TRY OUT MANDIRI KE SATU
MADRASAH ALIYAH ALHIDAYAH KENDAL
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
KODE : 06
Mata pelajaran : Hadis Hari, tanggal : Senin, 2 Desember 2012
Kelas : Keagamaan Waktu : 120 menit
Pilihlah jawaban yang paling benar pada pilihan A, B, C, D atau E !
1.
Diantara syarat-syarat meriwayatkan hadits bil ma’na,
ialah ...
B.
rawi harus jujur
C.
rawi harus hafal sanadnya
D.
rawi harus faham maksud gurunya
E.
rawi harus mengerti tentang lafadz dan maksudnya
2.
Seorang syaikh harus hafal hadis yang dibacakan di
hadapannya, sekiranya murid terdapat kesalahan ketika membacakannya, maka
syaikh tersebut bisa membenarkannya. Ini adalah syarat dari …
A.
Al wijadah
B.
Al qiraah 'ala
syaikh
C.
Al munawalah
D.
Al ijazah
E.
As sima'
3.
Devinisi Hadits Ahad ialah …
A.
hadits yang diriwayatkan oleh sejumlah orang yang tidak
sepakat bohong
B.
hadits yang
diriwayatkan oleh tiga rowi atau lebih dan tidak sampai pada batas mutawatir
C.
hadits yang diriwayatkan oleh sejumlah orang yang
jumlahnya tidak memungkinkan terjadinya kebohongan.
D.
hadits yang diriwayatkan oleh sejumlah rowi yang
kurangdari 3 orang
E.
hadits yang
diriwayatkan tidak memenuhi syarat-syarat mutawatir
4.
Ilmu untuk
mengetahui nama orang-orang yang tidak disebutkan dalam matan atau dalam sanad
adalah …
A. Ilmu
Fannil Mubhamat
B. Ilmu
Rijaal Al-Hadis
C. Ilmu
‘Ilali Al-Hadis
D. Ilmu
Musthalah al-Hadis
E. Ilmu
Gharib al-Hadis
5.
Bentuk tahmul
jumlahnya ada delapan, yang paling lemah adalah …
A. at-Tahammulu
bi al-qiraah ala syekh
B. at-Tahammulu
bi al wasiat
C. at-Tahammulu
bi al-wijadah
D. at-Tahammulu
bi al munawalah
E.
at-Tahammulu bi
al-mukatabah
6.
Hadis maqbul
yang tidak bertentangan dengan hadis lain, disebut …
A. Hadis
Shahih
B. Hadis
ahad
C. Hadis
mutawatir
D. Hadis
marfu’
E.
Hadis muhkam
7.
Pada masa Nabi,
ada larangan untuk menulis hadis, alasannya adalah …
A. Khawatir
bercampur dengan al-Qur’an
B. Hadis
belum ada sanadnya sehingga tidak perlu ditulis
C. Sahabat
belum ada yang bisa menulis
D. Hadis
masih dihafal oleh para sahabat
E.
Masih belum ada
budaya tulis menulis
8.
Yang dimaksud menerima hadits dengan cara As-Sama’
ialah ...
A.
metode menulis di hadapan guru
B.
metode membaca di hadapan guru
C.
metode pemberian dari guru
D.
mendengar bacaan hadits dari murid
E.
mendengar bacaan hadits dari guru
9.
Seseorang dapat
mengetahui sanad dan matan suatu hadis ditolak atau diterima dengan cara
mempelajari …
A. Ilmu
Hadis Riwayah
B. Ilmu
hadis Dirayah
C. Ilmu
Asbabul wurud Hadis
D. Ilmu
Nasikh wa Mansukh Hadis
E.
Ilmu Hadis
Tajrih
10. Hadis
yang disandarkan kepada Nabi, baik berupa ucapan, perbuatan dan ketetapan,
merupakan cirri dari …
A. hadis
maqbul
B. hadis
marfu’
C. hadis
mardud
D. hadis
mauquf
E.
hadis maqthu’
11. Pengertian menerima
riwayat hadits dengan cara Ijazah
ialah ...
A.
belajar hadits dengan diberi ijazah kelulusan
B.
menerima hadits dari murid dengan diakhiri ijazah
C.
menerima riwayat hadits dari seorang syaikh dalam bentuk
kumpulan naskah hadits tanpa dibacakan atau dibacakan hanya sebagian saja
disertai pernyataan ijazah (memberi
kewenangan).
D.
Seorang ahli hadits memberikan hadist atau kitab kepada
muridnya agar sang murid meriwayatkannya darinya
E.
menerima pemberian kitab hadits dari seorang rowi tanpa
pernyataan ijazah
12. Hadis
yang diriwayatkan tidak kurang dari dua perawi dalam setiap tingkatan sanad
disebut …
A.
hadits masyhur
B.
hadits gharib
C.
hadits mustafid
D.
hadits mumfarid
E.
hadits ‘aziz
13. Yang
membedakan antara Al-Qur’an dan hadits Qudsi adalah:…
A.
