Minggu, 23 Februari 2014

Soal UN Hadist Keagamaan Kode : 06


 
TRY OUT MANDIRI KE SATU
MADRASAH ALIYAH ALHIDAYAH KENDAL
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
KODE : 06


Mata pelajaran          : Hadis                                        Hari, tanggal  : Senin, 2 Desember 2012
Kelas                           : Keagamaan                              Waktu             : 120 menit

Pilihlah jawaban yang paling benar pada pilihan A, B, C, D atau E !
1.        Diantara syarat-syarat meriwayatkan hadits bil ma’na, ialah ...
A.       rawi harus bisa mentakwil hadits
B.       rawi harus jujur
C.       rawi harus hafal sanadnya
D.       rawi harus faham maksud gurunya
E.        rawi harus mengerti tentang lafadz dan maksudnya
2.        Seorang syaikh harus hafal hadis yang dibacakan di hadapannya, sekiranya murid terdapat kesalahan ketika membacakannya, maka syaikh tersebut bisa membenarkannya. Ini adalah syarat dari …
A.       Al wijadah
B.       Al qiraah 'ala syaikh
C.       Al munawalah
D.       Al ijazah
E.        As sima'
3.        Devinisi Hadits Ahad ialah …
A.       hadits yang diriwayatkan oleh sejumlah orang yang tidak sepakat bohong
B.       hadits yang diriwayatkan oleh tiga rowi atau lebih dan tidak sampai pada batas mutawatir
C.       hadits yang diriwayatkan oleh sejumlah orang yang jumlahnya tidak memungkinkan terjadinya kebohongan.
D.       hadits yang diriwayatkan oleh sejumlah rowi yang kurangdari 3 orang
E.        hadits yang diriwayatkan tidak memenuhi syarat-syarat mutawatir
4.        Ilmu untuk mengetahui nama orang-orang yang tidak disebutkan dalam matan atau dalam sanad adalah …

