلّ الله
  1. Perhatikan QS. Al Baqarah : 219.
يسئلونك ماذا ينفقون قل العفو كذلك يبيّن الله لكم الآيات
Kata yang bergaris bawah maksudnya adalah.....
a.       Pengampunan dari Allah
b.      Maaf dari orang yang didzalimi
c.       Kelebihan (sisa) dari yang dibutuhkan untuk hidup
d.      Memberi maaf pada orang yang berbuat kesalahan
e.       Memintakan ampun pada Allah atas orang yang telah berbuat dosa
  1. Pada bulan syuro atau muharam, Si Bejo menyembelih kerbau untuk diambil kepalanya dan digantung dipohon besar ditengah gerumbulan di dekat telaga, karena ingin cepat kaya. Daging kerbau tersebut adalah haram dimakan, adapun dasar pengharamannya adalah....
a.       يسئلونك عن الخمر و الميسر قل فيهما إثم كبير و منافع للنّاس و إثمهما أكبر من نفعهما
b.      فمن اضطرّ غير باغ و لا عاد فلا إثم عليه إنّما حرّم عليكم الميتة و الدّم و لحم الخنزير و ما إهلّ لغير الله
c.       و من الثمرات النخيل و الأعناب تتّخذون منه سكرا و رزقا حسنا
d.      يآ أيّها الّذين آمنوا إنّما الخمر و الميسر و الأنصاب و الأزلام رجس من عمل الشّيطان
e.       يسئلونك ماذا ينفقون قل العفو كذلك يبيّن الله لكم الآيات
  1. Perhatikan QS Fathir : 28 !
إنّما يخشى الله من عباده العلماء
Yang dimaksud ulama’ dalam ayat tersebut adalah.....
a.       Orang yang mengerti kitab-kitab kuning dan mengajarkan kepada umatnya
b.      Orang yang jenjang pendidikannya tinggi
c.       Orang yang memiliki banyak ilmu tentang agama Islam
d.      Orang yang mengerti tentang alam dan merenungi kebesaran Allah
e.       Orang yang memahami al Qur’an dan Hadits.
  1. Teori-teori ilmiah semakin hari bertambah semakin banyak yang ditemukan oleh manusia, hal ini dikarenakan sudah merupakan janji Allah untuk memperlihatkannya kepada manusia, ayat yang menjelaskan tentang janji Allah tersebut adalah.......
a.       الله الذي سخّر لكم البحر لتجري الفلك فيه بأمره و لتبتغوا من فضله و لعلّكم تشكرون
b.      ألا إنّهم في مرية من لقاء ربّهم ألا إنّه بكل شيئ محيط
c.       هو الّذي خلق لكم ما في الأرض جميعا ثم استوى إلى السّماء فسوّاهن سبع سموات
d.      سنريهم آياتنا في الآفاق و في أنفسهم حتّى يتبيّن لهم أنّه الحق
e.       ألم تر أنّ الله أنزل من السّماء ماءا فأخرج به ثمرات مختلف ألوانها و من الجبال جدد بيض
  1. Ayat yang berkaitan dengan tata cara penyelesaian perselisihan dari ayat-ayat dibawah adalah ...............
a. يا أيها الذين آمنوا لا تتخذوا الذين اتخذوا   دينكم هزوا
b.      ألم تر أن الله أنزل من السماء ماءا فأخرج به ثمرات مختلف ألوانها و من الجبال جدد بيض
c.       ألا إنهم في مرية من لقاء ربهم ألا إنه بكل شيئ محيط
d.      و إن طائفتان من المؤمنين اقتتلوا فأصلحوا بينهما
e.       سبحانك لا علم لنا إلا ما علمتنا
  1. Kekayaan adalah bukan syarat seorang pemimpin. Ayat yang berkaitan dengan pernyataan diatas adalah.....
a.       وقال لهم نبيهم إن الله قد بعث لكم الطالوت ملك
b.      قال إن الله اصطفاه عليكم و زاده بسطة في العلم و الجسم
c.       و الله يؤتى ملكه من يشاء و الله واسع عليم
d.      قالوا أنى يكون له الملك علينا و نحن أحق بالملك منه و لم يؤت سعة من المال
e.       و قاتلوا في سبيل الله و اعلموا أن الله سميع عليم
  1. Ayat yang menjelaskan tentang tidak boleh memilih pimpinan yang menggunakan agama hanya digunakan sebagai kedok kampanye adalah......
a.       يا أيها الذين آمنوا لا تتخذوا الذين اتخذوا دينكم هزوا
b.      و إذا قيل لهم تعالوا إلى ما انزل الله و إلى الرسول رأيت المنافقين يصدون عنك صدودا
c.       إن الله يأمركم أن تؤدوا الأمانات إلي أهلها
d.      و إذا حكمتم بين الناس أن تحكموا بالعدل
e.       و المؤمنون و المؤمنات بعضهم أو لياء بعض
  1. Perhatikan QS An-Nisa : 58
إن الله يأمركم أن تؤدوا الأمانات إلي أهلها  و إذا حكمتم بين الناس أن تحكموا بالعدل  إن الله نعما يعظكم به إن الله كان سميعا بصيرا
Terjemahan kata yang bergaris bawah adalah......