Al-Qur’an
makna dan lafadnya dari Allah SWT,
sedang Hadits Qudsi lafadnya dari Rasulullah.
B.
Al-Qur’an
diriwayatkan dg makna sedang Hadis Qudsi tidak
C.
Lafadz
al-Qur’an bukan mu’jizat,sedang Hadits Qudsi mu’jizat
D.
Al-Qur’an
tdk selalu mutawatir,sedang Hadits Qudsi Mutawatir
E.
Al-Qur’an dibaca di awal sholat, sedang Hadits Qudsi di akhir
14. Nama lengkap Imam Nasa’i ialah ...
A.
Abu Abdirrahman Muhammad
bin Syu’aib
B.
Abu Abdillah Muhammad bin
Isma’il
C.
Abul Husain Muslim bin Al
Hajjaj
D.
Abu Abdillah Muhamma bin
Yazid
E.
Abu Isa Muhammad bin Isa
15. Hadits
Hasan ada dua macam, yaitu ...
A.
Hasan li nafsihi dan Hasan li
ghairihi
B. Hasan li ghairihi dan Hasan bi
nafsihi
C. Hasan bi nafsihi dan Hasan bi
ghairi nafsihi
D. Hasan Shohih dan Shohih Hasan
E.
Hasan li dzatihi dan Hasan li ghairihi
16. Imam Abu Dawud dilahirkan di kota ...
A.
Bukhara
B.
Sijistan
C.
Buchares
D.
Budhapest
E.
Esfahan
17. Hadis
mutawatir, masyhur, aziz, dan gharib termasuk kelompok hadis yang ditinjau dari
sisi …
A. ketsiqohan
perawi
B. ketersambungan
sanad
C. jumlah
perawi
D. kwalitas
sanad
E.
penyandarannya
18. Periwayatan denganmemakailafadh
وجدت في كتاب فلان ...
Adalah
periwayatan yang di dapat dengan …
A. as
sama’
B. al
wijadah
C. al
qira’ah ‘alasysyaikh
D. al
washiyah
E.
I’lamusysyaikh
19. Penyusun pertama
Ilmu Hadis Dirayah ialah ...
A.
Imam Bukhori
B.
Imam Muslim
C.
Imam Malik bin Anas
D.
Muhammad Hasan bin Abdirrahman Arramahumzi
E.
Imam Muhammad bin Syihab Azzuhri
20. Di
bawah ini yang merupakan criteria hadis maqbul, adalah …
A. memiliki
sanad yang terputus
B. perawi
hadis pernah berdusta
C. hadis
yang telah sempurna syarat-syarat penerimaannya
D. matan
hadis bertentangan dengan ijma’
E.
rawi hadis
dipertanyakan ketsiqahannya
21. Periwayatan
dengan memakai lafadh
أخبرنى الشيخ
وصية
Adalah
periwayatan yang di dapat dengan …
A.
as sama’
B.
al washiyah
C.
al qira’ah
‘alasy syaikh
D.
al wijadah
E.
I’lamusy syaikh
22. Seorang
hafidz hadis sengaja mengeluarkan matan hadis dari kitab tertentu, kemudian
meriwayatkannya dengan sanadnya sendiri. Kitab yang memuat hadis-hadis semacam
ini dinamakan kitab …
A. Al-Mustakhraj
B. Al-Masanid
C. As-Sunan
D. Al-Mustadrakat
E.
Al-Jami’
23. Di antara cara
untuk mengetahui ke’adilan seorang rowi adalah …
A.
pujian dari
masyarakat
B.
kekuatan hafalannya
C.
ketidakfanatikannya
D.
pujian dari
seorang yang adil
E.
kejujurannya
24. Di antara kelebihan
ShahihMuslim dibanding ShahihBukhari adalah ...
A.
Shahih Muslim bersambung sanadnya
B.
Shahih Muslim lebih sistimatis
C.
Shahih Muslim terdapat semua jenis hadits
D.
Shahih Muslim terbukukan
E.
Shahih Muslim terdapat istimbath fiqh
25. Karya Imam Muslim yang paling populer adalah
...
A. Kitab al Musnad al Shahih
B. Kitab al Jami’ al Shahih
C. Kitab al Sunan al Shahih
D. Kitab al Hadits al Shahih
E.
Kitab al Sunnah al Shahihah
26. Nama
lain hadis masyhur adalah …
27. Nama lengkap Imam Abu Daud adalah ...
A.
Ahmad ibn Syu’aib ibn Ali
ibn Bahr ibn Sinan
B.
Abu Abdirrahman Muhammad
bin Syu’aib
C.
Abu Daud Sulaiman ibn al
Asy’as ibn Basyir ibn Syidad ibn Amran al Azdi As Sijistani
D.
Abu Sulaiman Daud ibn al
Asy’as ibn Basyir ibn Syidad ibn Amran al Azdi As Sijistani
E.
Abu Daud Abdirrahman
Muhammad bin Syu’aib
28. Ilmu el jarh wa el
ta’diel adalah ilmu yang membahas
tentang keadaan perawi dari sisi …
A.
adilnya
B.
jarhnya
C.
diterima riwayatnya
D.
diterima dan
ditolak riwayatnya
E.
ditolak
riwayatnya
29. Kitab yang berisi hadis-hadis yang urutannya disusun sesuai dengan
urutan rawi yang paling atas (thabaqat shahabat) disebut kitab …
A.
Al-Jami’
B.
Al-Musannaf
C.
Al-Mustadrak
D.
Al-Musnad
E.
Al-Mustakhraj
30. نعم العبدُ صَهِيْبٌ لَو لم يخف
اللهَ لَم يَعْصِيْهِ
Hadits di atas adalah hadits masyhur
dikalangan …
A.
ulama’ hadits
B.
ulama’ nahwu
C.
ulama’ fiqih
D.
ulama’ ushul fiqh
E.
masyarakat awam
31.
عن رجل من
الصحابة قال : غزوت مع النبي صلى الله عليه وسلم فسمعته يقول : الناس شركاء في
ثلاثة : الكلأ والماء والنار( رواه أحمد وأبو داود )
Kata yang bergarisbawah bermakna ...
A. hutan
B. api
C. lahan
D. air laut
E.
gas alam
32.
انظروا الى من هو اسفل منكم Kandunganpotonganhadis iniadalah ...
A. lihat orang yang lebih tinggi darimu dalam
urusan dunia
B. lihat orang yang lebih rendah darimu dalam
urusan akhirat
C. lihat kebahagian orang lain dalam urusan dunia
D. lihat kesengsaraan orang lain dalam urusan
akhirat
E.
lihat orang yang lebih rendah darimu dalam urusan dunia
33. Di bawah ini potongan hadis yang mengandung arti memanfaatkan
kesempatan waktu senggang sebelum sibuk adalah …
A.
حياتك قبل موتك
B.
صحّتك قبل سقمك
C.
فراغك
قبل شغلك
D.
شبابك
قبل هرمك
E.
غناك قبل فقرك
34. Sikap
yang benar dalam menghadapi pemimpin yang durhaka kepada Allah adalah …
A. membenci
kedurhakaannya
B. mentaati
kepemimpinannya
C. membenci
pemimpin yang durhaka pada Allah
D. membangkangnya
E.
tidak
mentaatinya
35. و من مات و ليس فيه عنقه بيعة مات
ميتة جاهلية
Hadis ini mengandung kajian tentang
kewajiban …
A. berbakti
kepada orang tua
B. patuh
kepada pemimpin
C. membentuk
negara Islam
D. pemimpin
yang adil
E.
bertanggung
jawab
36. قبل أن تَدعُوا فَلاَ
يُسْتَجَابَ arti potongan hadis ini adalah …
A. sebelum
kamu berdo’a dan tidak dikabulkan
B. sebelum
kamu berdo’a atas perbuatan orang mungkar
C. sebelum
kamu berdo’a untuk orang-orang yang mungkar
D. sebelum
kamu berdo’a atas perbuatan mungkar kamu
E.
sebelum kamu
dido’akan orang ketika kamu sudah mati
37. Sarana
untuk taat kepada Allah dapat dilihat dari tiga aspek tali ketaatan, yaitu …
A. hablum
minallah, hablum minannas, hablum minalmakhluq
B. hablum
minallah, hablum minannas, hablum minalkhaliq
C. hablum
minallah, hablum minannas, hablum mimman
D. hablum
minallah, hablum minannas, hablum minalalamin
E.
hablum minallah,
hablum minannas, hablum minal ardi
38. و أَبْغَضَ الناسِ الى اللهِ و أَبْعَدَهُم
مِنهُ مَجْلِسًا إِمَامٌ جَائِرٌ
Kata yang bergaris bawah artinya
adalah …
A. bertanggung
jawab
B. adil
C. berani
karena benar
D. jujur
E.
dzalim
39. إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ ... Lanjutan potongan hadis
ini adalah ...
A.
صبر
B.
بكا
C.
شكر
D.
سر
E.
غضب
40. وَ إِنَّ اللهَ اِذَا أَحَبَّ
قَوْمًا ابْتَلاَهُمْ maksud potongan hadis
ini adalah …
A. kecintaan
Allah ada kaum sesuai besarnya pahala
B. Allah
selalu memberi pahala kepada orang yang dicintainya
C. Allah
selalu menguji siapa saja yang dicintainya
D. Allah
selalu mencintai orang yang tertimpa bencana
E.
kecintaan Allah
tergantung dengan ujian yang diberikannya
41. Porsi perut seseorang untuk makanan adalah ...
A.
dua pertiga
B.
seperdua
C.
semakin sedikit semakin baik
D.
semakin banyak semakin baik
E.
sepertiga
42. أَتَدْرِى
ما قَطَعْتَ له إِنّما قَطَعْتَ له المَاءَ العِدَّ
Arti kata yang bergaris bawah
adalah …
A. kamu
tidak tahu
B. apakah
kamu tahu
C. saya
tidak tahu
D. saya
tidak mengetahui kamu
E.
kamu tidak
mengetahui
43. إذَا رَاَوْا المنكر لا لا
يُغَيِّرُونَهُ اوشَكَ ان يَعُمّهُمْ اللهُ بِعِقَابِهِ
Ini adalah dalil yang membuktikan
bahwa .
A. Allah
mengadzab orang mungkar di dunia dan akherat
B. Allah
mengadzab orang yang melakukan kemungkaran
C. Allah
mengadzab orang yang berda’wah tanpa ilmu
D. Allah
mengadzab orang yang tidak mau da’wah secara umum
E.
Allah mengadzab
orang yang meninggalkan kemungkaran
44. Hakekat
taat adalah melaksanakan sesuatu yang diperintahkan. Dan lawannya ma’shiyat
artinya menyimpang dari perintah. Ini adalah pengertian taat menurut …
A.
Abu
Hasan al-Asy’ari
B.
At-Tabari
C.
Hasan
al-Bana
D.
Jumhur
Ulama’
E.
Al-Qurtubi
45. وَ مَنْ يَسْتَغْنِ يُغْنِهِ
اللهُ maksud dari potongan
hadis ini adalah …
A. orang
yang kaya pasti cukup
B. orang
yang meminta kecukupan Allah akan mencukupkannya
C. orang
yang merasa cukup Allah akan mencukupkannya
D. orang
yang ingin kaya pasti Allah akan mengijabahi do’anya
E.
Allah mencukupkan orang yang kaya
46. Dibawah ini potongan hadis yang mendasari bahwa membicarakan nikmat
Allah itu bentuk syukur dan meninggalkannya itu kufur adalah …
A.
انظروا الى من اسفل منكم
B.
و لا تنظروا الى من هو فوقكم
C.
فهو اجدر ان لا تزدروا نعمة الله
D.
و من لم يشكر الناس لم يشكر الله
E.
التحدث بنعمة الله شكر و تركها كفر
47. Pengertian amar ma’ruf adalah …
A.
melarang
untuk berbuat kejelekan
B.
memerintahkan
agar beribadah kepada Allah
C.
melarang
berbuat kemungkaran
D.
memerintahkan
kebaikan
E.
memerintahkan
agar bertanggung jawab
48. إِنّ المُقْسِطِيْنَ عِند اللهِ على
مَنَابِرَ مِن نُورِ الذِيْنَ يَعْدِلُونَ فى حُكْمِهِمْ و اَهْلِيْهِم و مَا
وَلُوْا (رواه مسلم)
Menurut hadis di atas, pemimpin
yang baik adalah yang …
A. adil
dalam hukum, keluarga, dan dalam melaksanakan tugas
B. bertanggung
jawab dan dipercaya untuk mengemban tugas
C. mampu
menempatkan antar urusan pribadi dan golongan
D. bijaksana
dalam member keputusan pengadilan
E.
amanah karena
telah berperilaku adil dan dipercaya
49. فإن لم ... فبلسانه
A. يستطيع
B. يستطع
C. أستطع
D. نستطع
E.
تستطع
50. Potongan hadis di bawah ini yang mengandung makna bahwa setiap
pembantu bertanggung jawab atas harta majikannnya adalah …
A.
وَالْخَادِمُفِيمَالِسَيِّدِهِرَاعٍوَهُوَمَسْئُولٌعَنْرَعِيَّتِه
B.
كُلُّكُمْرَاعٍوَمَسْئُولٌعَنْرَعِيَّتِه
C.
فَالْإِمَامُرَاعٍوَمَسْئُولٌعَنْرَعِيَّتِهِ
D.
وَالْمَرْأَةُفِيبَيْتِزَوْجِهَارَاعِيَةٌوَهِيَمَسْئُولَةٌعَنْرَعِيَّتِهَا
وَالرَّجُلُفِيأَهْلِهِرَاعٍوَهُوَمَسْئُولٌعَنْرَعِيَّتِه
Tidak ada komentar:
Posting Komentar