A.    Ilmu Fannil Mubhamat
B.     Ilmu Rijaal Al-Hadis
C.     Ilmu ‘Ilali  Al-Hadis
D.    Ilmu Musthalah al-Hadis
E.     Ilmu Gharib al-Hadis
5.        Bentuk tahmul jumlahnya ada delapan, yang paling lemah adalah …
A.       at-Tahammulu bi al-qiraah ala syekh
B.       at-Tahammulu bi al wasiat
C.       at-Tahammulu bi al-wijadah
D.       at-Tahammulu bi al munawalah
E.        at-Tahammulu bi al-mukatabah
6.        Hadis maqbul yang tidak bertentangan dengan hadis lain, disebut …
A.       Hadis Shahih
B.       Hadis ahad
C.       Hadis mutawatir
D.       Hadis marfu’
E.        Hadis muhkam
7.        Pada masa Nabi, ada larangan untuk menulis hadis, alasannya adalah …
A.       Khawatir bercampur dengan al-Qur’an
B.       Hadis belum ada sanadnya sehingga tidak perlu ditulis
C.       Sahabat belum ada yang bisa menulis
D.       Hadis masih dihafal oleh para sahabat
E.        Masih belum ada budaya tulis menulis
8.        Yang dimaksud menerima hadits dengan cara As-Sama’ ialah ...
A.       metode menulis di hadapan guru
B.       metode membaca di hadapan guru
C.       metode pemberian dari guru
D.       mendengar bacaan hadits dari murid
E.        mendengar bacaan hadits dari guru
9.        Seseorang dapat mengetahui sanad dan matan suatu hadis ditolak atau diterima dengan cara mempelajari 
A.       Ilmu Hadis Riwayah
B.       Ilmu hadis Dirayah
C.       Ilmu Asbabul wurud Hadis
D.       Ilmu Nasikh wa Mansukh Hadis
E.        Ilmu Hadis Tajrih
10.    Hadis yang disandarkan kepada Nabi, baik berupa ucapan, perbuatan dan ketetapan, merupakan cirri dari …
A.       hadis maqbul
B.       hadis marfu’
C.       hadis mardud
D.       hadis mauquf
E.        hadis maqthu’
11.    Pengertian menerima riwayat hadits dengan cara Ijazah ialah ...
A.       belajar hadits dengan diberi ijazah kelulusan
B.       menerima hadits dari murid dengan diakhiri ijazah
C.       menerima riwayat hadits dari seorang syaikh dalam bentuk kumpulan naskah hadits tanpa dibacakan atau dibacakan hanya sebagian saja disertai pernyataan ijazah (memberi kewenangan).
D.       Seorang ahli hadits memberikan hadist atau kitab kepada muridnya agar sang murid meriwayatkannya darinya
E.        menerima pemberian kitab hadits dari seorang rowi tanpa pernyataan ijazah
12.    Hadis yang diriwayatkan tidak kurang dari dua perawi dalam setiap tingkatan sanad disebut …
A.       hadits masyhur
B.       hadits gharib
C.       hadits mustafid
D.       hadits mumfarid
E.        hadits ‘aziz
13.    Yang membedakan antara Al-Qur’an dan hadits Qudsi adalah:…
A.       Al-Qur’an makna dan lafadnya dari Allah SWT,  sedang Hadits Qudsi lafadnya dari Rasulullah.
B.        Al-Qur’an diriwayatkan dg makna sedang Hadis Qudsi tidak
C.        Lafadz al-Qur’an bukan mu’jizat,sedang Hadits Qudsi mu’jizat
D.       Al-Qur’an tdk selalu mutawatir,sedang Hadits Qudsi Mutawatir
E.        Al-Qur’an dibaca di awal sholat, sedang Hadits Qudsi di akhir
14.    Nama lengkap Imam Nasa’i ialah ...
A.       Abu Abdirrahman Muhammad bin Syu’aib
B.       Abu Abdillah Muhammad bin Isma’il
C.       Abul Husain Muslim bin Al Hajjaj
D.       Abu Abdillah Muhamma bin Yazid
E.        Abu Isa Muhammad bin Isa
15.    Hadits Hasan ada dua macam, yaitu ...
A.       Hasan li nafsihi dan Hasan li ghairihi
B.       Hasan li ghairihi dan Hasan bi nafsihi
C.       Hasan bi nafsihi dan Hasan bi ghairi  nafsihi
D.       Hasan Shohih dan Shohih Hasan
E.        Hasan li dzatihi dan Hasan li ghairihi
16.    Imam Abu Dawud dilahirkan di kota ...
A.       Bukhara
B.       Sijistan
C.       Buchares
D.       Budhapest
E.        Esfahan
17.    Hadis mutawatir, masyhur, aziz, dan gharib termasuk kelompok hadis yang ditinjau dari sisi …
A.       ketsiqohan perawi
B.       ketersambungan sanad
C.       jumlah perawi
D.       kwalitas sanad
E.        penyandarannya
18.    Periwayatan denganmemakailafadh
وجدت في كتاب فلان ...
Adalah periwayatan yang di dapat dengan …
A.       as sama’
B.       al wijadah
C.       al qira’ah ‘alasysyaikh
D.       al washiyah
E.        I’lamusysyaikh
19.    Penyusun pertama Ilmu Hadis Dirayah ialah ...
A.       Imam Bukhori
B.       Imam Muslim
C.       Imam Malik bin Anas
D.       Muhammad Hasan bin Abdirrahman Arramahumzi
E.        Imam Muhammad bin Syihab Azzuhri
20.    Di bawah ini yang merupakan criteria hadis maqbul, adalah …
A.       memiliki sanad yang terputus
B.       perawi hadis pernah berdusta
C.       hadis yang telah sempurna syarat-syarat penerimaannya
D.       matan hadis bertentangan dengan ijma’
E.        rawi hadis dipertanyakan ketsiqahannya
21.    Periwayatan dengan memakai lafadh
أخبرنى الشيخ وصية       
Adalah periwayatan yang di dapat dengan …
A.       as sama’
B.       al washiyah
C.       al qira’ah ‘alasy syaikh
D.       al wijadah
E.        I’lamusy syaikh
22.    Seorang hafidz hadis sengaja mengeluarkan matan hadis dari kitab tertentu, kemudian meriwayatkannya dengan sanadnya sendiri. Kitab yang memuat hadis-hadis semacam ini dinamakan kitab …
A.       Al-Mustakhraj
B.       Al-Masanid
C.       As-Sunan
D.       Al-Mustadrakat
E.        Al-Jami’
23.    Di antara cara untuk mengetahui ke’adilan seorang rowi adalah …
A.       pujian dari masyarakat
B.       kekuatan hafalannya
C.       ketidakfanatikannya
D.       pujian dari seorang yang adil
E.        kejujurannya
24.    Di antara kelebihan ShahihMuslim dibanding ShahihBukhari adalah ...
A.       Shahih Muslim bersambung sanadnya
B.       Shahih Muslim lebih sistimatis
C.       Shahih Muslim terdapat semua jenis hadits
D.       Shahih Muslim terbukukan
E.        Shahih Muslim terdapat istimbath fiqh
25.    Karya Imam Muslim yang paling populer adalah ...
A.       Kitab al Musnad al Shahih
B.       Kitab al Jami’ al Shahih
C.       Kitab al Sunan al Shahih
D.       Kitab al Hadits al Shahih
E.        Kitab al Sunnah al Shahihah
26.    Nama lain hadis masyhur adalah …
A.       Mustafidz
B.       Gharib nisbi
C.       Mutawatir
D.       Aziz
E.        Gharib muthlaq
27.    Nama lengkap Imam Abu Daud adalah ...
A.       Ahmad ibn Syu’aib ibn Ali ibn Bahr ibn Sinan
B.       Abu Abdirrahman Muhammad bin Syu’aib
C.       Abu Daud Sulaiman ibn al Asy’as ibn Basyir ibn Syidad ibn Amran al Azdi As Sijistani
D.       Abu Sulaiman Daud ibn al Asy’as ibn Basyir ibn Syidad ibn Amran al Azdi As Sijistani
E.        Abu Daud Abdirrahman Muhammad bin Syu’aib
28.    Ilmu el jarh wa el ta’diel  adalah ilmu yang membahas tentang keadaan perawi dari sisi …
A.       adilnya
B.       jarhnya
C.       diterima  riwayatnya
D.       diterima dan ditolak riwayatnya
E.        ditolak riwayatnya
29.    Kitab yang berisi hadis-hadis yang urutannya disusun sesuai dengan urutan rawi yang paling atas (thabaqat shahabat) disebut kitab …
A.       Al-Jami’
B.       Al-Musannaf
C.       Al-Mustadrak
D.       Al-Musnad
E.        Al-Mustakhraj
30.    نعم العبدُ صَهِيْبٌ لَو لم يخف اللهَ لَم يَعْصِيْهِ         
Hadits di atas adalah hadits masyhur dikalangan …
A.       ulama’ hadits
B.       ulama’ nahwu
C.       ulama’ fiqih
D.       ulama’ ushul fiqh
E.        masyarakat awam
31.     
عن رجل من الصحابة قال : غزوت مع النبي صلى الله عليه وسلم فسمعته يقول : الناس شركاء في ثلاثة : الكلأ والماء والنار( رواه أحمد وأبو داود )

Kata yang bergarisbawah bermakna ...
A.       hutan
B.       api
C.       lahan
D.       air laut
E.        gas alam
32.    انظروا الى من هو اسفل منكم   Kandunganpotonganhadis iniadalah ...
A.       lihat orang yang lebih tinggi darimu dalam urusan dunia
B.       lihat orang yang lebih rendah darimu dalam urusan akhirat
C.       lihat kebahagian orang lain dalam urusan dunia
D.       lihat kesengsaraan orang lain dalam urusan akhirat
E.        lihat orang yang lebih rendah darimu dalam urusan dunia
33.    Di bawah ini potongan hadis yang mengandung arti memanfaatkan kesempatan waktu senggang sebelum sibuk adalah …
A.       حياتك قبل موتك
B.       صحّتك قبل سقمك
C.        فراغك قبل شغلك
D.        شبابك قبل هرمك
E.        غناك قبل فقرك  
34.    Sikap yang benar dalam menghadapi pemimpin yang durhaka kepada Allah adalah …
A.       membenci kedurhakaannya
B.       mentaati kepemimpinannya
C.       membenci pemimpin yang durhaka pada Allah
D.       membangkangnya
E.        tidak mentaatinya 
35.    و من مات و ليس فيه عنقه بيعة مات ميتة جاهلية       
Hadis ini mengandung kajian tentang kewajiban …
A.       berbakti kepada orang tua
B.       patuh kepada pemimpin
C.       membentuk negara Islam
D.       pemimpin yang adil
E.        bertanggung jawab
36.    قبل أن تَدعُوا فَلاَ يُسْتَجَابَ             arti potongan hadis ini adalah …
A.       sebelum kamu berdo’a dan tidak dikabulkan
B.       sebelum kamu berdo’a atas perbuatan orang mungkar
C.       sebelum kamu berdo’a untuk orang-orang yang mungkar
D.       sebelum kamu berdo’a atas perbuatan mungkar kamu
E.        sebelum kamu dido’akan orang ketika kamu sudah mati
37.    Sarana untuk taat kepada Allah dapat dilihat dari tiga aspek tali ketaatan, yaitu …
A.       hablum minallah, hablum minannas, hablum minalmakhluq
B.       hablum minallah, hablum minannas, hablum minalkhaliq
C.       hablum minallah, hablum minannas, hablum mimman
D.       hablum minallah, hablum minannas, hablum minalalamin
E.        hablum minallah, hablum minannas, hablum minal ardi
38.      و أَبْغَضَ الناسِ الى اللهِ و أَبْعَدَهُم مِنهُ مَجْلِسًا إِمَامٌ جَائِرٌ
Kata yang bergaris bawah artinya adalah …
A.       bertanggung jawab
B.       adil
C.       berani karena benar
D.       jujur
E.        dzalim
39.    إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ ...     Lanjutan potongan hadis ini adalah ...
A.       صبر
B.       بكا
C.       شكر
D.       سر
E.        غضب
40.    وَ إِنَّ اللهَ اِذَا أَحَبَّ قَوْمًا ابْتَلاَهُمْ      maksud potongan hadis ini adalah …
A.       kecintaan Allah ada kaum sesuai besarnya pahala
B.       Allah selalu memberi pahala kepada orang yang dicintainya
C.       Allah selalu menguji siapa saja yang dicintainya
D.       Allah selalu mencintai orang yang tertimpa bencana
E.        kecintaan Allah tergantung dengan ujian yang diberikannya
41.    Porsi perut seseorang untuk makanan adalah ...
A.       dua pertiga
B.       seperdua
C.       semakin sedikit semakin baik
D.       semakin banyak semakin baik
E.        sepertiga
42.    أَتَدْرِى ما قَطَعْتَ له إِنّما قَطَعْتَ له المَاءَ العِدَّ   
Arti kata yang bergaris bawah adalah …
A.       kamu tidak tahu
B.       apakah kamu tahu
C.       saya tidak tahu
D.       saya tidak mengetahui kamu
E.        kamu tidak mengetahui
43.    إذَا رَاَوْا المنكر لا لا يُغَيِّرُونَهُ اوشَكَ ان يَعُمّهُمْ اللهُ بِعِقَابِهِ 
Ini adalah dalil yang membuktikan bahwa .
A.       Allah mengadzab orang mungkar di dunia dan akherat
B.       Allah mengadzab orang yang melakukan kemungkaran
C.       Allah mengadzab orang yang berda’wah tanpa ilmu
D.       Allah mengadzab orang yang tidak mau da’wah secara umum
E.        Allah mengadzab orang yang meninggalkan kemungkaran
44.    Hakekat taat adalah melaksanakan sesuatu yang diperintahkan. Dan lawannya ma’shiyat artinya menyimpang dari perintah. Ini adalah pengertian taat menurut …
A.       Abu Hasan al-Asy’ari
B.       At-Tabari
C.       Hasan al-Bana
D.       Jumhur Ulama’
E.        Al-Qurtubi
45.    وَ مَنْ يَسْتَغْنِ يُغْنِهِ اللهُ      maksud dari potongan hadis ini adalah …
A.       orang yang kaya pasti cukup
B.       orang yang meminta kecukupan Allah akan mencukupkannya
C.       orang yang merasa cukup Allah akan mencukupkannya
D.       orang yang ingin kaya pasti Allah akan mengijabahi do’anya
E.        Allah  mencukupkan orang yang kaya
46.    Dibawah ini potongan hadis yang mendasari bahwa membicarakan nikmat Allah itu bentuk syukur dan meninggalkannya itu kufur adalah …
A.       انظروا الى من اسفل منكم
B.       و لا تنظروا الى من هو فوقكم
C.       فهو اجدر ان لا تزدروا نعمة الله
D.       و من لم يشكر الناس لم يشكر الله
E.        التحدث بنعمة الله شكر و تركها كفر
47.    Pengertian amar ma’ruf adalah …
A.    melarang untuk berbuat kejelekan
B.     memerintahkan agar beribadah kepada Allah
C.     melarang berbuat kemungkaran
D.    memerintahkan kebaikan
E.     memerintahkan agar bertanggung jawab
48.    إِنّ المُقْسِطِيْنَ عِند اللهِ على مَنَابِرَ مِن نُورِ الذِيْنَ يَعْدِلُونَ فى حُكْمِهِمْ و اَهْلِيْهِم و مَا وَلُوْا (رواه مسلم)
Menurut hadis di atas, pemimpin yang baik adalah yang …
A.       adil dalam hukum, keluarga, dan dalam melaksanakan tugas
B.       bertanggung jawab dan dipercaya untuk mengemban tugas
C.       mampu menempatkan antar urusan pribadi dan golongan
D.       bijaksana dalam member keputusan pengadilan
E.        amanah karena telah berperilaku adil dan dipercaya
49.   فإن لم ... فبلسانه
A.       يستطيع
B.       يستطع
C.       أستطع
D.       نستطع
E.        تستطع
50.    Potongan hadis di bawah ini yang mengandung makna bahwa setiap pembantu bertanggung jawab atas harta majikannnya adalah …
A.       وَالْخَادِمُفِيمَالِسَيِّدِهِرَاعٍوَهُوَمَسْئُولٌعَنْرَعِيَّتِه
B.       كُلُّكُمْرَاعٍوَمَسْئُولٌعَنْرَعِيَّتِه
C.       فَالْإِمَامُرَاعٍوَمَسْئُولٌعَنْرَعِيَّتِهِ
D.       وَالْمَرْأَةُفِيبَيْتِزَوْجِهَارَاعِيَةٌوَهِيَمَسْئُولَةٌعَنْرَعِيَّتِهَا
وَالرَّجُلُفِيأَهْلِهِرَاعٍوَهُوَمَسْئُولٌعَنْرَعِيَّتِه

Tidak ada komentar:

Posting Komentar