a.       Sesungguhnya Allah memberi nasehat yang sebaik-baiknya kepadamu dengan keadilan
b.      Sesungguhnya nikmat yang baik adalah berupa nasehat adalah
c.       Sesungguhnya nasehat Allah adalah kenikmatan bagimu
d.      Sesungguhnya Allah memberi nikmat kepadamu berupa nasehat
e.       Sesungguhnya Allah memberi nikmat yang kepada kamu sekalian
  1. Perhatikan QS An-Nahl : 125
أدع إلى سبيل ربك بالحكمة و الموعظة الحسنة و جادلهم بالتي هي أحسن
Penafsiran kata الحكمة  adalah......
a.       Kebijaksanaan dengan nasehat dan argumentasi
b.      Hukum-hukum Allah dalam al Qur’an
c.       Ajaran agama Islam dalam Al-Qur’an dan hadits
d.      Hikmah-hikmah pensyariatan
e.       Keadilan dalam menentukan hukum
  1. Ilmu yang digunakan untuk memahami kitab Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad dan menjelaskan makna-maknanya serta mengeluarkan hukum-hukum dan hikmahnya adalah definisi tafsir menurut......
a.       As-Suyuthi
b.      Zarqoni
c.       Manna’ al Qoththon
d.      Zarkasyi
e.       Abu Hayan
  1. Ta’wil menurut bahasa adalah.....
a.       berkumpul
b.      menjelaskan
c.       kembali
d.      menyembunyikan
e.       menampakkan
  1. Perhatikan QS Al-Baqarah : 2 berikut:
ذلك الكتاب لا ريب فيه
Tujuan penggunaan bentuk ma’rifat dalam ayat diatas adalah.....
a.       للتعظيم          
b.      للتكثير
c.       للإهانة                      
d.      لقصد تعظيمه بالبعد
e.       لبيان حاله في البعد
  1. Letak marjadlamirmukhathab dan mutakallim adalah.......
a.       Sebelum dlamir
b.      setelah dlamir       
c.       berhadapan                       
d.      Berupa petunjuk
e.       berupa siyaqul kalam
  1. Perhatikan QS Al Maidah : 8
و لا يجرمنكم شيئان قوم على الا تعدلوا اعدلوا هو أقرب للتقوى
Marja’ dlamir هو  adalah sebelum dlamir berupa .....
a.       yang ditunjukkan oleh lafadzإعدلوا
b.      Lafadz yang muthabiq dari lafadz  إعدلوا
c.       Tadlamun lafadzإعدلوا
d.      yang merupakan keharusan dari lafadz إعدلوا
e.       Lafadz العدل
  1. Perhatikan beberapa kutipan ayat dibawah ini!
1.      قل هو الله أحد (الإخلاص : 1)
2.      فأوجس في نفسه خيفة موسى (طه : 67)
3.      و نادى نوح أبنه (هود : 42)
4.      فمن عفي له من إخيه شيئ فاتباع بالمعروف و أداء إليه بإحسان
Dari ayat-ayat tersebut diatas, ayat yang marja’ dhamirnya sebelum dlamir adalah ayat nomor.....
a.       1 dan 4                 
b.      1 dan 2
c.       1 dan 3                 
d.      2 dan 4
e.       3 dan 4
  1. Perbedaan antara خوف  dan خشية adalah ........
a.       خوف  lebih berat dan خشية  lebih ringan
b.      خوف  takut pada hewan dan خشية  takutnya pada peraturan
c.       خوف  lebih ringan dan خشية  lebih berat
d.      خوف  takutnya terlalu dan خشية  hanya berarti segan
e.       خوف  takutnya pada Allah dan خشية  takutnya pada makhluk
  1. QS. Al an’am 64.
قل الله ينجيكم منها و من كل كرب
QS. Al An’am 63
من ينجيكم من ظلمات البر و البحر
Ayat pertama adalah jawaban dari ayat kedua dimana bentuk jawabannya adalah.......
a.       Muthabiq(sesuai dengan so’al)
b.      Lebih sedikit dari so’al
c.       Lebih umum dari so’al
d.      Tidak sesuai dengan so’al
e.       Tidak sesuai tapi mencukupi
  1. Kitab tafsir al-Qur’an al-Adzim adalah kitab yang ditulis oleh Ibnu Katsir yang menggunakan methode.....
a.       Tafsir bi al ma’tsur
b.      Tafsir Maudlu’i
c.       Tafsir Tahlili
d.      Tafsir bi al ma’qul
e.       Tafsir bi diroyah
  1. Kitab tafsir yang banyak membahas tentang nahwu, sharaf, dan kaidah bahasa arab dan bahkan sering digunakan sebagai referensi untuk membahas nahwu sharaf dari pada digunakan sebagai referensi dalam menafsiri ayat al-Qur’an yang ditulis oleh Abu Hayyan adalah.......
a.       Al-kasyaf
b.      Mafatihu al-ghaib
c.       Madariku tanzil wa haqoiqu ta’wil
d.      Al-bahru al-muhith
e.       Al-Muharrar al-Wajiz
  1. Berikut ini termasuk tafsir bil ma’tsur kecuali.....
a.       Bahrul muhith
b.      Jami’ul bayan fi tafsiri al-Qur’an
c.       Al-Muharrar al-Wajiz
d.      Tafsir Ibnu Katsir
e.       Al-Kasyfu wa al-bayan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar